Bab Pendahuluan Tugas Akhir / Skripsi Jurusan Ekonomi Managemen dengan Judul : Respon Konsumen Terhadap Mie Instan Produk XYZ
Tingginya aktivitas masyarakat yang didorong oleh semakin tingginya
kebutuhan masyarakat ini menyebabkan pola konsumsi pangan masyarakat
berubah. Perubahan pola atau gaya hidup, juga menjadi faktor pemicu
terjadinya perubahan pola konsumsi. Pergeseran pola konsumsi masyarakat
ini ternyata berdampak positif terhadap industri makanan instan,
terutama industri mie instan. Salah satu produsen mie instan terbesar di
Indonesia saat ini adalah PT.XYZ. Perusahaan ini menguasai hampir 80 %
dari produksi mie instan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk :
1) Mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi respon
konsumen terhadap produk mie instan. 2) Mengetahui respon konsumen
terhadap produk mie instan XYZ di Pasar ABC.
Dalam penelitian ini pengambilan responden dilakukan di Pasar ABC, di
sana terdapat toko yang menjual sembako, beras, kios penjual daging,
sayuran dan lain-lain. Jumlah toko yang ada di sana sebanyak 460 toko.
Adapun toko yang menjual mie instan produk XYZ sebanyak 157 toko. Dari
157 toko penulis mengambil sampel sebanyak 10 toko. Langkah pertama
dalam pembahasan respon konsumen ini adalah melakukan analisis
faktor-faktor yang mempengaruhi respon konsumen terhadap mie instant
produk XYZ. Dalam pembahasan pertama ini analisis dilakukan untuk
mengetahui tingkat kepercayaan konsumen terhadap suatu atribut produk.
Kepercayaan ini adalah kekuatan kepercayaan bahwa suatu produk memiliki
atribut tertentu. Langkah kedua dalam pembahasan respon konsumen ini
adalah melakukan analisis terhadap frekuensi tingkat kepercayaan
konsumen terhadap atribut suatu produk. Pada dasarnya sikap seorang
konsumen terhadap suatu objek akan ditentukan oleh sikapnya terhadap
berbagai atribut yang dimiliki oleh objek tersebut. Konsumen akan
mengungkapkan kepercayaan terhadap berbagai atribut yang dimiliki suatu
merek dan produk yang dievaluasinya. Langkah ini digambarkan oleh bi yang
mengukur kepercayaan konsumen terhadap atribut yang dimiliki oleh
produk mie instant. Kepercayaan tersebut sering disebut sebagai object-attribute linkages, yaitu kepercayaan konsumen tentang kemungkinan adanya hubungan antara sebuah objek dengan atributnya yang relevan.
Evaluasi atribut adalah evaluasi baik atau buruknya suatu atribut,
yaitu menggambarkan pentingnya suatu atribut bagi konsumen. Konsumen
akan mengidentifikasi atribut-atribut dari produk yang kemudian akan
dievaluasi. Konsumen akan menganggap atribut produk memiliki tingkat
kepentingan yang berbeda. Konsumen kemudian akan mengevaluasi
kepentingan atribut produk tersebut. Komponen ei mengukur evaluasi
kepentingan atribut-atribut yang dimilki oleh objek tersebut. Dalam hal
ini konsumen belum memperhatikan merek dari produk mie instan ketika
mengevaluasi tingkat kepentingan tersebut. Ei mengukur seberapa senang
persepsi konsumen terhadap atribut dan suatu produk.
Respon Konsumen Terhadap Mie Instan Produk XYZ
| Download File Lengkapnya... |
Respon Konsumen Terhadap Mie Instan Produk XYZ
| Download File Lengkapnya... |
20.49
Unknown
No comments
Comment With Facebook!
4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Respon Konsumen Terhadap Mie Instan Produk XYZ
Rating:
0 komentar:
Posting Komentar