Follow me on Facebook! Follow me on Twitter!
 7projectsdistro.com - Toko Kaos Distro Online Terlengkap Termurah dan Terpercaya

Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian pneumonia pada balita di RSUD Andi Makkasau Kota Parepare

PanduanTOEFL Terbaik dengan Metode MindMap
Abstrak Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian pneumonia pada balita di RSUD Andi Makkasau Kota Parepare
Pneumonia merupakan penyakit infeksi yang masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia, dan menjadi penyebab kematian nomor tiga di Indonesia setelah kardiovaskuler dan tuberkulosis. Tingginya kejadian pneumonia terutama menyerang kelompok usia bayi dan balita. Menurut data yang diperoleh melalui profil Kesehatan Kabupaten Kota se Provinsi Sulawaesi Selatan tahun 2007 tercatat jumlah kasus pneumonia sebanyak 42.563 penderita, dengan jumlah balita yang terkena pneumonia 14.576 balita dan yang tertangani hampir seluruh jumlah balita yang terkena pneumonia dengan jumah presentase 99,86%.

Oleh karena kejadian pneumonia merupakan salah satu penyakit dengan angka kesakitan dan angka kematian yang cukup tinggi, maka perlu penanganan yang terpadu, terarah yang ditujukan pada perbaikan mutu lingkungan atau keadaan perumahan serta pentalaksanaan penderita pada puskesmas/rumah sakit tetapi yang paling penting adalah pengawasan terhadap faktor-faktor resiko penularan pneumonia yaitu kondisi sekitar rumah dan keadaan lingkungan. (Madiana, 2003)

Penatalaksanaan penderita pneumonia diharapkan dapat dilakukan di Puskesmas dan rumah sakit, sehingga dapat menurunkan angka kematian akibat pneumonia. Untuk pencapain hal tersebut, maka perlu adanya pelatihan yang dapat meningkatkan kinerja petugas promosi kesehatan khususnya pneumonia terutama pada anak balita.Kejadian pneumonia dipengaruhi oleh faktor resiko intrinstik (umur, jenis kelamin, status gizi, status imunisasi) dan faktor ekstrinsik (biologi, fisik, sosial) tetapi belum dapat dipastikan faktor yang paling berpengaruh terhadap kejadian pneumonia (Kartasasmita, 1993)

Dari data awal yang telah diperoleh pada RSUD Andi Makkasau Kota Parepare pneumonia menduduki peringkat pertama penyakit terbanyak yang diderita oleh balita maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian pneumonia pada balita di RSUD Andi Makkasau Kota Parepare. Hal ini dimaksudkan agar mempermudah pengambilan keputusan oleh pemerintah setempat dalam melakukan program kebijakan dan penanggulangan pneumonia dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat.
Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian pneumonia pada balita di RSUD Andi Makkasau Kota Parepare

Like Skripsi Ini :

Baca Juga Judul Menarik Lainnya di Bawah INI :

Comment With Facebook!

Rating: 4.5 | Reviewer: Fakhrian Amrullah | ItemReviewed: Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian pneumonia pada balita di RSUD Andi Makkasau Kota Parepare

0 komentar:

Poskan Komentar