A Latar Belakang Impact Technique Untuk Meningkatkan Disiplin Siswa Dalam Praktikum Fisika
Belajar fisika akan menjadi lebih mengasyikkan apabila digabung dengan kegiatan nyata. Belajar dengan banyak mengadakan praktikum, pengamatan, dan menggunakan berbagai fasilitas menjadikan fisika lebih menyenangkan dan melatih siswa mengembangkan aspek kognitif, psikomotoriknya dan afektif.
“Jika dihitung-hitung, kita sering kali lebih banyak disibukkan dengan mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan manajemen kelas yang melelahkan dan tak pernah kunjung selesai, daripada mengulang-ulang materi yang kita ajarkan” (Danie Beaulieu:13)
Observasi lingkungan sekolah dan proses belajar mengajar di kelas diadakan sebelum melaksanakan penelitian. Observasi dilakukan di SMPN 172 Jakarta yang telah menggunakan KTSP dan penilaian didasarkan pada tiga aspek, yaitu kognitif, psikomotorik dan afektif. Observasi meliputi kunjungan ke laboratorium yang cukup menyediakan alat-alat praktikum. Pengelolaan praktikum yang dapat mengembangkan disiplin siswa sangat dibutuhkan. Hal ini dilakukan karena pelaksanaan praktikum sangat penting, sedangkan pada pelaksanaannya terdapat siswa yang tidak mematuhi tata tertib praktikum sehingga menimbulkan kegaduhan.
Masalah tersebut bisa diselesaikan dengan menggunakan Impact Technique. Hal ini sesuai dengan standar isi kurikulum KTSP IPA menekankan kemampuan bersikap dan keterampilan.
‘’Kompetensi adalah kemampuan bersikap, berpikir, dan bertindak secara konsisten sebagai perwujudan dari pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dimiliki oleh peserta didik’’(Badan Standar Nasional Pendidikan:49)
Impact Technique merupakan teknik yang berhubungan dengan manajemen ruang kelas, beberapa yang lain menitikberatkan pada permasalahan seputar sikap dan perilaku menghadapi siswa, dan sisanya masih dimaksudkan memberi dukungan pada kesulitan yang mungkin dialami oleh remaja (Beaulieu:11). Impact Technique digunakan dengan harapan dapat mengatasi masalah tersebut.
B Identifikasi Masalah Impact Technique Untuk Meningkatkan Disiplin Siswa Dalam Praktikum Fisika
Berdasarkan latar belakang penelitian di atas, maka identifikasi masalah penelitian ini yaitu:
1. Apakah pengelolaan praktikum fisika dengan Impact Technique dapat meningkatkan disiplin siswa?
2. Bagaimana pengelolaan praktikum fisika dengan Impact Technique dapat meningkatkan disiplin siswa?
3. Apakah terdapat pengaruh pengelolaan praktikum fisika dengan Impact Technique terhadap disiplin siswa?
4. Bagaimana penerapan pengelolaan praktikum fisika dengan Impact Technique terhadap didiplin siswa?
| Download File Lengkapnya... |
Belajar fisika akan menjadi lebih mengasyikkan apabila digabung dengan kegiatan nyata. Belajar dengan banyak mengadakan praktikum, pengamatan, dan menggunakan berbagai fasilitas menjadikan fisika lebih menyenangkan dan melatih siswa mengembangkan aspek kognitif, psikomotoriknya dan afektif.
“Jika dihitung-hitung, kita sering kali lebih banyak disibukkan dengan mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan manajemen kelas yang melelahkan dan tak pernah kunjung selesai, daripada mengulang-ulang materi yang kita ajarkan” (Danie Beaulieu:13)
Observasi lingkungan sekolah dan proses belajar mengajar di kelas diadakan sebelum melaksanakan penelitian. Observasi dilakukan di SMPN 172 Jakarta yang telah menggunakan KTSP dan penilaian didasarkan pada tiga aspek, yaitu kognitif, psikomotorik dan afektif. Observasi meliputi kunjungan ke laboratorium yang cukup menyediakan alat-alat praktikum. Pengelolaan praktikum yang dapat mengembangkan disiplin siswa sangat dibutuhkan. Hal ini dilakukan karena pelaksanaan praktikum sangat penting, sedangkan pada pelaksanaannya terdapat siswa yang tidak mematuhi tata tertib praktikum sehingga menimbulkan kegaduhan.
Masalah tersebut bisa diselesaikan dengan menggunakan Impact Technique. Hal ini sesuai dengan standar isi kurikulum KTSP IPA menekankan kemampuan bersikap dan keterampilan.
‘’Kompetensi adalah kemampuan bersikap, berpikir, dan bertindak secara konsisten sebagai perwujudan dari pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dimiliki oleh peserta didik’’(Badan Standar Nasional Pendidikan:49)
Impact Technique merupakan teknik yang berhubungan dengan manajemen ruang kelas, beberapa yang lain menitikberatkan pada permasalahan seputar sikap dan perilaku menghadapi siswa, dan sisanya masih dimaksudkan memberi dukungan pada kesulitan yang mungkin dialami oleh remaja (Beaulieu:11). Impact Technique digunakan dengan harapan dapat mengatasi masalah tersebut.
B Identifikasi Masalah Impact Technique Untuk Meningkatkan Disiplin Siswa Dalam Praktikum Fisika
Berdasarkan latar belakang penelitian di atas, maka identifikasi masalah penelitian ini yaitu:
1. Apakah pengelolaan praktikum fisika dengan Impact Technique dapat meningkatkan disiplin siswa?
2. Bagaimana pengelolaan praktikum fisika dengan Impact Technique dapat meningkatkan disiplin siswa?
3. Apakah terdapat pengaruh pengelolaan praktikum fisika dengan Impact Technique terhadap disiplin siswa?
4. Bagaimana penerapan pengelolaan praktikum fisika dengan Impact Technique terhadap didiplin siswa?
| Download File Lengkapnya... |
Fisika
- PENGEMBANGAN SENSOR pH MENGGUNAKAN PRUSSIAN BLUE - POLIPIROL
- Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) Melalui Pembelajaran Diskusi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fisika Siswa Kelas X TKJ B SMKN 1 Kasreman NGAWI Tahun Pelajaran 2009/2010
- PENGARUH TEKANAN GAS ARGON PADA PENUMBUHAN FILM TIPIS Ga 2 O DOPING Mn DENGAN MENGGUNAKAN METODE DC MAGNETRON SPUTTERING
- KESIAPAN GURU FISIKA SMP DALAM MELAKSANAKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
- Solusi Inversi MEdan Terhambur Disekitar Obyek Dengan Metode Newton Kantorovich
- Sistem Pengukuran Suhu Dengan Informasi Suara Untuk Orang Buta
- Prestasi Belajar Fisika Pokok Bahasan Getaran Dan Gelombang Melalui Pendekatan Problem Posing Berbasis Aktivitas Di Smun I Banjarmasin
- Pengaruh Temperatur Terhadap Laju Volume Oli
- Penentuan Kadar Soda yang Hilang di Tahap Pencucian IV pada Proses Pembuatan Pulp
Comment With Facebook!
4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Impact Technique Untuk Meningkatkan Disiplin Siswa Dalam Praktikum Fisika
Rating:
0 komentar:
Posting Komentar