Follow me on Facebook! Follow me on Twitter!
 7projectsdistro.com - Toko Kaos Distro Online Terlengkap Termurah dan Terpercaya

Rancang Bangun Implementasi Teknologi VoIP pada Aplikasi Jaringan IP Phone melalui Jaringan Intranet yang Berbeda

PanduanTOEFL Terbaik dengan Metode MindMap
1.1 LATAR BELAKANG MASALAH Rancang Bangun Implementasi Teknologi VoIP pada Aplikasi Jaringan IP Phone melalui Jaringan Intranet yang Berbeda

Teknologi jaringan komputer dan internet saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan yang penting dalam aktifitas kehidupan. Setiap hari terus berkembang, perkembangan yang ramai dibicarakan dan dibahas sekarang ini adalah teknologi yang mengarah pada Next Generation Network (NGN) yang kemungkinan besar akan berplatform pada teknologi Internet Protocol (IP), salah satu teknologi yang mulai digunakan adalah softswitch atau yang dikenal dengan nama Voice over Internet Protocol (VoIP).
Dengan adanya teknologi VoIP, merupakan kabar baik bagi pengguna telepon, karena setiap orang dapat berkomunikasi tanpa harus menggunakan pulsa telepon dalam jaringan VoIP. Di Indonesia, salah satu penggerak pertama telepon internet adalah VoIP Merdeka yang dipimpin oleh Bapak Onno W. Purbo. Setelah itu muncul VoIP Rakyat (http://www.voiprakyat.or.id) yang merupakan komunitas riset dan pengembangan teknologi VoIP berbasis open source yang dikembangkan di bawah kepemimpinan Bapak Anton Raharja dengan timnya.
VoIP dapat diimplementasikan pada suatu perusahaan, kantor, kampus, atau perumahan, baik melalui sambungan internet atau melalui jaringan lokal. Pada dasarnya syarat utama yang harus dipenuhi dalam VoIP, yaitu (1) mempunyai sambungan ke internet, dan atau (2) mempunyai provider VoIP/operator telekomunikasi secara langsung. Pilihan pertama menggunakan internet publik biasanya dilakukan jika menginginkan untuk mengakses internet sekaligus dengan VoIP, sementara pilihan kedua dilakukan jika ingin melakukan banyak hubungan komunikasi VoIP dengan operator telekomunikasi di Indonesia. VoIP juga dapat dibangun dalam jaringan lokal yang dapat menghubungkan antar divisi. Biasanya suatu kantor atau kampus sudah memiliki komputer pada tiap divisi bahkan pada tiap ruang kerja, kondisi ini dapat dimanfaatkan untuk mempermudah komunikasi antar divisi. Penggunaan komputer di sini menjadi hal yang sangat penting, karena VoIP yang akan dibangun membutuhkan komputer, head phone, dan sound card. Teknologi VoIP secara umum terdapat 2 protokol, yaitu H.323 dan Session Initiation Protocol (SIP). Namun saat ini, protokol SIP yang lebih banyak dipakai karena lebih mudah cara pemakaiannya. Software yang digunakan untuk server dan client VoIP dapat diambil secara gratis dan open source di internet.
Penggunaan peralatan yang berbasis SIP semakin hari semakin banyak dan harga peralatannya juga semakin murah. Softswitch yang biasa digunakan menggunakan software asterisk yang dapat diambil dari (http://www.asterisk.org). Softswitch adalah sentral telepon yang dapat dioperasikan di komputer biasa atau disebut server VoIP. Sementara telepon yang paling sederhana berupa softphone di Personal Computer (PC) seperti x-lite dan SJ Phone yang bisa diambil gratis di internet. Untuk membuat sentral telepon VoIP, yang perlu dilakukan adalah menginstalasi softswitch seperti asterisk di komputer server serta menginstalasi softphone di komputer client. Perlu diperhatikan, informasi yang dibutuhkan agar interkoneksi dapat dilakukan adalah username, password dan server/softwitch dimasukkan ke konfigurasi softswitch asterisk, maka setiap client dapat dengan mudah me-register softswitch yang digunakan pada sentral telepon. Dengan tersambungnya softswitch ke sentral telepon, maka pembicaraan atau call VoIP dapat dilakukan dari area yang berbeda ke jaringan VoIP.
Dari keterangan di atas, maka penulis berkeinginan untuk membangun dua sentral telepon VoIP dalam jaringan lokal dan menggunakan softphone untuk komunikasi clientnya.

1.2 PEMBATASAN MASALAH
Karena pembahasan masalah VoIP meliputi aspek yang cukup luas, penulis hanya membahas mengenai perancangan sentral telepon VoIP dalam jaringan intranet antar ruangan menggunakan Personal Computer (PC) dan softphone untuk komunikasi clientnya.

| Download File Lengkapnya... |
Like Skripsi Ini :

Baca Juga Judul Menarik Lainnya di Bawah INI :

Comment With Facebook!

Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Rancang Bangun Implementasi Teknologi VoIP pada Aplikasi Jaringan IP Phone melalui Jaringan Intranet yang Berbeda

0 komentar:

Posting Komentar