A. Latar Belakang Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Video Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI
Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata
pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warganegara yang
memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk
menjadi warganegara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang
diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. (Standar Isi Pendidikan Dasar
dan Menengah, 2006). Dari pernyataan di atas terlihat jelas bahwa Pendidikan
Kewarganegaraan memiliki posisi yang begitu signifikan dalam kehidupan,
karena Pendidikan Kewarganegaraan tidak hanya memberikan konsep saja
akan tetapi juga memberikan ketrampilan kepada siswa serta dapat
menyiapkan dan menciptakan generasi muda menjadi warga negara yang
lebih baik. Jadi, jika Pendidikan Kewarganegaraan diterapkan dalam
kehidupan akan sangat memberi manfaat di berbagai aspek kehidupan, baik
kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Oleh karena itu, seharusnya siswa menyukai dan lebih termotivasi
dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan tersebut.
Namun kenyataannya, masih ada yang beranggapan bahwa mata pelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang tidak penting
dan terkesan membosankan sehingga memungkinkan siswa menjadi jenuh
dan kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Hal tersebut dapat
terlihat dengan adanya siswa yang datang terlambat, belum mengeluarkan
buku dan LKS setelah pelajaran dimulai, kurang memperhatikan penjelasan
guru, tidak melaksanakan perintah guru. Disamping itu dari sisi guru,
penyampaian materi dari guru kepada siswa masih monoton, tradisional dan
minim media. Maka dari itu diperlukan suatu cara agar siswa tertarik pada
mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, dan motivasi belajar dapat
meningkat, sehingga tujuan Pendidikan Kewarganegaraan dapat tercapai.
Agar motivasi siswa dapat meningkat, guru perlu melakukan sebuah
inovasi dalam pembelajaran. Salah satu hal yang perlu diperhatikan guru agar
mampu meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan memaksimalkan
pemanfaatan media pembelajaran selama proses pembelajaran berlangsung.
Secara umum media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan dalam
pembelajaran sangat beragam. Menurut Dale dalam Riyana (2008 : 7) media
pembelajaran dapat diklasifikasikan menjadi empat, yakni media audio,
media visual, media audio visual, dan multimedia. Media pembelajaran saat
ini yang dirasa menarik bagi siswa adalah dengan menggunakan media
audiovisual berupa video. Media video dapat digolongkan ke dalam jenis
media audio visual (AVA) atau media yang dapat dilihat dan didengar.
Menurut Riyana (2008 : 51) bahwa “media video adalah media yang
menyajikan informasi dalam bentuk suara dan visual”. Penggunaan video
yang melibatkan indra paling banyak dibandingkan dengan alat peraga
lainnya, dengan video siswa dapat melihat dan mendengar. Pemerolehan
hasil belajar melalui indera pandang berkisar 75%, melalui indera dengar
13%, dan melalui indera lainnya sekitar 12%. Menurut Dwivedi dalam
Riyana (2008 : 53) penggunaan slide dan audiovisual (video) sangatlah
efektif. Apabila video tersebut dilengkapi dengan software interaktif, maka
kemungkinan siswa akan melakukan interaksi dengan program yang ada
penggunaan media pembelajaran audiovisual berupa video tersebut akan
memberikan motivasi terhadap siswa untuk lebih tertarik terhadap
pelajaran yang akan disampaikan, penggunaan video menimbulkan
kegairahan siswa selama penggunaannya tepat dan sesuai dengan topik yang
disampaikan. Dengan adanya motivasi belajar memungkinkan tercapainya
tujuan pembelajaran dengan lebih baik.
Begitu halnya yang terjadi pada SMK Negeri 6 Semarang, dalam
pengamatan yang dilakukan oleh peneliti ketika Praktik Pengalaman
Lapangan (PPL), ternyata motivasi dalam pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan kurang. Indikator dari kurang tertarik dan termotivasinya
siswa terlihat dari ketika pembelajaran berlangsung siswa ada yang datang
terlambat, sering ijin kebelakang, ketika pembelajaran sudah dimulaipun
mereka tidak langsung mengeluarkan buku PKn namun menunggu perintah
dari guru, kurang mempunyai minat dalam mengikuti pembelajaran, ada yang
tidak mengerjakan tugas, melamun, bahkan ada yang berbicara sendiri. Hal
tersebut diperkuat dari hasil angket pra siklus. Sebanyak 25 siswa memiliki
motivasi belajar rendah atau 69,44% dari jumlah siswa. Jika dihitung secara
klasikal besar motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan adalah 54,03%. Dengan demikian secara klasikalpun
motivasi belajar siswa rendah karena berada pada kisaran kurang dari 60%.
Hal tersebut terjadi karena pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
membosankan dan minim media pembelajaran, penggunaan model
pembelajaran yang cenderung monoton dan bersifat tradisional.
SMK Negeri 6 Semarang sendiri merupakan Sekolah Berstandar
Internasional (SBI) yang ditopang oleh sarana prasarana yang cukup
memadai, ruang kelas dengan media pembelajaran yang lengkap berupa
papan tulis, LCD, Laptop, gambar, dan sarana prasarana lain yang
mendukung proses pembelajaran. Hal tersebut sangat mendukung
pemanfaatan media video dalam pembelajaran. Namun sarana prasarana
tersebut ternyata belum dimanfaatkan secara maksimal. Guru masih lebih
sering menggunakan papan tulis sebagai media utama pendukung
pembelajaran. LCD masih sebatas digunakan untuk menanyangkan power
point dan itu masih jarang dilakukan.
Sehubungan dengan uraian di atas, peneliti merasa perlu untuk
melakukan penelitian tentang “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui
Pemanfaatan Media Video pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas XI Semester Ganjil di SMK Negeri 6 Semarang Tahun Pelajaran
2011/2012.”
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang
timbul adalah “Apakah dengan pemanfaatan media video pada mata pelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa
kelas XI semester ganjil di SMK Negeri 6 Semarang tahun pelajaran
2011/2012?”
14.32
Unknown
1 comment
Comment With Facebook!
4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Video Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI
Rating:
1 komentar:
duh gant aq kuliah mungkin saya dowload semuanya gant.
tapi saya ga kuliah nih.
lum ada biaya.
mksh gant infonya
Posting Komentar