Bab Pendahuluan Tugas Akhir / Skripsi Jurusan Ekonomi
Managemen dengan Judul : Pengaruh Saluran Distribusi Terhadap Volume
Penjualan Pada PT XYZ
Di zaman serba modern ini berbagai bidang dapat di masuki perusahaan
atau industri akibat perubahan yang cepat dalam selera, teknologi, dan
persaingan. Untuk menghadapi persaingan, maka perusahaan perlu
melaksanakan usaha kegiatan pemasaran dengan menggunakan saluran
distribusi yang tepat sehingga tujuan dapat dicapai. Tujuan utama
perusahaan pada intinya sama, yaitu dapat meningkatkan volume penjualan
sehingga laba yang dihasilkan akan terus meningkat, namun tanpa
meninggalkan kepuasan yang dirasakan oleh konsumen.
Perkembangan dunia usaha dewasa ini mengalami peningkatan yang cukup
pesat. Peningkatan itu disebabkan karena kebutuhan manusia yang semakin
kompleks. Sehingga hal ini mendorong perusahaan untuk memenuhi akan
permintaan suatu kebutuhan. Dalam menenuhi permintaan tersebut,
perusahaan harus menghadapi persaingan yang ketat baik untuk perusahaan
yang memproduksi produk sejenis maupun yang berbeda sama sekali. Untuk
dapat menarik konsumen melakukan pembelian, maka perusahaan harus
menerapkan suatu strategi pemasaran yang tepat dengan kondisi pasar yang
dihadapi. Keberhasilan strategi pemasaran dipengaruhi oleh beberapa
faktor yaitu produk, harga, promosi, dan saluran distribusi.
Dalam rangka mempelancar arus barang dan jasa dari pihak produsen ke
konsumen maka salah satu faktor yang sangat penting atau tidak boleh
diabaikan adalah saluran distribusi. Perusahaan menekan pentingnya
saluran distribusi mengingat bahwa cara ini dapat digunakan dan
berfungsi sebagai tolak ukur kemampuan pemasaran di berbagai unit
pemasaran tersebut.
Dalam usaha mencapai tujuan dan sasaran perusahaan di bidang
pemasaran, setiap perusahaan melakukan kegiatan penyaluran atau
distribusi. Penyaluran merupakan kegiatan penyampaian produk sampai ke
tangan pemakai atau konsumen pada waktu yang tepat. Saluran distribusi
adalah sekelompok organisasi yang saling tergantung yang terlibat dalam
proses yang memungkinkan suatu produk atau jasa tersedia bagi penggunaan
atau konsumsi oleh konsumen atau pengguna industrial (Kotler dan
Amstrong, 1994: 6)
Banyaknya cara yang dapat dipakai untuk menyalurkan barang dan jasa
kepada konsumen salah satunya adalah dengan menggunakan jasa saluran
distribusi. Dalam pengambil keputusan untuk menggunakan saluran
distribusi, perusahaan harus memperhatikan faktor yang mempengaruhi
pilihan saluran distribusi. Faktor – faktor tersebut adalah pertimbangan
pasar, pertimbangan produk, pertimbangan perusahaan. Keputusan memilih
saluran distribusi tersebut menuntut kecermatan serta ketelitian yang
tinggi, karena kesalahan dalam memilih saluran distribusi akan
mengganggu proses penyaluran barang sampai ke konsumen sehingga pada
akhirnya akan berpengaruh juga terhadap volume penjualan.
Ternyata permasalahan yang berkaitan dengan produksi barang dan jasa
tersebut dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen, tetapi juga
memerlukan faktor lain dalam hal ini adalah saluran distribusi. Untuk
itu penulis tertarik untuk mengambil judul “Pengaruh Saluran Distribusi
Dengan Volume Penjualan Pada Perusahaan XYZ di YYY”.
| Download File Lengkapnya... |
| Download File Lengkapnya... |
21.03
Unknown
No comments
Comment With Facebook!
4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Pengaruh Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Pada PT XYZ
Rating:
0 komentar:
Posting Komentar