Bab Pendahuluan Tugas Akhir / Skripsi Jurusan Ekonomi
Managemen dengan Judul : Atribut-atribut Swalayan Yang Mempengaruhi
Konsumen Dalam Memilih PT XYZ
Seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang maju dan berkembang
pesat khususnya di kota-kota besar, telah terjadi perubahan diberbagai
sektor, termasuk dibidang industri dan produksi serta pada kegiatan
eceran di Indonesia yang telah berkembang menjadi usaha yang berskala
besar. Perkembangan bisnis eceran yang pesat ini tidak lepas dari faktor
meningkatnya jumlah penduduk Indonesia dan juga meningkatkan jumlah
pendapatan perkapita penduduk Indonesia yang menyebabkan taraf hidup
masyarakat Indonesia semakin meningkat. Hal ini membawa dampak kepada
pola perilaku belanja seseorang, dimana semakin meningkatnya taraf hidup
seseorang maka tuntutan akan tempat berbelanja yang nyaman dan dapat
menyediakan segala kebutuhan konsumen dalam satu lokasi semakin
dibutuhkan.
Perkembangan yang terus menerus berlangsung dalam perdagangan eceran
ini menunjukkan bahwa perdagangan eceran bersifat dinamis. Hal ini
terjadi tidak lain karena perdagangan eceran ingin selalu berusaha
memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen
(perdagangannya). Bentuk usaha eceran yang mengalami perkembangan cukup
pesat adalah : supermarket (pasar swalayan).
Dewasa ini perkembangan pasar swalayan di tanah air, tampak cukup
pesat. Hampir di setiap ibukota propinsi dan kota-kota besar lainnya
bermunculan pasar swalayan dengan berbagai fasilitas dan pelayanan yang
semakin lengkap. Pasar swalayan sebagai ujung tombak pemasaran akan
terus bertambah, dan yang sudah ada terus dikembangkan hingga menjadi
superstore yaitu pasar swalayan yang menyediakan kebutuhan masyarakat
yang selengkap-lengkapnya.
Namun disadari usaha pasar swalayan tak ubahnya seperti usaha-usaha
lainnya yang didalam usahanya meningkatkan penjualan juga diliputi oleh
persaingan. Dalam situasi persaingan setiap kebijakan yang dikeluarkan
oleh suatu pasar swalayan dengan maksud untuk menandingi atau mengambil
kesempatan yang ada. Timbulnya keadaan seperti itu menandakan bahwa
manajer atau pengusaha semakin menyadari pentingnya mempertahankan dan
memperluas pasar untuk kesinambungannya. Pada dasarnya keberhasilan
usaha dibidang retail ini berada pada pengadaan barang, baik secara
kuantitas maupun kualitas, serta harga yang rendah guna meningkatkan
jumlah kunjungan.
Untuk menghadapi persaingan ini dan agar tetap ramai dikunjungi
konsumen, maka supermarket harus melakukan berbagai jenis upaya dalam
kegiatan pemasarannya agar menarik dan sesuai dimata konsumen. Oleh
karena itu, pihak swalayan harus tanggap terhadap atribut-atribut apa
saja yang mempengaruhi konsumen dalam memilih suatu swalayan, karena
pada saat ini konsumen sudah semakin kritis terhadap kemampuan suatu
swalayan dalam menarik pembelinya untuk berbelanja di suatu swalayan.
23.00
Unknown
No comments
Comment With Facebook!
4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Atribut-atribut Swalayan Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Memilih PT XYZ
Rating:
0 komentar:
Posting Komentar