Follow me on Facebook! Follow me on Twitter!
 7projectsdistro.com - Toko Kaos Distro Online Terlengkap Termurah dan Terpercaya

MANAJEMEN WAKTU PENJADWALAN PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG

PanduanTOEFL Terbaik dengan Metode MindMap
A. Latar Belakang MANAJEMEN WAKTU PENJADWALAN PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG

Tidak dapat dipungkiri bahwa seiring dengan perkembangan zaman, hampir semua kebutuhan ilmu pengetahuan dan teknologi membutuhkan peran ilmu Matematika. Matematika telah menjadi elemen dasar bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hampir dapat dipastikan bahwa setiap kajian dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada, baik ilmu murni maupun terapan, memerlukan peranan Matematika. Matematika sendiri dapat dikaji dan dikembangkan melalui suatu penelitian operasional atau biasa dikenal dengan Riset Operasi (Operation Risearch). Riset Operasi digunakan untuk memecahkan masalah optimasi. Salah satu model dari Riset Operasi adalah Program Linier. Program Linier biasa digunakan dalam bidang industri, transportasi, ekonomi, teknik, perdagangan dan berbagai ilmu lain. Bidang kajian Program Linier yang saat ini banyak digunakan dan dikembangkan oleh orang adalah teori analisis jaringan (network), dimana teori ini membahas persoalan dan pemecahan masalah manajemen proyek, yang menyangkut masalah perencanaan, penjadwalan dan pengendalian proyek, sehingga keberhasilan dalam pelaksanaan proyek untuk selesai tepat pada waktunya adalah tujuan pokok dan utama, baik bagi pihak kontraktor dan pemilik.
Baik Riset Operasi maupun Program Linier, keduanya tidak lepas dari peran serta perkembangan teknologi. Salah satu bukti kemajuan teknologi sekarang adalah kemajuan dunia digital, yaitu kemajuan dalam sistem komputer. Menurut Lauden dan Lauden (2005:205) dalam bukunya yang berjudul “Sistem Informasi Manajemen Mengelola Perusahaan Digital” dikatakan bahwa kekuatan komputasi berlipat ganda setiap delapan belas bulan dan mengakibatkan semakin banyak orang akan bergantung pada sistem komputer untuk menjalankan operasi-operasi yang penting. Jadi dengan semakin meningkatnya kemampuan komputer setiap 18 (delapan belas) bulan, mengakibatkan semakin memungkinkan bagi sebagian besar orang untuk memanfaatkan teknologi dalam menganalisis data.

Dalam menganalisis data dan merencanakan kegiatan suatu proyek, tentunya keterlambatan adalah kondisi yang tidak dikehendaki, karena akan merugikan antara pihak kontraktor dan pemilik proyek, baik dalam segi waktu, biaya maupun tenaga. Seperti halnya proyek besar yang berada di wilayah Universitas Diponegoro (UNDIP) tepatnya di kelurahan Bulusan, kecamatan Tembalang, Semarang. Di kelurahan ini akan didirikan rumah susun sederhana sewa (Rusunawa). Sasaran utama dari pembangunan rumah susun sederhana sewa ini adalah sebagai tempat tinggal sementara bagi mahasiswa baru. Seperti yang telah diketahui, bahwa setiap tahun UNDIP menerima mahasiswa baru dan mengadakan orientasi bagi mahasiswa baru. Untuk menampung mahasiswa baru, UNDIP bekerja sama dengan PT. NUSACIPTA ETIKAPURA membangun suatu tempat singgah sementara, yaitu rumah susun sederhana sewa bagi mahasiswa baru. Rumah susun sederhana sewa ini dibuat khusus untuk menampung mahasiswa baru. Tujuan utama dibangunnya rumah susun sederhana sewa ini adalah mampu menampung mahasiswa baru selama masa orientasi kampus tiba, sehingga dapat dijadikan sebagai tempat pengakraban bagi mahasiswa baru.
Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan peneliti dengan koordinator pelaksana pembangunan gedung rumah susun sederhana sewa di wilayah UNDIP, menerangkan bahwa pembangunan rumah susun sederhana sewa di wilayah UNDIP dibangun dengan biaya negara yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2006 dan terdiri dari 4 gedung utama dan masing-masing gedung terdiri dari empat lantai, dimana setiap lantai terdiri dari 60 kamar. Pekerjaan pembangunan gedung rumah susun sederhana sewa di wilayah UNDIP diharapkan selesai tepat pada waktunya, karena alasan tersebut maka harus ada kegiatan-kegiatan atau jenis pekerjaan yang harus terlebih dahulu dikerjakan atau tidak boleh ditunda pelaksanaannya (kegiatan kritis), sehingga proyek dapat selesai tepat pada waktunya. Dalam pembuatan skripsi yang berjudul “Manajemen Waktu Penjadwalan Proyek Pembangunan Gedung (Kasus Rumah Susun Sederhana Sewa Wilayah UNDIP)” akan dibahas tentang perencanaan waktu penjadwalan proyek (waktu penyelesaian seluruh proyek) dengan menggunakan PERT-CPM serta penggunaan Lindo dan Microsoft Project, sehingga dapat diketahui kegiatan/pekerjaan mana saja yang harus dikerjakan terlebih dahulu atau tidak boleh ditunda pelaksanaannya (kegiatan kritis), agar jadwal proyek teroptimalisasi dengan baik, sehingga keterlambatan dapat dikendalikan dan dihindari. Bila waktu merupakan faktor yang sangat menentukan keberhasilan suatu proyek, maka kegiatan kritis inilah yang perlu dikendalikan. Seperti yang diketahui, metode PERT CPM hanya merupakan suatu alat perencanaan dan pengawasan, karena alat ini juga memerlukan suatu cara atau sistem pendukung, sehingga akan didapatkan suatu hasil yang optimal. Pada umumnya, terjadinya kegagalan dalam pelaksanaan suatu proyek menunjukan bahwa pengelolaan proyek belum/tidak dipraktikan sesuai dengan perencanaan dan pengawasan yang matang dan bertanggung jawab. Tidak dapat dipungkiri, bahwa dengan banyaknya aplikasi software pendukung untuk sistem manajemen proyek, mempermudah kontraktor untuk menyelesaikan suatu proyek. Oleh sebab itu, diharapkan dari penelitian ini dapat dipilih alat bantu/software yang lebih baik untuk dipakai sebagai dasar pertimbangan dalam memperbaiki cara-cara lama yang sering menimbulkan kegagalan dalam proyek.

B. Permasalahan
Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang akan diteliti sebagai berikut:
1. Bagaimana menentukan kegiatan-kegiatan kritis pada proyek pembangunan rumah susun sederhana sewa di wilayah UNDIP agar waktu penyelesaian dapat optimal dengan menggunakan PERT-CPM?
2. Apakah ada perbedaan perhitungan waktu dalam menentukan lintasan/kegiatan kritis dengan PERT CPM, Lindo, Microsoft Project dan Microsoft Excel yang digunakan oleh kontraktor?

Like Skripsi Ini :

Baca Juga Judul Menarik Lainnya di Bawah INI :

Comment With Facebook!

Rating: 4.5 | Reviewer: Fakhrian Amrullah | ItemReviewed: MANAJEMEN WAKTU PENJADWALAN PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG