Bab Pendahuluan Tugas Akhir / Skripsi Jurusan Ekonomi 
Managemen dengan Judul : Pengaruh Saluran Distribusi Terhadap Volume 
Penjualan Pada PT XYZ
Di zaman serba modern ini berbagai bidang dapat di masuki perusahaan 
atau industri akibat perubahan yang cepat dalam selera, teknologi, dan 
persaingan. Untuk menghadapi persaingan, maka perusahaan perlu 
melaksanakan usaha kegiatan pemasaran dengan menggunakan saluran 
distribusi yang tepat sehingga tujuan dapat dicapai. Tujuan utama 
perusahaan pada intinya sama, yaitu dapat meningkatkan volume penjualan 
sehingga laba yang dihasilkan akan terus meningkat, namun tanpa 
meninggalkan kepuasan yang dirasakan oleh konsumen.
Perkembangan dunia usaha dewasa ini mengalami peningkatan yang cukup 
pesat. Peningkatan itu disebabkan karena kebutuhan manusia yang semakin 
kompleks. Sehingga hal ini mendorong perusahaan untuk memenuhi akan 
permintaan suatu kebutuhan. Dalam menenuhi permintaan tersebut, 
perusahaan harus menghadapi persaingan yang ketat baik untuk perusahaan 
yang memproduksi produk sejenis maupun yang berbeda sama sekali. Untuk 
dapat menarik konsumen melakukan pembelian, maka perusahaan harus 
menerapkan suatu strategi pemasaran yang tepat dengan kondisi pasar yang
 dihadapi. Keberhasilan strategi pemasaran dipengaruhi oleh beberapa 
faktor yaitu produk, harga, promosi, dan saluran distribusi.
Dalam rangka mempelancar arus barang dan jasa dari pihak produsen ke 
konsumen maka salah satu faktor yang sangat penting atau tidak boleh 
diabaikan adalah saluran distribusi. Perusahaan menekan pentingnya 
saluran distribusi mengingat bahwa cara ini dapat digunakan dan 
berfungsi sebagai tolak ukur kemampuan pemasaran di berbagai unit 
pemasaran tersebut.
Dalam usaha mencapai tujuan dan sasaran perusahaan di bidang 
pemasaran, setiap perusahaan melakukan kegiatan penyaluran atau 
distribusi. Penyaluran merupakan kegiatan penyampaian produk sampai ke 
tangan pemakai atau konsumen pada waktu yang tepat. Saluran distribusi 
adalah sekelompok organisasi yang saling tergantung yang terlibat dalam 
proses yang memungkinkan suatu produk atau jasa tersedia bagi penggunaan
 atau konsumsi oleh konsumen atau pengguna industrial (Kotler dan 
Amstrong, 1994: 6)
Banyaknya cara yang dapat dipakai untuk menyalurkan barang dan jasa 
kepada konsumen salah satunya adalah dengan menggunakan jasa saluran 
distribusi. Dalam pengambil keputusan untuk menggunakan saluran 
distribusi, perusahaan harus memperhatikan faktor yang mempengaruhi 
pilihan saluran distribusi. Faktor – faktor tersebut adalah pertimbangan
 pasar, pertimbangan produk, pertimbangan perusahaan. Keputusan memilih 
saluran distribusi tersebut menuntut kecermatan serta ketelitian yang 
tinggi, karena kesalahan dalam memilih saluran distribusi akan 
mengganggu proses penyaluran barang sampai ke konsumen sehingga pada 
akhirnya akan berpengaruh juga terhadap volume penjualan.
Ternyata permasalahan yang berkaitan dengan produksi barang dan jasa 
tersebut dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen, tetapi juga 
memerlukan faktor lain dalam hal ini adalah saluran distribusi. Untuk 
itu penulis tertarik untuk mengambil judul “Pengaruh Saluran Distribusi 
Dengan Volume Penjualan Pada Perusahaan XYZ di YYY”.
| Download File Lengkapnya... |
| Download File Lengkapnya... |
Comment With Facebook!
Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Pengaruh Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Pada PT XYZ




 

 21.03
21.03
 Unknown
Unknown
 
 Posted in:
 Posted in:  
0 komentar:
Posting Komentar