A. Alasan Pemilihan Judul
Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Pengurangan Dengan Teknik Meminjam Bilangan 50 sampai 100 Menggunakan Metode Demonstrasi Dengan Memanfaatkan Alat Peraga Kantong Nilai Tempat Pada Siswa Kelas I Semester II SD Tembalang 01 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang
Pendidikan yang diberikan kepada anak harus dilaksanakan sedini
mungkin dan berlangsung seumur hidup. Pendidikan merupakan tanggung
jawab orang tua, masyarakat dan pemerintah. Lembaga pendidikan sangat
diperlukan untuk meningkatkan kwalitas sumber daya manusia, agar dapat
mempertahankan kelangsungan hidupnya menggunakan pengetahuan yang
diperolehnya.
Pendidikan matematika di Sekolah Dasar sangat penting, karena
merupakan pondasi untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya.
Dulu pemerintah mencanangkan wajib belajar 6 tahun atau setingkat Sekolah
Dasar. Dengan kemajuan jaman yang sangat pesat, pemerintah mencanangkan
wajib belajar 9 tahun atau setingkat SLTP yang dicanangkan mulai tanggal 2
Mei 1994.
Matematika merupakan displin ilmu yang mempunyai sifat khas, bila
dibandingkan dengan disiplin ilmu yang lain. Maka pembelajaran matematika
sebaiknya tidak disamakan dengan ilmu yang lain.
Dalam kehidupan sehari-hari matematika berperan sangat penting
untuk menyelesaikan berbagai masalah. Di dalam matematika operasi
penjumlahan dan pengurangan memegang peranan penting, karena merupakan
dasar yang harus dimiliki oleh seseorang untuk mempelajari matematika lebih
lanjut.
Untuk mengajarkan konsep operasi penjumlahan dan pengurangan di
kelas 1 Sekolah Dasar harus dilakukan dengan benar.
Dengan kurangnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal
pengurangan dengan teknik meminjam, maka akan berakibat, siswa dalam
menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan pengurangan dengan
teknik meminjam akan mengalami masalah. Sebagai contoh: anak tersebut
disuruh ibunya belanja ke warung, uangnya sisa maka kembalinya berapa?
Dan uang kembalian yang dia terima dari penjual benar apa salah? Jika anak
tersebut tidak tahu, maka diterima saja tanpa memperdulikan apakah uang
kembaliannya benar atau salah?
Dalam mempelajari matematika, harus ada subyek yang diberi
pelajaran dan subyek yang memberi pelajaran. Subyek yang diberi pelajaran
adalah peserta didik dan subyek yang memberi pelajaran adalah orang tua,
guru atau orang lain yang dianggap mampu mentransfer matematika kepada
anak. Pengajar di sini bukan saja orang yang bertatap muka langsung dengan
anak, melainkan juga bisa melalui media, seperti buku, modul, dan lain-lain.
Tujuan mengajar matematika adalah agar pengetahuan matematika
yang disampaikan kepada anak dapat dipahami oleh anak. Dengan demikian
akan diketahui bahwa cara mengajar yang baik akan menghasilkan hasil
belajar yang baik pula. Pada anak usia 7-11 tahun adalah tahapan umur anak-
anak yang akan memahami konsep matematika yang dibantu dengan benda-
benda konkrit. Untuk itu alat peraga sangat penting peranannya dalam
Berdasarkan pengalaman peneliti dalam mengajar kelas I di SD
Tembalang 01 selama 8 tahun, sebagian besar peserta didik kelas I kurang
memahami soal pengurangan dengan teknik meminjam. Pada materi ini, rata-
rata nilai tidak lebih dari 5,0, sedangkan pada materi penjumlahan dengan
teknik menyimpan nilai rata-ratanya lebih tinggi. Karena hasil belajar
matematika peserta didik SD Tembalang 01 khususnya kelas I terbukti lebih
rendah dibandingkan dengan pelajaran yang lain, maka peneliti ingin
meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pengurangan dengan
teknik meminjam.
Dari permasalahan tersebut, perlu adanya suatu penelitian untuk
mengatasinya, yaitu dengan menerapkan suatu strategi pembelajaran yang
tepat agar dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa untuk
menyelesaikan soal pengurangan dengan teknik meminjam. Dalam penelitian
ini akan diterapkan metode demonstrasi dengan memanfaatkan alat peraga
kantong nilai tempat.
Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti menyadari pentingnya
mengadakan penelitian tindakan kelas dengan judul “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENGURANGAN DENGAN TEKNIK MEMINJAM BILANGAN 50 SAMPAI 100 MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MEMANFAATKAN ALAT PERAGA KANTONG NILAI TEMPAT PADA SISWA KELAS I SEMESTER II SD TEMBALANG 01
B. Permasalahan
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: apakah pembelajaran
pengurangan dengan teknik meminjam bilangan 50 sampai 100 dengan
metode demonstrasi, memanfaatkan alat peraga kantong nilai tempat dapat
meningkatkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik kelas 1 semester II di
SD Tembalang 01 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang?
C. Cara Pemecahan Masalah
Agar dapat memecahkan masalah tersebut di atas, akan digunakan
metode demonstrasi yang memanfaatkan alat peraga kantong nilai tempat,
untuk mencapai minimal tiga tujuan pembelajaran yang sangat penting, yaitu
hasil belajar akademik, pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan
pengembangan pada ketrampilan pengurangan yang lebih tinggi.
Peneliti akan menggunakan alat peraga kantong nilai tempat. Kantong
nilai tempat ini digunakan, disesuaikan dengan pendekatan CTL (Contextual
Teaching and Learning) yang mana soal-soal pengurangan dikaitkan dengan
kehidupan sehari-hari peserta didik dimulai dari hal yang sederhana sesuai
dengan lingkungan yang ada di sekitar siswa SD Tembalang 01 Kecamatan
Banyumanik Kota Semarang. Dengan demikian diharapkan pembelajaran
lebih bermakna. Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil yang terdiri
dari 2 siswa. Sebelum siswa mengerjakan tugas masing-masing, guru
menjelaskan cara penggunaan alat peraga tersebut. Kemudian masing-masing
kelompok diberi tugas untuk menyelesaikan soal. Tiap kelompok melaporkan
hasil tugasnya dengan menggunakan alat peraga.
membantu untuk memahami matematika yang bersifat abstrak.
14.38
Unknown
Comment With Facebook!
4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Pengurangan Dengan Teknik Meminjam Bilangan 50 sampai 100 Menggunakan Metode Demonstrasi Dengan Memanfaatkan Alat Peraga Kantong Nilai Tempat Pada Siswa Kelas I Semester II SD Tembalang 01 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang
Rating: