A. Alasan Pemilihan Judul
Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Pengurangan Dengan Teknik Meminjam Bilangan 50 sampai 100 Menggunakan Metode Demonstrasi Dengan Memanfaatkan Alat Peraga Kantong Nilai Tempat Pada Siswa Kelas I Semester II SD Tembalang 01 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang
Pendidikan yang diberikan kepada anak harus dilaksanakan sedini 
mungkin dan berlangsung seumur hidup. Pendidikan merupakan tanggung 
jawab orang tua, masyarakat dan pemerintah. Lembaga pendidikan sangat 
diperlukan untuk meningkatkan kwalitas sumber daya manusia, agar dapat 
mempertahankan kelangsungan hidupnya menggunakan pengetahuan yang 
diperolehnya. 
Pendidikan matematika di Sekolah Dasar sangat penting, karena 
merupakan pondasi untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya. 
Dulu pemerintah mencanangkan wajib belajar 6 tahun atau setingkat Sekolah 
Dasar. Dengan kemajuan jaman yang sangat pesat, pemerintah mencanangkan 
wajib belajar 9 tahun atau setingkat SLTP yang dicanangkan mulai tanggal 2 
Mei 1994. 
Matematika merupakan displin ilmu yang mempunyai sifat khas, bila 
dibandingkan dengan disiplin ilmu yang lain. Maka pembelajaran matematika 
sebaiknya tidak disamakan dengan ilmu yang lain. 
Dalam kehidupan sehari-hari matematika berperan sangat penting 
untuk menyelesaikan berbagai masalah. Di dalam matematika operasi 
penjumlahan dan pengurangan memegang peranan penting, karena merupakan 
dasar yang harus dimiliki oleh seseorang untuk mempelajari matematika lebih 
lanjut.
Untuk mengajarkan konsep operasi penjumlahan dan pengurangan di 
kelas 1 Sekolah Dasar harus dilakukan dengan benar. 
Dengan kurangnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal 
pengurangan dengan teknik meminjam, maka akan berakibat, siswa dalam 
menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan pengurangan dengan 
teknik meminjam akan mengalami masalah. Sebagai contoh: anak tersebut 
disuruh ibunya belanja ke warung, uangnya sisa maka kembalinya berapa? 
Dan uang kembalian yang dia terima dari penjual benar apa salah? Jika anak 
tersebut tidak tahu, maka diterima saja tanpa memperdulikan apakah uang 
kembaliannya benar atau salah? 
Dalam mempelajari matematika, harus ada subyek yang diberi 
pelajaran dan subyek yang memberi pelajaran. Subyek yang diberi pelajaran 
adalah peserta didik dan subyek yang memberi pelajaran adalah orang tua, 
guru atau orang lain yang dianggap mampu mentransfer matematika kepada 
anak. Pengajar di sini bukan saja orang yang bertatap muka langsung dengan 
anak, melainkan juga bisa melalui media, seperti buku, modul, dan lain-lain.
 Tujuan mengajar matematika adalah agar pengetahuan matematika 
yang disampaikan kepada anak dapat dipahami oleh anak. Dengan demikian 
akan diketahui bahwa cara mengajar yang baik akan menghasilkan hasil 
belajar yang baik pula. Pada anak usia 7-11 tahun adalah tahapan umur anak-
anak yang akan memahami konsep matematika yang dibantu dengan benda-
benda konkrit. Untuk itu alat peraga sangat penting peranannya dalam 
Berdasarkan pengalaman peneliti dalam mengajar kelas I di SD 
Tembalang 01 selama 8 tahun, sebagian besar peserta didik kelas I kurang 
memahami soal pengurangan dengan teknik meminjam. Pada materi ini, rata-
rata nilai tidak lebih dari 5,0, sedangkan pada materi penjumlahan dengan 
teknik menyimpan nilai rata-ratanya lebih tinggi. Karena hasil belajar 
matematika peserta didik SD Tembalang 01 khususnya kelas I terbukti lebih 
rendah dibandingkan dengan pelajaran yang lain, maka peneliti ingin 
meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pengurangan dengan 
teknik meminjam. 
Dari permasalahan tersebut, perlu adanya suatu penelitian untuk 
mengatasinya, yaitu dengan menerapkan suatu strategi pembelajaran yang 
tepat agar dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa untuk 
menyelesaikan soal pengurangan dengan teknik meminjam. Dalam penelitian 
ini akan diterapkan metode demonstrasi dengan memanfaatkan alat peraga 
kantong nilai tempat. 
Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti menyadari pentingnya 
mengadakan penelitian tindakan kelas dengan judul “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENGURANGAN DENGAN TEKNIK MEMINJAM BILANGAN 50 SAMPAI 100 MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MEMANFAATKAN ALAT PERAGA KANTONG NILAI TEMPAT PADA SISWA KELAS I SEMESTER II SD TEMBALANG 01
B. Permasalahan 
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: apakah pembelajaran 
pengurangan dengan teknik meminjam bilangan 50 sampai 100 dengan 
metode demonstrasi, memanfaatkan alat peraga kantong nilai tempat dapat 
meningkatkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik kelas 1 semester II di 
SD Tembalang 01 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang? 
C. Cara Pemecahan Masalah 
Agar dapat memecahkan masalah tersebut di atas, akan digunakan 
metode demonstrasi yang memanfaatkan alat peraga kantong nilai tempat, 
untuk mencapai minimal tiga tujuan pembelajaran yang sangat penting, yaitu 
hasil belajar akademik, pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan 
pengembangan pada ketrampilan pengurangan yang lebih tinggi. 
Peneliti akan menggunakan alat peraga kantong nilai tempat. Kantong 
nilai tempat ini digunakan, disesuaikan dengan pendekatan CTL (Contextual 
Teaching and Learning) yang mana soal-soal pengurangan dikaitkan dengan 
kehidupan sehari-hari peserta didik dimulai dari hal yang sederhana sesuai 
dengan lingkungan yang ada di sekitar siswa SD Tembalang 01 Kecamatan 
Banyumanik Kota Semarang. Dengan demikian diharapkan pembelajaran 
lebih bermakna. Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil yang terdiri 
dari 2 siswa. Sebelum siswa mengerjakan tugas masing-masing, guru 
menjelaskan cara penggunaan alat peraga tersebut. Kemudian masing-masing  
kelompok diberi tugas untuk menyelesaikan soal. Tiap kelompok melaporkan 
hasil tugasnya dengan menggunakan alat peraga. 
membantu untuk memahami matematika yang bersifat abstrak.
 14.38
14.38
 Unknown
Unknown
Comment With Facebook!
Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Pengurangan Dengan Teknik Meminjam Bilangan 50 sampai 100 Menggunakan Metode Demonstrasi Dengan Memanfaatkan Alat Peraga Kantong Nilai Tempat Pada Siswa Kelas I Semester II SD Tembalang 01 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang




 

 Posted in:
 Posted in:  