Bab Pendahuluan Tugas Akhir / Skripsi Jurusan Ekonomi
Managemen dengan Judul : Pengaruh Perkembangan Jumlah Pelanggan Kartu
XYZ Terhadap Tingkat Pemakaian Pulsa Rata-rata Pelanggan
Industri telekomunikasi selular nasional dewasa ini mengalami
pertumbuhan yang cukup signifikan dan mengakibatkan tingkat kompetisi
yang sangat tinggi. Regulasi pemerintah yang mendasari diberikannya
lisensi kepada beberapa operator baru membuat kompetisi antar operator
selular menjadi sangat terbuka. Operator-operator selular berbasis GSM (Global System for Mobile Communication)
yang selama ini menguasai pasar harus menyiapkan strategi pemasaran
yang lebih efektif dan efisien. Hal tersebut dikarenakan
operator-operator selular berbasis CDMA (Code Division Multiple Access)
telah meramaikan persaingan dalam industri ini dengan potensi
pengembangan teknologi yang lebih menjanjikan jika dibandingkan dengan
teknologi GSM. Kondisi ini mengakibatkan setiap operator harus mampu
mengeksploitasi pasar potensial yang ada di industri ini hingga
pencapaian optimal demi menjaga kelangsungan hidupnya.
Sejarah operator selular di Indonesia berawal pada pertengahan tahun
1993 yang ditandai dengan hadirnya PT. Satelindo sebagai operator
selular GSM pertama di Indonesia. PT. Telekomunikasi Selular menjadi
operator selular kedua di Indonesia yang berdiri pada bulan Mei 1995
dengan menggunakan merek dagang Telkomsel. PT. Excelcomindo Pratama pada
bulan Oktober 1996 menyusul dengan menggunakan merek dagang XL. PT.
Indosat yang menggunakan merek dagang IM3 (Indosat Mobile Multi Media)
ikut meramaikan persaingan dalam industri ini pada tahun 2001. Tahun
2002 PT. Satelindo resmi diambil alih oleh PT. Indosat.
Operator-operator selular berbasis CDMA kemudian menyusul yang diawali
dengan kehadiran TelkomFlexi pada Desember 2002 sebagai merek dagang
dari produk selular CDMA PT. Telekomunikasi Indonesia. PT. Bakrie Telecom menyusul dengan merek dagang Esia pada November 2003, yang kemudian diikuti dengan kehadiran Fren sebagai merek dagang PT. Mobile-8 Telecom pada Desember 2003. PT. Indosat menyusul dengan merek dagang StarOne pada bulan Mei 2004.
Pengaruh Perkembangan Jumlah Pelanggan Kartu XYZ Terhadap Tingkat Pemakaian Pulsa Rata-rata Pelanggan
| Download File Lengkapnya... |
Pengaruh Perkembangan Jumlah Pelanggan Kartu XYZ Terhadap Tingkat Pemakaian Pulsa Rata-rata Pelanggan
| Download File Lengkapnya... |
21.02
Unknown
No comments
Comment With Facebook!
4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Pengaruh Perkembangan Jumlah Pelanggan Kartu XYZ Terhadap Tingkat Pemakaian Pulsa Rata-rata Pelanggan
Rating:
0 komentar:
Posting Komentar