Follow me on Facebook! Follow me on Twitter!
 7projectsdistro.com - Toko Kaos Distro Online Terlengkap Termurah dan Terpercaya

Implementasi Kombinasi Model Ruang Vektor Dan Model Probabilistik Pada Sistem Temu Balik Informasi

PanduanTOEFL Terbaik dengan Metode MindMap
Latar Belakang Implementasi Kombinasi Model Ruang Vektor Dan Model Probabilistik Pada Sistem Temu Balik Informasi

Informasi telah menjadi kebutuhan primer pada kehidupan saat ini. Informasi seakan-akan menjadi mata uang baru yang membuat akurasi menjadi sangat penting ketika mencari informasi. Salah satu cara untuk mendapatkan informasi yang akurat dan relevan adalah dengan menggunakan sistem temu balik informasi. Sistem ini membuat perhitungan- perhitungan untuk menentukan apakah sebuah informasi relevan dengan kebutuhan penggunanya. Ada dua buah jenis perhitungan matematis/model yang sering digunakan, yaitu model ruang vektor dan model probabilistik. Walaupun kedua model tersebut umum digunakan, tapi performa yang ditunjukkan oleh kedua model tersebut tidak terlalu memuaskan. Untuk itulah, model lain diperlukan untuk mendapatkan performa lebih baik. Salah satu cara untuk mendapatkan model lain itu adalah dengan melakukan kombinasi antara model-model yang sudah ada, dalam hal ini model ruang vektor dan model probabilistik. Metode ruang vektor mengibaratkan query dan dokumen sebagai sebuah vektor n-dimensi yang tiap dimensinya diwakili oleh satu kata pada query. Relevansi tertinggi ditentukan menurut vektor yang paling mendekati dengan vektor query. Gambaran umum sistem temu balik informasi yang menggunakan model ruang vektor dapat dilihat pada Gambar I. 1. Di sisi lain, model probabilistik adalah model yang menggunakan perhitungan matematis berupa peluang terhadap relevansi query pada dokumen. Intinya adalah memperkirakan peluang relevansi sebuah dokumen terhadap query yang diberikan. Ada beberapa model yang dikembangkan berdasarkan perhitungan probabilistik, di antaranya model probabilistik dasar, Okapi BM25 dan Binary Independence Retrieval (BIR).

Model ruang vektor dan model probabilistik sendiri memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kelebihan dan kekurangan tersebut menjadi pertimbangan tersendiri dalam melakukan kombinasi model yang akan dilakukan. Kombinasi terhadap kedua model tersebut harus menghapus kekurangan yang dimiliki namun tidak menghilangkan kelebihan sebelumnya. Cara lain untuk meningkatkan performa sistem temu balik informasi adalah dengan menggunakan relevance feedback. Ide dari relevance feedback ini adalah mengambil hasil dari sebuah query dan menggunakan informasi dari hasil tersebut untuk membentuk query baru yang bisa menghasilkan dokumen dengan tingkat relevansi yang lebih akurat[INS07]. Informasi tersebut bisa berupa kata yang mengarah kepada hasil yang relevan, atau kata yang justru mengarah kepada hasil yang tidak relevan dengan query. Untuk mencapai tingkat akurasi yang lebih baik, selain menggunakan relevance feedback kedua model tersebut juga bisa digabungkan. Penggabungan ini bisa berupa penggabungan hasil perhitungan dari kedua model tersebut atau penggabungan perhitungan dari kedua model tersebut.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah disampaikan, maka masalah yang ingin ditangani dalam tugas akhir ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan sistem temu balik informasi dengan melakukan penggabungan antara model ruang vektor dan model-model probabilistik yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya. Masalah lain adalah model apa yang memiliki performa lebih baik untuk digunakan pada sistem temu balik informasi.
Kata Kunci : sistem temu balik informasi, model ruang vektor, model probabilistik, kombinasi, performa.

Like Skripsi Ini :

Baca Juga Judul Menarik Lainnya di Bawah INI :

Comment With Facebook!

Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Implementasi Kombinasi Model Ruang Vektor Dan Model Probabilistik Pada Sistem Temu Balik Informasi