A. Latar Belakang Masalah Upaya Peningkatan Keefektifan Dan Efisiensi Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Sewon, Bantul
Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, salah satu tujuan pembelaaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris dalam bentuk lisan maupun tertulis. Kemampuan berkomunikasi ini meliputi mendengarkan (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing). Keempat kompetensi ini diharapkan mampu mempersiapkan dan membekali siswa SMA untuk melanjutkan ke enjang pendidikan yang lebih tinggi atau untuk memasuki dunia kerja terutama di sektor yangmembutuhkan keterampilan berbahasa Inggris.
Untuk mencapai tujuan pembelajaran Bahasa Inggris seperti yang tercantum dalam kurikulum, semua komponen yang terlibat dalam proses belaar mengajar di sekolah harus turut memberikan dukungan. Dengan memperhatikan bahwa setiap kelas mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, komponen-komponen yang terkait tersebut harus berupaya meningkatkan keefektifan dan efisiensi proses belajar mengajar di kelas sesuai dengan karakteristik masing-masing kelas.
Secara umum, tidak semua sekolah dapat dengan mudah mencapai tujuan pembelajaran Bahasa Inggris sesuai dengan yang tercantum dalam kurikulum. Masing-masing sekolah menemui kendala yang berbeda-beda dalam mencapai tujuan tersebut. Dengan memperhatikan kesulitan-kesulitan yang dihadapi dan solusi yang diperlukan untuk mengatasinya, maka peneliti berpikir bahwa perlu ada upaya untuk meningkatkan keefektifan dan efisiensi dalam pembelajaran Bahasa Inggris di setiap sekolah. berdasarkan kenyataan tersebut, maka upaya-upaya ini pun bisa diterapkan di SMA Negeri 1 Sewon, Bantul.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keefektifan dan efisiensi dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas XI SMA Negeri 1 Sewon, Bantul dengan menggunakan langkah-langkah penelitian tindakan (action research). Untuk langkah pertama, peneliti akan terlebih dahulu mengidentifikasi masalah-masalah yang mengganggu proses pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah ini.
Upaya Peningkatan Keefektifan Dan Efisiensi Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Sewon, Bantul
| Download File Lengkapnya... |
Upaya Peningkatan Keefektifan Dan Efisiensi Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Sewon, Bantul
| Download File Lengkapnya... |
Bahasa Inggris
- A Descriptive Study Of Indonesian- English Code Mixing Used In Gaul Magazine At 38 5-11 Th , 2009. Th Edition Of October
- The Reality Of Redistribution
- A Study on the Teaching of English Speaking Using Games To the ninth Year Students of SMPN 3 PARE-KEDIRI
- Developing The Students’ Ability In Writing Recount Text Through Guiding Questions Technique At The Second Year Students Of Smpn 1 Terbanggi Besar Lampung Tengah
- THE USE OF BEAUTY AND THE BEAST ILLUSTRATED VERSION AS NARRATIVE READING MATERIAL
- THE EXPRESSIONS OF THE MAIN CHARACTERS’ LOVE IN THOMAS HARDY’S NOVEL THE RETURN OF THE NATIVE (Psychological Approach)
- The Techniques of English Teaching to Fifth-Grade Students
- The Influence The Of Main Characters’ Conflicts Toward Plot In Oscar Wilde’s “The Importance Of Being Earnest”
- The Influence Of The Ability In Mastering Dialogue On The Achievement In Learning English To The Second Year Students At M.A.N. Magelang
Comment With Facebook!
4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Upaya Peningkatan Keefektifan Dan Efisiensi Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Sewon, Bantul
Rating:
0 komentar:
Posting Komentar