Follow me on Facebook! Follow me on Twitter!
 7projectsdistro.com - Toko Kaos Distro Online Terlengkap Termurah dan Terpercaya

Adsorbsi Limbah Zat Warna Tekstil Jenis Procion Red Mx 8b Oleh Kitosan Dan Kitosan Sulfat Hasil Deasetilasi Kitin Cangkang Bekicot (Achatina Fullica)

PanduanTOEFL Terbaik dengan Metode MindMap
ADSORPSI LIMBAH ZAT WARNA TEKSTIL JENIS PROCION RED MX 8B OLEH KITOSAN DAN KITOSAN SULFAT HASIL DEASETILASI KITIN CANGKANG BEKICOT (Achatina fullica). Skripsi. Jurusan Kimia. Fakultas MIPA. Universitas Sebelas Maret.

Penelitian tentang adsorpsi zat warna Procion Red MX 8B telah dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan kitosan setelah diubah menjadi kitosan sulfat dalam menyerap limbah zat warna dan untuk mengetahui kondisi optimum dari penyerap terhadap penurunan kadar zat warna tekstil Procion Red MX 8B, serta menentukan jenis isoterm dan sifat adsorpsi yang sesuai untuk adsorpsi zat warna tekstil.
Isolasi kitin dari cangkang bekicot dilakukan melalui proses deproteinasi dan demineralisasi. Kitosan hasil deasetilasi kitin cangkang bekicot diubah menjadi kitosan sulfat melalui penempelan ion sulfat dari larutan amonium sulfat 0,1 M. Identifikasi gugus fungsi cangkang bekicot, kitin, kitosan dan kitosan sulfat menggunakan instrumen Fourier Transformer Infrared (FTIR). Proses adsorpsi dilakukan dengan metode Bacth meliputi variasi pH, variasi waktu kontak dan variasi konsentrasi. Analisis terhadap adsorpsi Procion Red MX 8B menggunakan spektrofotometer Ultraviolet-Visible. Jenis isoterm adsorpsi diuji dengan isoterm adsorpsi Langmuir dan Freundlich. Uji desorpsi memakai akuades.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendemen isolasi kitin, pembuatan kitosan dan kitosan sulfat adalah sebesar 18,262 %, 9,597 % dan 8,657 %. Kondisi optimum adsorpsi zat warna Procion Red MX 8B oleh kitosan terjadi pada pH 2, waktu kontak 15 menit, konsentrasi 35 ppm sedangkan untuk kitosan sulfat pada pH 2, waktu kontak 15 menit, konsentrasi 40 ppm. Isoterm adsorpsi yang dominan untuk adsorpsi kitosan dan kitosan sulfat terhadap Procion Red MX 8B adalah isoterm Langmuir. Adsorpsi zat warna Procion Red MX 8B menggunakan kitosan sulfat mempunyai daya serap lebih besar dibandingkan dengan kitosan. Hasil adsorpsi kitosan sulfat terhadap kitosan pada larutan Procion Red MX 8B naik sebesar 17,31 % dan pada limbah zat warna Procion Red MX 8B naik sebesar 16,29 %. Proses adsorpsi menghasilkan interaksi yang kuat antara zat warna Procion Red MX 8B dengan penyerap sehingga zat warna hampir tidak dapat didesorpsi.
Kata Kunci : Kitin, Kitosan, Cangkang Bekicot, Adsorpsi, Procion Red MX 8B.
Adsorbsi Limbah Zat Warna Tekstil Jenis Procion Red Mx 8b Oleh Kitosan Dan Kitosan Sulfat Hasil Deasetilasi  Kitin Cangkang Bekicot (Achatina Fullica)

| Download File Lengkapnya... |

Like Skripsi Ini :

Baca Juga Judul Menarik Lainnya di Bawah INI :

Comment With Facebook!

Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Adsorbsi Limbah Zat Warna Tekstil Jenis Procion Red Mx 8b Oleh Kitosan Dan Kitosan Sulfat Hasil Deasetilasi Kitin Cangkang Bekicot (Achatina Fullica)

0 komentar:

Posting Komentar