Follow me on Facebook! Follow me on Twitter!
 7projectsdistro.com - Toko Kaos Distro Online Terlengkap Termurah dan Terpercaya

Analisis Perbandingan Kepuasan Nasabah Pada Sistem Antrian Teller Bank, Menggunakan Nomor Dan Tanpa Nomor Studi Pada Bank Bni Cabang Unpad Bandung

PanduanTOEFL Terbaik dengan Metode MindMap
ABSTRAK
Analisis Perbandingan Kepuasan Nasabah Pada Sistem Antrian Teller Bank, Menggunakan Nomor Dan Tanpa Nomor, Studi Pada Bank BNI Cabang Unpad Bandung. Dibimbing oleh Hj. Yevis Mart

Pelayanan pada bidang perbankan adalah setiap tindakan yang diberikan petugas Bank kepada nasabah yang memerlukan bantuan demi kelancaran urusan yang diperlukan. Salah satu bentuk pelayanan yang diberikan oleh Bank BNI cabang Unpad, sebagai realisasi misi Bank BNI, adalah penerapan sistem antrian dalam menggunakan jasa teller. Tipe antrian yang diterapkan dalam suatu bank dapat didefinisikan sebagai jenis-jenis antrian yang diberlakukan untuk melayani para nasabah dalam melakukan transaksinya agar pelayanan dapat berlangsung secara teratur, tertib, dan aman. Sistem antrian yang umumnya digunakan dalam dunia perbankan adalah sistem antrian menggunakan nomor dan sistem antrian tanpa nomor.

Penelitian ini dimaksudkan untuk membandingkan kedua sistem antrian, guna memperoleh informasi mengenai perolehan tingkat kepuasan nasabah yang paling tinggi. Metoda penelitian yang digunakan adalah metoda penelitian survey yang bersifat deskriptif komparatif, yang bertujuan untuk membandingkan dan memberi gambaran terhadap fakta yang ada. Variabel sistem antrian yang diteliti adalah kedatangan, antrian, dan pelayanan. Data dari 100 kuesioner yang disebarkan secara acak sederhana (simple random sampling) kepada nasabah Bank BNI Cabang Unpad menjadi sumber data primer.

Berdasarkan analisis tingkat harapan nasabah dibandingkan dengan kinerja sistem antrian yang sebenarnya, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kepuasan nasabah setelah adanya penggantian sistem antrian, yang pada awalnya sistem antrian tanpa nomor menjadi sistem antrian menggunakan nomor. Pada perhitungan metoda statistik komparatif dengan Uji T diperoleh nilai t hitung sebesar 11,55, sedangkan t tabel sebesar 1,658, yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima, mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat rata-rata kinerja sistem antrian menggunakan nomor dengan sistem antrian tanpa nomor. Dengan rata-rata kinerja sistem antrian menggunakan nomor (49,01) lebih tinggi dibanding sistem antrian tanpa nomor (41,22). Dengan menggunakan analisis komparatif diketahui bahwa nasabah memiliki tingkat kepuasan yang lebih besar pada sistem antrian menggunakan nomor.

| Download File Lengkapnya... |
Like Skripsi Ini :

Baca Juga Judul Menarik Lainnya di Bawah INI :

Comment With Facebook!

Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Analisis Perbandingan Kepuasan Nasabah Pada Sistem Antrian Teller Bank, Menggunakan Nomor Dan Tanpa Nomor Studi Pada Bank Bni Cabang Unpad Bandung