ABSTRAK
Survei Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Siswa Kelas XI dalam Mengikuti Pelajaran Pendidikan Jasmani di SMA Muhammadiyah 1 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007. Skripsi. Jurusan PJKR. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Semarang.
Permasalahan penelitian adalah : Seberapa tinggi faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa kelas XI dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani di SMA Muhammadiyah 1 Semarang ?. Tujuan penelitian Untuk mengetahui seberapa tinggi faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa kelas XI dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani di SMA Muhammadiyah 1 Semarang. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Semarang yang berjumlah 135 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling, yaitu mengambil seluruh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Semarang yang berjumlah 135 siswa sebagai sampel penelitian. Variabel penelitian ini faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala motivasi dan selanjutnya dianalisis menggunakan rumus deskriptif persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor instrinsik pada diri siswa kelas XI SMA Muhammadiah 1 Semarang tahun 2006/2007 mampu mempengaruhi motivasinya dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani dan dalam kategori tinggi (72,27%) sedangkan faktor ekstrinsik juga mampu mempengaruhi motivasinya dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani dalam kategori tinggi pula (67,19%). Tingginya pengaruh faktor intrinsik terhadap motivasi siswa disebabkan siswa telah memiliki derajat kesehatan yang sangat tinggi (80,46%), selain itu mereka juga telah memiliki perhatian yang tinggi pada mata pelajaran pendidikan jasmani (72,56%), memiliki minat yang tinggi dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani (68,59%), serta memiliki bakat dalam bidang olahraga yang tinggi (66,98%). Sedangkan tingginya pengaruh faktor ekstrinsik disebabkan karena metode mengajar guru memiliki variasi yang tinggi (73,52%), alat pelajaran pendidikan jasmani yang ada memiliki inovasi dan tingkat kelengkapan yang tinggi (61,30%), waktu pelajaran memiliki kesesuaian dengan kondisi siswa yang sedang (59,51%) serta kondisi lingkungan memiliki dukungan yang tinggi (70,74%).
Berdasarkan hasil penelitian penulis memberikan saran antara lain : 1) Bagi siswa hendaknya dapat mempertahankan derajat kesehatan, perhatian, minat, dan bakatnya yang telah mampu mempengaruhi motivasinya dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani yang tinggi sebagai upaya pengembangan aspek fisik, psikomotor, kognitif dan psikis/afektif pada dirinya, 2) Bagi guru hendaknya dapat mempertahankan metode mengajarnya yang telah baik serta selalu berinovasi dalam penggunaan metode mengajar maupun sarana prasarana yang ada di sekolah agar mampu memotivasi siswa lebih aktif selama kegiatan pembelajaran berlangsung, dan 3) Bagi sekolah diharapkan untuk senantiasa berusaha meningkatkan sarana dan prasarana dalam mata pelajaran penjas seiring dengan perkembangan teknologi pendidikan jasmani saat ini.
| Download File Lengkapnya... |
| Download File Lengkapnya... |
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
- Peningkatan Prestasi Belajar Fiqih Melalui Metode Modeling The Way Pada Siswa Kelas Viii Mts Negeri Salatiga Th 2010
- Peningkatan Proses Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan metode teknik menghafal pada Siswa SD Negeri 2 Candiroto Temanggung
- Pengaruh Penggunaan Media Visual Compact Disc (VCD) dalam Pemberian Tugas Terstruktur terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Petompon 5, 6 dan 7 pada Pokok Bahasan Pengukuran luas, Keliling dan Berat
- Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Video Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI
- Keefektifan Pendekatan Rational Emotif Therapy Dalam Mengatasi Masalah Emosional
- Pengaruh Prestasi Mata Pelajaran K3 Dan Pengalaman Praktik Industri Terhadap Kesiapan Kerja Pada Siswa Kelas Xii Smk Muda Patria Kalasan
- Pengaruh System Pembelajaran Di Pondok Pesantren Syech Hasan Yamani Kecamatan Campalagian Kabupaten Polman Terhadap Peningkatan Sumber Daya Manusia Dalam Tinjauan Pendidikan Agama Islam
- Penggunaan Media Gambar Dalam Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas II Sd Negeri 2
- Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika
- A Study on the Teaching of English Speaking Using Games To the ninth Year Students of SMPN 3 PARE-KEDIRI
Comment With Facebook!
4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Survei Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Siswa Kelas XI dalam Mengikuti Pelajaran Pendidikan Jasmani di SMA Muhammadiyah 1 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007
Rating:
0 komentar:
Posting Komentar