Follow me on Facebook! Follow me on Twitter!
 7projectsdistro.com - Toko Kaos Distro Online Terlengkap Termurah dan Terpercaya

Meningkatkan Pemahaman Konsep tentang Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan melalui Pemanfaatan Alat Peraga dan Lembar Kerja Pada Siswa Kelas IV SD Wonosari 02 Semarang

PanduanTOEFL Terbaik dengan Metode MindMap
A. Latar Belakang Masalah Meningkatkan Pemahaman Konsep tentang Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan melalui Pemanfaatan Alat Peraga dan   Lembar Kerja Pada Siswa Kelas IV SD Wonosari 02 Semarang

Mata pelajaran Matematika berfungsi untuk mengembangkan kemampuan untuk berkomunikasi dengan menggunakan bilangan-bilangan dan simbol-simbol serta ketajaman penalaran yang dapat membantu memperjelas dan menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan Matematika di sekolah dasar mengutamakan agar siswa mengenal, memahami, serta mahir menggunakan bilangan dalam kaitannya dengan praktek dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan sehari-hari sering dijumpai banyak istilah mengenai pembagian. Misalnya, jika ada seorang ibu yang menggoreng telur dadar kemudian dibagikan kepada empat orang anaknya dengan pembagian yang sama, maka untuk setiap anak akan mendapatkan seperempat bagian telur dadar tersebut. Pada soal cerita di atas dapat dituliskan menjadi kalimat matematika sebagai berikut, 1 : 4 atau dapat dituliskan termasuk sebagai pecahan.1/4 . Dalam bahasa matematika bilangan Pecahan adalah suatu bilangan cacah yang digunakan untuk menyatakan banyaknya anggota suatu himpunan, kini diperkenalkan lagi hal baru yaitu bilangan yang digunakan untuk menyatakan bagian-bagian benda, jika benda itu dibagi-bagi menjadi beberapa bagian yang sama (Sugiarto, 2006: 36). Berdasarkan definisi pecahan di atas, dapat disimpulkan bahwa sesuatu yang berhubungan dengan pembagian tidak akan terlepas dengan suatu bilangan 1/4 pecah atau juga sering kita sebut dengan nilai pecahan. Melihat pentingnya pemahaman tentang pecahan, pembelajaran dengan pokok bahasan pecahan tersebut sudah dijumpai mulai dari pendidikan di Sekolah Dasar. Banyak metode dan cara yang digunakan untuk mengajarkannya, di antaranya adalah dengan menggunakan media peraga yang berupa media visual atau alat peraga. Melalui penggunaan media tersebut diharapkan siswa akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru. Menurut Piaget perkembangan mental anak Sekolah Dasar (SD) berada pada tingkat operasi konkret. Pada tahap ini pekerjaan-pekerjaan logis dapat dilakukan dengan bantuan benda-benda konkret (Anonim, 1997: 21). Sedangkan menurut Brunner, anak usia SD, untuk mendapatkan daya tangkap dan daya serapnya yang meliputi ingatan, pemahaman dan penerapan masih memerlukan mata dan tangan. Mata berfungsi untuk mengamati, sedangkan tangan berfungsi untuk meraba. Dengan demikian dalam pendidikan matematika dituntut adanya benda konkret yang merupakan ide-ide matematika dan juga benda konkret yang dapat digunakan untuk penerapan matematika. Pada beberapa waktu yang lalu media pembelajaran masih jarang digunakan, karena materi yang diberikan pada siswa hanya mengacu pada rumus yang sudah ada. Kreativitas dan pemahaman siswa menjadi terhambat karenanya. Namun sesuai dengan Kurikulum 2004, dimana kreativitas dan logika siswa sangat dituntut untuk menjadi lebih baik. Dengan demikian peneliti sebagai seorang guru juga merasa tertantang untuk meningkatkan sarana pembelajaran yang sudah ada menjadi lebih baik lagi.

Pada angkatan tahun lalu di SD Wonosari 02 rata-rata hasil belajar siswa pada pokok bahasan pecahan adalah 57. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya peningkatan hasil belajar siswa terutama pada pokok bahasan tersebut. Pada penelitian ini diimplementasikan pembelajaran melalui pemanfaatan alat peraga dan Lembar Kerja Siswa. B. Permasalahan
Berdasarkan latar belakang di atas, dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: Apakah melalui pemanfaatan alat peraga dan lembar kerja dapat meningkatkan pemahaman konsep tentang pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas IV SD Wonosari 02 tahun ajaran 2006/2007 Semarang?
C. Cara Pemecahan Masalah
Strategi pembelajaran yang efektif dengan adanya interaksi dua arah antara siswa dengan guru sangat mendukung suatu pembelajaran yang optimal. Proses belajar mengajar akan terhambat jika guru tidak dapat menciptakan suatu kreativitas dalam strategi pembelajarannya. Misalnya dengan menggunakan alat peraga dan lembar kerja siswa maka diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar.
D. Penegasan Istilah
Penegasan istilah dalam judul skripsi ini ditujukan agar tidak terjadi salah tafsir dalam memberi gambaran yang lebih jelas terhadap obyek-obyek penelitian. Istilah-istilah yang digunakan adalah :
1. Konsep
Suatu konsep matematika adalah suatu ide abstrak yang memungkinkan kita mengklasifikasikan obyek-obyek atau peristiwa-peristiwa serta mengklasifikasikan apakah obyek-obyek dan peristiwa-peristiwa itu termasuk atau tidak termasuk ke dalam ide abstrak tersebut.
2. Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan
Pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan adalah pokok bahasan yang diajarkan di kelas IV semester 2 meliputi penjumlahan pecahan berpenyebut sama, penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama. Pengurangan pecahan berpenyebut sama, dan pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama.
3. Alat Peraga
Alat peraga adalah alat bantu pembelajaran untuk mengurangi atau menghindari kemungkinan-kemungkinan terjadi salah komunikasi. Pendapat Darhim (1985: 5) menyatakan bahwa alat peraga yang penggunaannya diintegrasikan dengan isi pengajaran yang telah tertuang dalam GBPP bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran.
4. Lembar Kerja Siswa
Lembar Kerja Siswa adalah duplikat yang dibagikan kepada siswa di satu kelas untuk melakukan kegiatan belajar mengajar. Lembar kerja terstruktur dirancang untuk membimbing siswa dalam suatu program kerja atau pelajaran dengan sedikit atau sama sekali tanpa bantuan guru untuk mencapai sasaran yang dituju dalam pelajaran itu.

Like Skripsi Ini :

Baca Juga Judul Menarik Lainnya di Bawah INI :

Comment With Facebook!

Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Meningkatkan Pemahaman Konsep tentang Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan melalui Pemanfaatan Alat Peraga dan Lembar Kerja Pada Siswa Kelas IV SD Wonosari 02 Semarang