Bab Pendahuluan Tugas Akhir / Skripsi Akuntasi dengan Judul: Analisis Laporan Laba Rugi Depertemen Kamar Pada Hotel XYZ
Perusahaan yang menghasilkan suatu produk dalam operasionalnya
memerlukan informasi mengenai berapa besar jumlah biaya yang digunakan
dalam menghasilkan produk-produk yang ditawarkan kepada para
pelanggannya. Dengan demikian, peran akuntansi menjadi penting untuk
mengolah dan memberikan informasi keuangan bagi pimpinan perusahaan,
yang akan dipergunakan sebagai dasar dalam perencanaan dan pengendalian,
dan akhirnya pengambilan keputusan manajemen.
Sebagai suatu sistem informasi, akuntansi melaksanakan pengumpulan
dan pengolahan data keuangan perusahaan untuk kemudian hari
mengkomunikasikannya kepada berbagai pihak yang berkepentingan agar
dapat digunakan sebagai alat bantu dalam mengambil keputusan. Sehubungan
dengan itu, diperlukan suatu sistem akuntansi yang andal dan tidak
menyesatkan, sehingga mampu menyajikan informasi tentang posisi
keuangan, kinerja dan arus dana dari suatu unit ekonomi kepada para
pengambil keputusan.
Satu di antara beberapa jenis informasi yang dihasilkan akuntansi,
laporan laba rugi departemental. Bagi sebuah hotel, laporan laba-rugi
departemen kamar sangat penting untuk berbagai tujuan. Misalnya untuk
perencanaan biaya yang tercermin dalam anggaran biaya, pengendaliannya,
serta sebagai masukan untuk pengambilan keputusan keputusan pemasaran.
Sebagaimana diketahui, sebuah hotel, apalagi hotel yang tergolong
berbintang, biasanya menawarkan berbagai kelas kamar. Masing-masing
kelas yang ditawarkan tentu berbeda tarif-nya. Perbedaan tarif
dikarenakan adanya perbedaan fasilitas kamar atau layanan yang
diberikan. Artinya, biaya operasi kamar juga bisa berbeda antar kelas
kamar.
Umumnya pada perusahaan dagang dan manufaktur, secara tradisional
komponen biayanya dapat dikelompokkan dalam tiga bagian, yaitu harga
pokok penjuakan (untuk perusahaan dagang) atau harga pokok produksi
(untuk perusahaan manufaktur), biaya administrasi & umum serta biaya
pemasaran. Sedangkan pada industri perhotelan, dipergunakan standar
atau sistem akuntansi tersendiri yang disebut dengan Uniform System of
Account for Hotel (USAH), yang pengelompokan biayanya berbeda pula,
sebagaimana tercermin dalam laporan laba rugi, yaitu biaya departemental
(departemental expenses), biaya yang tidak didistribusikan
(undistributed expenses) dan seterusnya. Dengan lain perkataan,
berdasarkan USAH, akuntansi keuangan hotel merupakan akuntansi
departemental. Artinya setiap departemen atau divisi hotel melaporkan
hasil operasinya selama periode tertentu, termasuk departemen kamar atau
room department yang tugasnya adalah mengelola penjualan kamar-kamar
hotel.
Pendapatan departemen kamar diperoleh dari penyediaan kamar akomodasi
(room sale) merupakan penjualan utama (primary sale) bagi industri
perhotelan. Untuk kepuasan tamu, juga disediakan makanan dan minuman
serta jasa lainnya seperti fasilitas telpon, facsimail dan fasilitas
perkantoran lainnya (business center) serta laundry, sehingga terjadilah
penjualan jasa ikutan (drived sale). Selain ditawarkan kepada tamu,
hotel menawarkan berbagai jasa ikutan tersebut kepada konsumen umum,
yang merupakan penjualan bebas (independent sale)
Menurut USAH, ada tiga kelompok biaya yang mengurangi total
pendapatan, hingga menghasilkan laba/rugi sebelum pajak sebuah usaha
perhotelan, yaitu biaya departemental, biaya yang tidak didistribusikan
(Undistributed Expenses) dan biaya tetap. Dalam biaya departemen
(department expenses), umumnya terkandung dua kelompok biaya, yaitu
harga pokok (cost of sales) dan biaya operasi. Khusus pada departemen
kamar, tidak terdapat unsur harga pokok, tetapi hanya biaya operasi,
karena itu pula pada Borneo International Hotel, Room Departement
Expenses, terdiri dari dua kelompok biaya, yaitu biaya tenaga kerja
(gaji dan biaya lainnya yang terkait), serta biaya operasional lainnya.
Dalam rangka penyediakan kamar-kamar akomodasi, Hotel XYZ membagi
beberapa jenis/kelas kamar, yatu: Superior Room, Deluxe Room, Eecutive
Club Room, Suite dan President Suite. Masing-masing jenis kamar berbeda
tarifnya, mengingat fasilitas yang diberikan juga berbeda dan biaya
operasional juga berbeda, sehingga pada akhirnya masing masing kamar
memberikan konstribusi laba departemen kamar yang mungkin berbeda.
Berdasarkan penjelasan tersebut di atas, guna mengetahui alokasi
biaya masing-masing jenis kamar dan konstribusinya terhadap laba
departemen, maka diambil judul penelitian ini: “Analisis Laporan Laba
Rugi Departemen Kamar Pada Hotel XYZ”.
| Download File Lengkapnya... |
| Download File Lengkapnya... |
16.40
Unknown
Comment With Facebook!
4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Analisis Laporan Laba Rugi Depertemen Kamar Pada Hotel XYZ
Rating: