Bab Pendahuluan Tugas Akhir / Skripsi Jurusan Ekonomi
Managemen dengan Judul : Peranan Strategi Pemasaran Dalam Upaya
Meningkatkan Penjualan Produk Jasa Asuransi
Kebutuhan akan jasa asuransi kini makin dirasakan,baik oleh
perorangan maupun dunia usaha di Indonesia. Asuransi merupakan sarana
finansial dalam tata kehidupan rumah tangga, baik dalam menghadapi
resiko yang mendasar seperti resiko kematian, atau dalam menghadapi
resiko atas harta benda yang dimiliki. Demikian pula dunia usaha dalam
menjalankan kegiatannya menghadapi berbagai resiko yang mungkin dapat
mengganggu kesinambungan usahanya.
Dengan mulai membaiknya iklim dan minat masyarakat dalam bidang
asuransi mengakibatkan tingkat persaingan di dunia asuransi menjadi
semakin ketat. Strategi pemasaran merupakan salah satu senjata bagi
perusahaan untuk menghadapi persaingan pasar. Pada dasarnya strategi
pemasaran adalah mencari kecocokan antara kemampuan internal perusahaan
dengan peluang eksternal yang ada di pasar. Mencari kecocokan ini
merupakan tanggung jawab dari bagian pemasaran untuk menerapkan strategi
pemasaran yang sesuai dengan produk yang dihasilkan dan sesuai dengan
dengan segmen pasar yang ingin dituju oleh produk yang diluncurkan.
Mengenali karakteristik pasar dan struktur pasar sangatlah menguntungkan bagi perusahaan untuk dapat tetap bersaing dan survive
(kelangsungan hidup perusahaan). Kelemahan dan keunggulan perusahaan
hendaknya dianalisis sehingga menjadi sebuah titik tolak yang kuat buat
perusahaan dalam mengambil keputusan yang efektif dan efisien serta
untuk memperkuat posisinya dari para pesaing yang ada.
Tujuan utama dari sebuah perusahaan ialah pencapaian profit (laba)
dan hal ini dapat juga sebagai tolak ukur dalam sukses atau tidaknya
sebuah perusahaan dalam pencapaian tujuannya. Selain itu efektifitas dan
efisiensi dalam menjalankan operasional perusahaan juga memegang
peranan penting. Efesiensi yang dimaksud adalah strategi pemasaran yang
dilakukan dengan perhitungan dan pertimbangan yang tepat sehingga tidak
ada pemborosan biaya baik itu dalam operaional maupun dalam biaya
promosi maupun iklan dan efektifitas yang dimaksud ialah pemilihan
stategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan pasar yang dilayani oleh
perusahaan sehingga sasaran yang ditetapkan dapat tercapai.
PT. XYZ sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang
asuransi jiwa bagi masyarakat juga harus menghadapi persaingan yang
cukup ketat dengan perusahaan asuransi lainnya. Agar PT. XYZ dapat
bertahan dan berkembang dengan baik maka PT. XYZ harus dapat menciptakan
kemampuan bersaing baik dalam hal jenis produk, harga maupun segmen
yang dituju sehingga dapat menghasilkan produk yang mampu bersaing dan
memenangkan persaingan.
Dari uraian di atas, penulis tertarik untuk mengetahui bagaimanakah
strategi pemasaran yang dijalankan oleh PT. XYZ dalam menghadapi
persaingan di dunia asuransi. Oleh karena itu penulis memilih judul
skripsi,”PERANAN STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK JASA ASURANSI PADA PT. XYZ”.
| Download File Lengkapnya... |
| Download File Lengkapnya... |
21.04
Unknown
No comments
Comment With Facebook!
4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Peranan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Jasa Asuransi
Rating:
0 komentar:
Posting Komentar