ABSTRAK
Pendidikan Pondok Pesantren Tradisional Dalam Perspektif Pendidikan Islam Indonesia
Pendidikan Pondok Pesantren Tradisional Dalam Perspektif Pendidikan Islam Indonesia
Diakui  atau  tidak,  Pesantren merupakan sebuah  lembaga pendidikan tertua  yang melekat dalam perjalanan kehidupan Indonesia sejak ratusan tahun yang silam dan telah banyak memberikan kontribusi  signifikan  dalam pembangunan  bangsa  ini,  karena  itu  tak  heran  bila  pakar  pendidikan sekalas  Ki  Hajar  Dewantoro  dan  Dr.  Soetomo  pernah  mencita  citakan  model  system pendidikan pesantren sebagai model pendidikan Nasional. Bagi mereka model pendidikan pesantren merupakan kreasi cerdas budaya Indonesia yang berkarakter dan patut untuk terus dipertahan kembangkan. 
Karena banyak hal yang belum tereksplorasi dari pendidikan pondok pesantren tradisonal dalam persepktif pendidikan islam indonesia, maka penelitian ini dilakukan. 
Secara  spesifik  penelitian  ini  bertujuan  mendiskripsikan  Pendidikan  Pondok  Pesantren Tradisional dalam Perspektif Pendidikan Islam Indonesia, mendiskripsikan visi dan misi  pendidikan pondok pesantren tardisional, mendiskripsikan kurikulum pendidikan pondok pesantren tradisional, dan mendiskripsikan managemen pendidikan pondok pesantren tradisional
Hasil kajian ini selain sebagai persyaratan memperoleh gelar sarjana pendidikan Islam (SPdI) di  STAIN Jember,  juga  diharapkan  bermafaat  bagi  pihak  pihak  terkait  sebagai  bahan  komparasi, evaluasi dan pengembangan lebih lanjut, sebagai upaya inovasi ilmiyah untuk memperbanyak kazanah keilmuan juga sebagai masukan dan bahan pertimbangan dalam melakukan kebijakan kebijakan yang berkaitan dengan pengembangan pendidikan.
Mengingat penelitian ini bersifat penelitian pustaka, maka data yang diperlukan dikumpulkan melalui study dokumentasi. 
Hasil  penelitian ini menunjukkan (1) bahwa dalam perspektif  pendidikan Islam Indonesia, pendidikan pondok pesantren tradisional merupakan bagian tak terpisahkan dari pendidikan nasional yang memberikan pencerahan bagi peserta didik  secara integral,  baik kognitif (knowlagde),  afektif (attucude)  maupun  psikomotorik  (skill),  (2)  Bahwa  visi  dan  misi  pendidikan  pondok  pesantren tradisional dalam persepktif pendidikan islam indonesia adalah :  Pertama, menekankan pada prinsip asasul khomsah atau panca jiwa, yakni keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukuwah islamiyah dan kebebasan.  Kedua,  pola relasi  kiai  dengan santri  tidak sekedar bersifat  fisikal,  tetapi  juga bersifat batiniyah.Ketiga, pendidikan pondok pesantren selain diarahkan pada transmisi ilmu ilmu keislaman, pemeliharaan tradisi Islam dan reproduksi ulama’,  juga dimaksudkan menjadi alternatif bagi People centered  development,  Value  oriented  development,  Institution  development  dan  Self  reliance  and sustainability.  (3)  Bahwa kurikulum pendidikan pondok pesantren tradisonal  saat  ini  tidak  sekedar fokus  pada kita  kitab  klasik  (baca  :  ilmu agama),  tetapi  juga memasukkan semakin  banyak mata pelajaran dan keterampilan umum, saat ini di pendidikan pondok pesantren dikhotomi ilmu mulai tidak populer.  (4)  Bahwa dari  sisi  managemen  kelembagaan,  di  lembaga  pendidikan  pondok  pesantren tradisional  saat  ini  telah  terjadi  perubahan  mendasar,  yakni  dari  kepeminpinan  yang  sentralistik, hirarkis  dan cenderung singgle  fighter  berubah menjadi  model  managemen kolektif  seperti  model yayasan.
Rekomendasi dalam skripsi ini adalah (1) karena peran lembaga pendidikan pondok pesantren tradisional  sangat  penting  dalam menjawab  krisis  kerohanian  manusia  modern,  atau  paling  tidak sebagai  balance  terhadap  kecenderungan  pola  hidup  hedonistik  dan  ketidak  jujuran,  maka keberadaannya perlu mendapat dukungan yang lebih serius dari semua pihak. (2) Karena kesuksesan manusia lebih banyak ditentukan oleh faktor EQ dan SQ, sedangkan SQ merupakan aspek utama yang menjadi focus dari pendidikan pondok pesantren tradisional, maka direkomendasikan kepada semua pihak untuk terus mengembangkan pendidikan hati demi memperoleh kesuksesan hidup yang hakiki. (3)  Karena  aktifitas  pendidikan  pondok  pesantren  tradisional  sejak  awal  kelahirannya  mampu berkembang  positif  di  masyarakat  bahkan  mempunyai  kontribusi  vital  tidak  saja  dalam dimensi theologis tetapi juga sosial sebagai lokomotif utama dalam pencerahan masyarakat, maka tentu saja ia merupakan hazanah dan kekayaan nasional yang patut dilestarikan di bumi nusantara tercinta ini.
Pendidikan Pondok Pesantren Tradisional Dalam Perspektif Pendidikan Islam Indonesia
Pendidikan Pondok Pesantren Tradisional Dalam Perspektif Pendidikan Islam Indonesia
Comment With Facebook!
Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Pendidikan Pondok Pesantren Tradisional Dalam Perspektif Pendidikan Islam Indonesia




 

 22.43
22.43
 Unknown
Unknown
 
 Posted in:
 Posted in:  
0 komentar:
Posting Komentar