Abstrak
Kualitas Proses dan Hasil Belajar Biologi melalui Pengajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif
Oleh : Yusuf
Pendidikan saat ini dihadapkan pada tuntutan yang semakin meningkat, baik ragam,
lebih-lebih kualitasnya, termasuk pendidikan pada Madrasah Aliyah Ponpes Nurul Haramain
Putri Lombok Barat. Di sisi lain, berdasarkan hasil evaluasi dengan kurikulum 1994,
diketahui bahwa siswa belum mencapai kemampuan optimalnya. Siswa hanya tahu banyak
fakta tetapi kurang mampu memanfaatkannya, oleh sebab itu sistem pendidikan saat ini dan
di masa depan harus dikembangkan agar lebih responsif terhadap tuntutan masyarakat dan
tantangan yang akan dihadapi.
Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan tujuan untuk;
(1) Mengembangkan
perangkat pembelajaran biologi SMU/MA yang bercirikan model pembelajaran kooperatif
tipe jigsaw, dan
(2) Mengetahui kualitas proses dan hasil belajar biologi melalui penerapan
perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Penelitian dilakukan dalam dua tahap, yaitu
(1) Tahap Pengembangan Perangkat, dan
(2) Tahap Pembelajaran Nyata.
Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Materi
Ajar, Rencana Pembelajaran, Lembar Kegiatan Siswa, dan Instrumen Tes Hasil Belajar.
Hasil penelitian menunjukkan;
(1) Guru mampu melakukan keseluruhan aspek
pembelajaran dengan kategori baik,
(2) Aktivitas guru yang dominan adalah mengelola KBM
sesuai kaidah pembelajaran kooperatif, dan melatihkan siswa keterampilan kooperatif,
(3)
Aktivitas siswa yang dominan adalah membaca Materi Ajar, LKS, dan menulis yang relevan,
(4) Keterampilan kooperatif siswa yang dominan adalah mengambil giliran dan berbagi
tugas,
(5) Siswa menyatakan senang dan baru terhadap perangkat dan model pembelajaran,
(6) Guru menganggap perangkat pembelajaran cukup membantu dan bermanfaat, dan
(7)
KBM yang menerapkan perangkat dan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat
menuntaskan belajar siswa.
Kualitas Proses dan Hasil Belajar Biologi melalui Pengajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif
Biologi
- Potensi Nematoda Steinernema Spp. (Rhabditida : Steinermatidae) Sebagai Agen Hayati Pengendali Lalat Buah (Bactrocera dorsalis kompleks) (Diptera : Tephritidae)
- PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X IMERSI SMA NEGERI 2 SEMARANG
- Studi Tentang Minat Siswa Terhadap Mata Pelajaran Biologi Pada SLTP Negeri 2 Pangkajene Kabupaten Pangkep
- Penggunaan Model Synectik Dalam Proses Belajar Mengajar di SD Inpres XYZ
- Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Prestasi Belajar IPA-Biologi Siswa XYS
- Pengaruh Pemberian Tugas Setiap Akhir Pertemuan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas XYZ
- Studi Tentang Minat Siswa Terhadap Mata Pelajaran Biologi Pada SLTP Negeri 2 Pangkajene Kabupaten Pangkep
- Hubungan Partisipasi Orang Tua dengan Prestasi Belajar IPA-Biologi Siswa Kelas V pada SD Inpres Rappokalling 2 Makassar
- Hubungan Minat dan Perhatian dengan Prestasi Belajar Siswa


Comment With Facebook!
4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Kualitas Proses dan Hasil Belajar Biologi melalui Pengajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif
Rating: