1.1 Latar Belakang Pemilihan Judul Dining Philosophers Simulation
Sistem operasi merupakan suatu program yang bertindak sebagai interface antara user dan sistem komputer. Sistem operasi ini harus mampu melakukan pengontrolan penggunaan resource. Dalam proses perancangan sistem operasi, terdapat suatu landasan umum yang disebut dengan kongkurensi. Proses-proses disebut kongkuren jika proses-proses (lebih dari satu proses) berada pada saat yang sama. Keadaan ini disebut dengan multitasking dari sistem operasi. Proses-proses kongkuren dapat sepenuhnya tak bergantung dengan lainnya tapi dapat juga saling berinteraksi. Proses-proses yang berinteraksi memerlukan sinkronisasi agar terkendali dengan baik. Namun, pada proses-proses kongkuren yang berinteraksi, terdapat beberapa masalah yang harus diselesaikan seperti deadlock, sinkronisasi dan sebagainya. Salah satu masalah klasik yang dapat menggambarkan masalah tersebut adalah Dining Philosophers Problem.
Dining Philosophers Problem dapat diilustrasikan sebagai berikut, terdapat lima orang filsuf yang akan makan. Di meja disediakan lima buah sumpit. Jika filsuf lapar betul, maka ia akan mengambil dua buah sumpit yaitu di tangan kanan dan kiri. Namun adakalanya hanya diambil sumpit satu saja. Jika ada filsuf yang mengambil dua buah sumpit, maka ada filsuf yang harus menunggu sampai sumpit tersebut ditaruh kembali. Di dalam problema ini ada kemungkinan terjadi deadlock yaitu suatu kondisi dimana dua proses atau lebih tidak dapat meneruskan eksekusinya.
Penulis bermaksud untuk menyelesaikan masalah tersebut. Penulis merancang suatu perangkat lunak yang dapat mensimulasikan proses kerja dari problema tersebut sekaligus mensimulasikan pencegahan masalah deadlock tersebut.
| Download File Lengkapnya... |
| Download File Lengkapnya... |
11.26
Unknown
Comment With Facebook!
4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Dining Philosophers Simulation
Rating: