Follow me on Facebook! Follow me on Twitter!
 7projectsdistro.com - Toko Kaos Distro Online Terlengkap Termurah dan Terpercaya

Pengaruh Implementasi Total Quality Management (TQM) Terhadap Budaya kualitas (Studi pada PT. Hari Terang Industry - Surabaya)

PanduanTOEFL Terbaik dengan Metode MindMap
BAB  I
PENDAHULUAN
 1.1.   Latar Belakang Pengaruh Implementasi Total Quality Management (TQM) Terhadap Budaya Kualitas (Studi pada PT. Hari Terang Industry - Surabaya)

Pada   era   persaingan   pasar   global   dewasa   ini,   tuntutan   konsumen   atas peningkatan   kualitas   produk   dan   jasa   bertambah.   Terjadi   pula   peningkatan penawaran produk dan  jasa dengan harga lebih bersaing  dari negara dengan biaya tenaga  kerja  rendah seperti  halnya  negara-negara   di  kawasan  timur:  China, Vietnam, dan India (Dale, 2003:2)

Satu hal yang sangat berarti dalam meningkatkan kinerja menghadapi tantangan persaingan  tersebut  adalah  melalui  perbaikan  berkelanjutan  pada aktivitas  bisnis yang  terfokus  pada  konsumen,  meliputi  keseluruhan  organisasi  dan  penekanan pada fleksibilitas dan kualitas.

Oleh karena itu, kualitas dan pengelolaannya dikaitkan dengan perbaikan berkelanjutan dilakukan  oleh  banyak  perusahaan  agar  dapat  mendorong peningkatan   pasar   dan  memenangkan   persaingan.   Perusahaan   yang   tidak mengelola perubahan tersebut akan ketinggalan.Sejalan  dengan  pergeseran  paradigma  organisasi  dari  ‘market  oriented’ ke ‘resources  oriented’,  maka salah satu cara yang bisa ditempuh  oleh perusahaan adalah dengan membenahi sumber daya yang dimilikinya agar bisa bertahan dalam persaingan jangka panjang. Salah satu cara yang tepat adalah dengan mengimplementasikan Total Quality Management (Muluk, 2003: 3).

Total  Quality  Management  (TQM)  merupakan  paradigma  baru  dalam menjalankan bisnis yang berupaya memaksimumkan daya saing organisasi melalui: fokus  pada  kepuasan konsumen,  keterlibatan  seluruh  karyawan,  dan  perbaikan secara   berkesinambungan   atas  kualitas   produk,   jasa,   manusia,   proses   dan lingkungan organisasi (Krajewski, Lee, dan Ritzman (1999: 242).
Hasil  upaya-upaya  tersebut  menjadikan  organisasi  mampu  merespon permintaan pasar atas kualitas produk, jasa dan proses yang telah dikembangkan secara meluas selama dua dekade terakhir.

Studi tentang implementasi TQM terutama jika dikaitkan dengan faktor budaya organisasi  di Indonesia dewasa ini juga masih   terbatas, Oleh karena itu menarik untuk   diketahui  apakah   implementasi   TQM   mempunyai   pengaruh   signifikan terhadap  budaya  kualitas sebagai  bagian  dari  budaya  organisasi  (Kujala  dan Ullrank, 2004:48) jika dterapkan organisasi di Indonesia, mengingat karakteristik budaya yang berbeda.

Atas   dasar   perbedaan    teori   maupun   temuan   hasil   penelitian    tentang implementasi TQM dan masih terbatasnya penelitian tentang implementasi TQM di negara berkembang  jika dikaitkan  dengan  budaya  kualitas,  maka  peneliti  tertarik untuk meneliti efektifitas implementasi TQM dalam membentuk budaya kualitas yang

akhirnya dapat meningkatkan daya saing, khususnya pada PT Hari Terang Industry dengan judul penelitian:  Pengaruh Implementasi Total Quality Management (TQM) Terhadap Budaya Kualitas (Studi pada PT. Hari Terang Industry - Surabaya).

Like Skripsi Ini :

Baca Juga Judul Menarik Lainnya di Bawah INI :

Comment With Facebook!

Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Pengaruh Implementasi Total Quality Management (TQM) Terhadap Budaya kualitas (Studi pada PT. Hari Terang Industry - Surabaya)