ABSTRAK Hubungan Kegiatan Employee Relations dan Kepuasan Komunikasi Karyawan PT. Astra International Tbk
Salah satu bentuk hubungan dalam public relations yang mengatur hubungan
antara perusahaan dan para karyawannya adalah employee relations. Employee relations dilakukan antara lain adalah untuk menciptakan bentuk hubungan atau komunikasi dua arah yang baik antara pihak manajemen dengan para karyawannya dalam upaya membina kerjasama dan hubungan yang harmonis di antara keduanya. Regular meeting merupakan bentuk dari employee relations yang dilakukan perusahaan untuk membentuk iklim komunikasi yang positif. PT Astra International Tbk-Peugeot Sales Operation Cilandak adalah perusahan yang secara rutin melakukan aktivitas employee relations dalam bentuk regular meeting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara variabel employee relations dan variabel kepuasan komunikasi.
Frank Jefkins mengatakan bahwa komunikasi internal (lebih lanjut disebut sebagai komunikasi pegawai atau employee relations) memiliki tiga bentuk, yang pertama adalah komunikasi ke bawah yaitu komunikasi dari pihak pimpinan kepada karyawan. Kedua adalah komunikasi ke atas, yaitu komunikasi yang berlangsung dari karyawan kepada atasannya. Ketiga adalah komunikasi sejajar, yaitu komunikasi yang berlangsung antar sesama pegawai. Sedangkan Redding menyebutkan bahwa kepuasan komunikasi adalah semua tingkat kepuasan seorang karyawan mempersepsi lingkungan komunikasi secara keseluruhan.
Tipe pada penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian korelasional digunakan untuk meneliti hubungan di antara variabel-variabel, dan hubungan dari variabel-variabel itu disebut sebagai korelasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei. Untuk melakukan analisa data mengenai hubungan antar variabel pada penelitian, menggunakan teknik statistik dengan menggunakan analisa korelasi. Teknik statistik yang akan digunakan dalam analisa korelasi pada penelitian ini menggunakan korelasi Pearson Product Moment.
Hasil penelitian menunjukan nilai koefisien korelasi sebesar 0,628 antara variabel employee relations (X) dan variabel kepuasan komunikasi (Y), yang berarti bahwa hubungan menunjukan korelasi kuat. Hubungan tersebut juga signifikan pada taraf kepercayaan 95%, dan diperoleh kesimpulan bahwa, pengaruh employee relations terhadap kepuasan komunikasi sebesar 39,43%, dan sisanya 60,57% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Hubungan Kegiatan Employee Relations dan Kepuasan Komunikasi Karyawan PT. Astra International Tbk
| Download File Lengkapnya... |
Hubungan Kegiatan Employee Relations dan Kepuasan Komunikasi Karyawan PT. Astra International Tbk
| Download File Lengkapnya... |
Ilmu Komunikasi
- Tanggapan kelompok suporter Persib Bandung “Viking” terhadap pemberitaan seputar Persib Bandung di Harian Umum Galamedia
- Tanggapan Humas PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten Pada Isi Berita Tentang Perusahaannya Dari Media Cetak Di Bandung
- Strategi Memenangkan persaingan Dalam Pemasaran Surat Kabar Harian di Makassar Kasus Fajar, Tribun Timur dan Pedoman Rakyat
- Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web
- Proximity dan Kandungan Sosioemosi Isi Pesan E-mail di Mailing List UNHAS-ML
- Pesan Komunikasi politik Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dalam Gerakan Demokrasi di Indonesia dan Pengaruhnya terhadap kalangan Nahdliyin di Samarinda
- Persepsi Target Audience Terhadap Brand Image Dalam Iklan Yang Menggunakan Celebrity Endorser
- Peranan Media Komunikasi Radio Swasta Dalam Meningkatkan Kepedulian Masyarakat
- Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pembelian Telepon Seluler
Comment With Facebook!
4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Hubungan Kegiatan Employee Relations dan Kepuasan Komunikasi Karyawan PT. Astra International Tbk
Rating:
0 komentar:
Posting Komentar