Bab Pendahuluan Tugas Akhir / Skripsi Jurusan Ekonomi 
Managemen dengan Judul : Peranan Strategi Pemasaran Dalam Upaya 
Meningkatkan Penjualan Produk Jasa Asuransi
Kebutuhan akan jasa asuransi kini makin dirasakan,baik oleh 
perorangan maupun dunia usaha di Indonesia. Asuransi merupakan sarana 
finansial dalam tata kehidupan rumah tangga, baik dalam menghadapi 
resiko yang mendasar seperti resiko kematian, atau dalam menghadapi 
resiko atas harta benda yang dimiliki. Demikian pula dunia usaha dalam 
menjalankan kegiatannya menghadapi berbagai resiko yang mungkin dapat 
mengganggu kesinambungan usahanya.
Dengan mulai membaiknya iklim dan minat masyarakat dalam bidang 
asuransi mengakibatkan tingkat persaingan di dunia asuransi menjadi 
semakin ketat. Strategi pemasaran merupakan salah satu senjata bagi 
perusahaan untuk menghadapi persaingan pasar. Pada dasarnya strategi 
pemasaran adalah mencari kecocokan antara kemampuan internal perusahaan 
dengan peluang eksternal yang ada di pasar. Mencari kecocokan ini 
merupakan tanggung jawab dari bagian pemasaran untuk menerapkan strategi
 pemasaran yang sesuai dengan produk yang dihasilkan dan sesuai dengan 
dengan segmen pasar yang ingin dituju oleh produk yang diluncurkan.
Mengenali karakteristik pasar dan struktur pasar sangatlah menguntungkan bagi perusahaan untuk dapat tetap bersaing dan survive
 (kelangsungan hidup perusahaan). Kelemahan dan keunggulan perusahaan 
hendaknya dianalisis sehingga menjadi sebuah titik tolak yang kuat buat 
perusahaan dalam mengambil keputusan yang efektif dan efisien serta 
untuk memperkuat posisinya dari para pesaing yang ada.
Tujuan utama dari sebuah perusahaan ialah pencapaian profit (laba)
 dan hal ini dapat juga sebagai tolak ukur dalam sukses atau tidaknya 
sebuah perusahaan dalam pencapaian tujuannya. Selain itu efektifitas dan
 efisiensi dalam menjalankan operasional perusahaan juga memegang 
peranan penting. Efesiensi yang dimaksud adalah strategi pemasaran yang 
dilakukan dengan perhitungan dan pertimbangan yang tepat sehingga tidak 
ada pemborosan biaya baik itu dalam operaional maupun dalam biaya 
promosi maupun iklan dan efektifitas yang dimaksud ialah pemilihan 
stategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan pasar yang dilayani oleh 
perusahaan sehingga sasaran yang ditetapkan dapat tercapai.
PT. XYZ sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang 
asuransi jiwa bagi masyarakat juga harus menghadapi persaingan yang 
cukup ketat dengan perusahaan asuransi lainnya. Agar PT. XYZ dapat 
bertahan dan berkembang dengan baik maka PT. XYZ harus dapat menciptakan
 kemampuan bersaing baik dalam hal jenis produk, harga maupun segmen 
yang dituju sehingga dapat menghasilkan produk yang mampu bersaing dan 
memenangkan persaingan.
Dari uraian di atas, penulis tertarik untuk mengetahui bagaimanakah 
strategi pemasaran yang dijalankan oleh PT. XYZ dalam menghadapi 
persaingan di dunia asuransi. Oleh karena itu penulis memilih judul 
skripsi,”PERANAN STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK JASA ASURANSI PADA PT. XYZ”.
| Download File Lengkapnya... |
| Download File Lengkapnya... |
Comment With Facebook!
Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Peranan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Jasa Asuransi




 

 21.04
21.04
 Unknown
Unknown
 
 Posted in:
 Posted in:  
0 komentar:
Posting Komentar