A. Latar Belakang Masalah Meningkatkan Pemahaman Tajwid Pada Mata Pelajaran Alqur’an Hadis Melalui Penggunaan Kartu Huruf Di Kelas IV Mi Baran Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang
Keberhasilan siswa dalam pembelajaran merupakan harapan utama
seorang guru. Karena pada dasarnya keberhasilan siswa juga keberhasilan
guru dalam pembelajaran. Tetapi kenyataannya tidak semua pembelajaran
yang dilakukan guru berhasil semua.
Pendidikan dalam arti luas adalah meliputi semua pebuatan dan usaha
dari generasi tua untuk mengalihkan pengetahuan, pengalamannya,
kecakapannya serta ketrampliannya kepada generasi muda sebagai usaha
menyiapkan diri agar dapat memenuhi fungsi hidupnya baik jasmaniah
maupun rokhaniah.
Permasalahan pendidikan yang mendasar yang sering muncul adalah
pada proses belajar mengajar. Setiap mata pelajaran menemui permasalahan
yang tidak jauh beda. Proses belajar dipengaruhi berbagai faktor yang
menentukan kualitas pendidikan. Faktor-faktor tersebut adalah guru, siswa,
tujuan pendidikan dan pengajaran dan metode mengajar.
Metode mengajar menempati posisi kedua terpenting setelah tujuan dari
deretan komponen pembelajaran. Seiring dengan hal itu seorang pendidik
dituntut agar lebih cermat memilih dan menerapkan metode apa yang tepat
digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik. Dalam
proses belajar mengajar dikenal beberapa metode mengajar, diantaranya
metode ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, dan lain sebagainya.
Semua metode tadi dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar.
Tayar Yusuf dan Syaiful Anwar mengatakan bahwa ada beberapa faktor
yang perlu diperhatikan dalam memilih dan mengaplikasikan sebuah metode
pengajaran. Tujuan yang hendak dicapai, kemampuan guru, anak didik, situasi
dan kondisi pengajaran dimana berlangsung, fasilitas yang tersedia, kebaikan
dan kekurangan sebuah metode.( Armai Arief, 2002:109)
Metode ini dimaksudkan sebagai cara untuk mencapai tujuan
pembelajaran. Dengan memilih sebuah metode yang akan diterapkan,
diharapkan proses belajar mengajar dapat berjalan dengan optimal. Proses
belajar mengajar di kelas dapat memperoleh perbandingan yang telihat nyata.
Bagaimana hasil belajar anak didik dapat dibedakan sebelum dan sesudah
pemakaian metode tersebut.
Dari sekian banyak metode, peneliti menfokuskan pada metode
penggunaan kartu huruf untuk meningkatkan prestasi belajar tentang materi
tajwid pada pelajaran Al-Qur’an Hadist. Karena metode penggunaan kartu
huruf efektif digunakan di MI Baran kelas IV kecamatan ambarawa kabupaten
semarang. Dari pembelajaran yang sudah dilakukan ternyata mampu
maningkatkan hasil belajar siswa selain itu lebih memperjelas suatu
pengertian atau untuk memperlihatkan dengan jalan menggunaan kartu huruf
materi terlebih dahulu kepada siswa pada pembelajaran Alquran hadist.
Dalam ulangan Al-Qur’an Hadis tentang materi tajwid kelas IV MI
Baran Kecamatan Ambarawa, dari 26 siswa yang mencapai ketuntasan belajar
hanya ada 40%. Berdasarkan perihal tersebut peneliti mengidentifikasi adanya
kekurangan dari pembelajaran yang dilaksanakan. Terungkap beberapa
masalah yang terjadi dalam pembelajaran yaitu:
a. Rendahnya tingkat pemahaman siswa tentang mata pelajaran Al-Qur’an
Hadis
b. Siswa kurang aktif dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis
Dari observasi awal penulis yang dilakukan di kelas IV MI Baran
Kecamatan Ambarawa, penulis menganggap perlu melakukan penelitian yang
berjudul ”Meningkatkan Pemahaman Tajwid Pada Mata Pelajaran
Alqur’an Hadis Melalui Penggunaan Kartu Huruf Di Kelas IV Mi Baran
Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang”
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan suatu
masalah sebagai berikut:
1. Apakah penggunaan kartu huruf meningkatkan prestasi belajar Al Quran
Hadits siswa kelas IV MI baran tahun 2010?
2. Bagaimana penggunaan kartu huruf dan dalam meningkatkan prestasi
belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas IV MI Baran?
22.19
Unknown
No comments
Comment With Facebook!
4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Meningkatkan Pemahaman Tajwid Pada Mata Pelajaran Alqur’an Hadis Melalui Penggunaan Kartu Huruf Di Kelas IV Mi Baran Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang
Rating:
0 komentar:
Posting Komentar