Bab Pendahuluan Tugas Akhir / Skripsi Jurusan Ekonomi
Managemen dengan Judul : Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas
Nasabah Pada Bank XYZ
Pertumbuhan ekonomi suatu negara dapat ditandai dengan pertumbuhan
industri perbankan yang ada dalam negara tersebut. Semakin berkembang
industri perbankan maka semakin baik pula pertumbuhan ekonomi negara itu
sendiri. Salah satu usaha jasa yang menawarkan berbagai kebutuhan
masyarakat akan jasa pelayanan keuangan, maka usaha jasa perbankan
selain mengedepankan profesionalisme dalam pelayanan kepada masyarakat
sebagai nasabah, juga harus mengedepankan kepercayaan, karena dapat
dikatakan bahwa industri perbankan adalah merupakan industri yang
menjual kepercayaan kepada masyarakat sebagai nasabahnya.
Masyarakat sebagai konsumen atau pasar yang dituju oleh industri
perbankan memiliki berbagai pertimbangan dalam memilih usaha jasa
perbankan yang akan digunakannya, hal tersebut dapat dilihat dari faktor
tingkat bunga yang ditawarkan oleh perbankan kepada masyarakat, tingkat
kenyamanan yang dirasakan oleh masyarakat dalam hal penyimpanan uang
pada bank tersebut, juga mengenai kemudahan dalam memperoleh pinjaman.
Faktor-faktor tersebut yang menjadi dasar pertimbangan masyarakat
untuk memilih jasa perbankan, baik secara langsung maupun tidak langsung
dapat membentuk loyalitas pada diri masyarakat akan bank yang dijadikan
sebagai pilihan yang dipercayainya.
Keberadaan jasa perbankan dalam masyarakat memang lebih menguntungkan
terutama pada sektor perekonomian, di mana para pelaku ekonomi lebih
leluasa dalam menjalankan proses kegiatan ekonominya untuk menunjang
kelangsungan hidup. Usaha jasa perbankan dalam masyarakat yang
mengedepankan pelayanan yang baik demi memperoleh kepercayaan dari
masyarakat sebagai nasabahnya akan menghadapi berbagai macam keadaan
atau pandangan yang timbul dari masyarakat sebagai ungkapan kepuasan
atau ketidakpuasannya akan pelayanan yang diterimanya dari pihak bank
yang dipercayainya.
Di kota Palu dan sekitarnya telah berdiri beberapa bank yang
menawarkan jasa perbankan, baik bank yang dimiliki oleh pihak pemerintah
maupun pihak swasta. Di antaranya Bank Rakyat Indonesia, (BRI), Bank
Negara Indonesia (BNI), Bank Mandiri dan lain sebagainya. Kehadiran
bank-bank tersebut, secara ekonomi memberikan keuntungan kepada
masyarakat umum khususnya para pelaku ekonomi.
Menyadari akan berbagai hal di atas maka dalam penelitian ini
peneliti tertarik untuk memilih bank XYZ sebagai objek penelitian,
dengan maksud untuk mengetahui seperti apa dan bagaimana loyalitas
nasabah terhadap pelayanan pihak perbankan dalam hal ini Bank XYZ Cabang
ABC. Karenanya perlu dilakukan kajian lebih mendalam mengenai kualitas
pelayanan dan loyalitas nasabah pada Bank XYZ Cabang ABC Kota Palu
melalui penelitian.
| Download File Lengkapnya... |
| Download File Lengkapnya... |
22.48
Unknown
No comments
Comment With Facebook!
4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank XYZ
Rating:
0 komentar:
Posting Komentar