Bab Pendahuluan Tugas Akhir / Skripsi Jurusan Ekonomi
Managemen dengan Judul : Analisis Pengaruh Faktor Psikografi Terhadap
Keputusan Pembelian Konsumen
Usaha restoran, dewasa ini menunjukkan perkembangan yang relatif
pesat, terbukti semakin banyaknya restoran asing yang siap saji merambah
Bali. Hal tersebut mengindikasikan bahwa intensitas persaingan dalam
bisnis restoran semakin kuat. Jenis restoran seperti ini umumnya berada
di lokasi-lokasi yang strategis. Sementara restoran-restoran tradisional
atau lokal yang bercirikan lambat dalam pelayanan, relatif kalah
bersaing dilokasi dimana terdapat restoran siap saji tersebut. Jenis
restoran yang menyajikan makanan dengan sangat cepat atau siap saji
dikenal dengan sebutan restoran fast food. Tampilan restoran
semacam ini, mulai dari lokasi, jenis dan rasa makanan, penataan, sistim
pelayanan, dan sebagainya membawa kesan bagi sebagian orang bahwa citra
restoran tersebut mewah atau bergengsi. Sehingga bagi konsumen yang
datang dan makan di restoran semacam ini, sedikit tidak akan terpengaruh
dan tidak jarang datang kembali untuk melakukan pembelian (repeat buying).
Kecenderungan penduduk kota seperti di Denpasar misalnya, bahwa makan di restoran fast food
masih dinilai memiliki nilai sosial atau gengsi tersendiri, yang mampu
mengangkat kesan akan status dirinya. Kemudian sering pula ditemui bahwa
restoran semacam ini tidak hanya dimanfaatkan untuk tempat makan saja,
tetapi juga untuk tempat perayaan acara-acara ulang tahun, syukuran,
sambil rekreasi dan sebagainya. Peluang semacam ini telah dimanfaatkan
oleh restoran untuk menyediakan model pelayanan jasa yang benar-benar
dibutuhkan oleh masyarakat sekitarnya. Di beberapa restoran seperti ini,
kadang juga disediakan tempat khusus bagi anak-anak untuk bermain, agar
tidak mengganggu orang yang sedang menikmati makanannya. Sehingga
sangatlah wajar apabila dikatakan bahwa variasi dan sistem pelayanan
restoran fast food pada kenyataannya relatif dapat mempengaruhi keputusan seseorang dalam proses pembeliannya.
Kegiatan pembelian, apabila ditelusuri lebih dalam hanyalah merupakan
salah satu tahap dari keseluruhan proses keputusan pembelian konsumen.
Menurut Pride dan ferrel, proses keputusan pembelian konsumen meliputi
tahap : pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif,
pembelian, dan evaluasi proses pembelian. Namun tidak selalu semua tahap
tersebut dilalui atau dilaksanakan oleh konsumen. Keseluruhan proses
tersebut biasanya dilakukan pada situasi tertentu saja, misalnya pada
pembelian pertama dan atau pembelian barang-barang yang harga atau
nilainya relatif tinggi.
| Download File Lengkapnya... |
| Download File Lengkapnya... |
22.49
Unknown
No comments
Comment With Facebook!
4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Analisis Pengaruh Faktor Psikografi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen
Rating:
0 komentar:
Posting Komentar