Follow me on Facebook! Follow me on Twitter!
 7projectsdistro.com - Toko Kaos Distro Online Terlengkap Termurah dan Terpercaya

Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Pengurangan Dengan Teknik Meminjam Bilangan 50 sampai 100 Menggunakan Metode Demonstrasi Dengan Memanfaatkan Alat Peraga Kantong Nilai Tempat Pada Siswa Kelas I Semester II SD Tembalang 01 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang

PanduanTOEFL Terbaik dengan Metode MindMap
A. Alasan Pemilihan Judul
Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Pengurangan Dengan Teknik Meminjam Bilangan 50 sampai 100 Menggunakan Metode Demonstrasi Dengan Memanfaatkan Alat Peraga Kantong Nilai Tempat Pada Siswa Kelas I Semester II SD Tembalang 01 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang

Pendidikan yang diberikan kepada anak harus dilaksanakan sedini mungkin dan berlangsung seumur hidup. Pendidikan merupakan tanggung jawab orang tua, masyarakat dan pemerintah. Lembaga pendidikan sangat diperlukan untuk meningkatkan kwalitas sumber daya manusia, agar dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya menggunakan pengetahuan yang diperolehnya. Pendidikan matematika di Sekolah Dasar sangat penting, karena merupakan pondasi untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya. Dulu pemerintah mencanangkan wajib belajar 6 tahun atau setingkat Sekolah Dasar. Dengan kemajuan jaman yang sangat pesat, pemerintah mencanangkan wajib belajar 9 tahun atau setingkat SLTP yang dicanangkan mulai tanggal 2 Mei 1994. Matematika merupakan displin ilmu yang mempunyai sifat khas, bila dibandingkan dengan disiplin ilmu yang lain. Maka pembelajaran matematika sebaiknya tidak disamakan dengan ilmu yang lain. Dalam kehidupan sehari-hari matematika berperan sangat penting untuk menyelesaikan berbagai masalah. Di dalam matematika operasi penjumlahan dan pengurangan memegang peranan penting, karena merupakan dasar yang harus dimiliki oleh seseorang untuk mempelajari matematika lebih lanjut.

Untuk mengajarkan konsep operasi penjumlahan dan pengurangan di kelas 1 Sekolah Dasar harus dilakukan dengan benar. Dengan kurangnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal pengurangan dengan teknik meminjam, maka akan berakibat, siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan pengurangan dengan teknik meminjam akan mengalami masalah. Sebagai contoh: anak tersebut disuruh ibunya belanja ke warung, uangnya sisa maka kembalinya berapa? Dan uang kembalian yang dia terima dari penjual benar apa salah? Jika anak tersebut tidak tahu, maka diterima saja tanpa memperdulikan apakah uang kembaliannya benar atau salah? Dalam mempelajari matematika, harus ada subyek yang diberi pelajaran dan subyek yang memberi pelajaran. Subyek yang diberi pelajaran adalah peserta didik dan subyek yang memberi pelajaran adalah orang tua, guru atau orang lain yang dianggap mampu mentransfer matematika kepada anak. Pengajar di sini bukan saja orang yang bertatap muka langsung dengan anak, melainkan juga bisa melalui media, seperti buku, modul, dan lain-lain.

 Tujuan mengajar matematika adalah agar pengetahuan matematika yang disampaikan kepada anak dapat dipahami oleh anak. Dengan demikian akan diketahui bahwa cara mengajar yang baik akan menghasilkan hasil belajar yang baik pula. Pada anak usia 7-11 tahun adalah tahapan umur anak- anak yang akan memahami konsep matematika yang dibantu dengan benda- benda konkrit. Untuk itu alat peraga sangat penting peranannya dalam Berdasarkan pengalaman peneliti dalam mengajar kelas I di SD Tembalang 01 selama 8 tahun, sebagian besar peserta didik kelas I kurang memahami soal pengurangan dengan teknik meminjam. Pada materi ini, rata- rata nilai tidak lebih dari 5,0, sedangkan pada materi penjumlahan dengan teknik menyimpan nilai rata-ratanya lebih tinggi. Karena hasil belajar matematika peserta didik SD Tembalang 01 khususnya kelas I terbukti lebih rendah dibandingkan dengan pelajaran yang lain, maka peneliti ingin meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pengurangan dengan teknik meminjam. Dari permasalahan tersebut, perlu adanya suatu penelitian untuk mengatasinya, yaitu dengan menerapkan suatu strategi pembelajaran yang tepat agar dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa untuk menyelesaikan soal pengurangan dengan teknik meminjam. Dalam penelitian ini akan diterapkan metode demonstrasi dengan memanfaatkan alat peraga kantong nilai tempat. Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti menyadari pentingnya mengadakan penelitian tindakan kelas dengan judul “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENGURANGAN DENGAN TEKNIK MEMINJAM BILANGAN 50 SAMPAI 100 MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MEMANFAATKAN ALAT PERAGA KANTONG NILAI TEMPAT PADA SISWA KELAS I SEMESTER II SD TEMBALANG 01

B. Permasalahan
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: apakah pembelajaran pengurangan dengan teknik meminjam bilangan 50 sampai 100 dengan metode demonstrasi, memanfaatkan alat peraga kantong nilai tempat dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik kelas 1 semester II di SD Tembalang 01 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang?
C. Cara Pemecahan Masalah
Agar dapat memecahkan masalah tersebut di atas, akan digunakan metode demonstrasi yang memanfaatkan alat peraga kantong nilai tempat, untuk mencapai minimal tiga tujuan pembelajaran yang sangat penting, yaitu hasil belajar akademik, pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan pengembangan pada ketrampilan pengurangan yang lebih tinggi. Peneliti akan menggunakan alat peraga kantong nilai tempat. Kantong nilai tempat ini digunakan, disesuaikan dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) yang mana soal-soal pengurangan dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik dimulai dari hal yang sederhana sesuai dengan lingkungan yang ada di sekitar siswa SD Tembalang 01 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. Dengan demikian diharapkan pembelajaran lebih bermakna. Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 2 siswa. Sebelum siswa mengerjakan tugas masing-masing, guru menjelaskan cara penggunaan alat peraga tersebut. Kemudian masing-masing kelompok diberi tugas untuk menyelesaikan soal. Tiap kelompok melaporkan hasil tugasnya dengan menggunakan alat peraga.
membantu untuk memahami matematika yang bersifat abstrak.

Like Skripsi Ini :

Baca Juga Judul Menarik Lainnya di Bawah INI :

Comment With Facebook!

Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Pengurangan Dengan Teknik Meminjam Bilangan 50 sampai 100 Menggunakan Metode Demonstrasi Dengan Memanfaatkan Alat Peraga Kantong Nilai Tempat Pada Siswa Kelas I Semester II SD Tembalang 01 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang