Follow me on Facebook! Follow me on Twitter!
 7projectsdistro.com - Toko Kaos Distro Online Terlengkap Termurah dan Terpercaya

Perangkat Lunak Bantu Penyelesaian Masalah State And Space

PanduanTOEFL Terbaik dengan Metode MindMap
A. Latar Belakang Pemilihan Judul Perangkat Lunak Bantu Penyelesaian  Masalah State And Space

State merupakan representasi suatu keadaan pada suatu saat ataupun deskripsi konfigurasi sistem. State and space adalah semua state yang mungkin, dan biasanya digambarkan sebagai jaringan dengan verteks merupakan state dan edge merupakan perubahan yang mungkin. Representasi state and space memungkinkan definisi formal suatu masalah sebagai persoalan dengan mengubah status dengan menggunakan sekumpulan operator (rule) dan juga mendefinisikan masalah sebagai search yaitu mencari lintasan di dalam state and space dari initial state ke goal state. Salah satu problema yang terdapat dalam state and space ini adalah Farmer’s problem (problema petani) yang dapat dideskripsikan sebagai berikut, seorang petani akan menyeberangkan seekor kambing, seekor serigala dan sayur-sayuran dengan sebuah boat (perahu) yang melalui sungai. Boat hanya bisa memuat petani dan satu penumpang yang lain (kambing, serigala atau sayur-sayuran). Jika ditinggalkan oleh petani tersebut, maka sayur-sayuran akan dimakan oleh kambing dan kambing akan dimakan oleh serigala. Aturan-aturan yang diperbolehkan yaitu kambing menyeberang, sayuran menyeberang, serigala menyeberang, kambing kembali, sayuran kembali, serigala kembali dan boat kembali.
Problema ini akan dimodifikasi sehingga dapat digunakan untuk menyelesaiakan semua persoalan yang hampir mirip dengan problema ini. Problema ini dapat diselesaikan dengan menggunakan tahapan-tahapan berikut ini. Tahapan pertama dimulai dari identifikasi ruang keadaan (state and space) yaitu dengan mendeklarasikan permasalahan ini dengan menentukan jumlah variabel yang ada dalam problema ini, misalkan dalam Farmer’s problem memiliki (JumlahKambing, JumlahSerigala, JumlahSayuran, JumlahBoat). Kemudian, baru dilanjutkan dengan mendeskripsikan keadaan awal (initial state) pada kedua daerah yaitu daerah asal dan daerah tujuan serta sasaran (goal state) pada kedua daerah. Setelah itu, ditentukan aturan-aturan yang terdapat dalam problema, misalkan dalam Farmer’s problem terdapat aturan bahwa serigala dapat memakan kambing apabila petani tidak berada di tempat, kambing dapat memakan sayuran apabila petani tidak berada di tempat, dan hanya petani yang dapat mengemudikan perahu (boat). Setelah itu, problema dapat diselesaikan dengan menggunakan bantuan pohon pelacakan. Kondisi-kondisi (state-state) yang mungkin digambarkan dalam suatu pohon biner dengan dimulai dari mendeklarasikan kondisi awal (start state) sebagai akar dari pohon biner. Proses dilanjutkan dengan menggambarkan kondisi (state) berikutnya dari state tersebut hingga didapatkan kondisi yang diinginkan (goal state).
Berdasarkan uraian di atas, penulis ingin merancang suatu perangkat lunak dengan judul “Perangkat Lunak Bantu Penyelesaian Masalah State and Space”.

B. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang pemilihan judul, maka yang menjadi permasalahan adalah bagaimana menampilkan penyelesaian dari problema State and Space.

C. Tujuan dan Manfaat
Tujuan penyusunan tugas akhir (skripsi) ini adalah untuk merancang suatu perangkat lunak bantu penyelesaian problema State and Space.
Manfaat dari penyusunan tugas akhir (skripsi) ini, yaitu untuk membantu pemahaman mengenai ruang keadaan (state and space) pada AI dan perangkat lunak juga dapat digunakan sebagai fasilitas pendukung dalam proses belajar mengajar.

| Download File Lengkapnya... |
Like Skripsi Ini :

Baca Juga Judul Menarik Lainnya di Bawah INI :

Comment With Facebook!

Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Perangkat Lunak Bantu Penyelesaian Masalah State And Space