A. Latar Belakang Meningkatkan Keterampilan Berhitung Siswa Kelas III SD Kranggan Ambarawa Tahun Ajaran 2006/2007 Melalui Implementasi Pembelajaran Kooperatif type Jigsaw Dengan Memanfaatkan Kartu Bilangan Pada Pokok Pembahasan Perkalian
Pengajaran Matematika Pendidikan Dasar terutama di sekolah
dasar mempunyai peran yang sangat penting, karena pendidikan dasar
merupakan pondasi untuk pendidikan selanjutnya yaitu pendidikan
menengah dan pendidikan tinggi. Oleh karena itu, pembelajaran
matematika di sekolah dasar semenarik mungkin dan mudah dipahami
siswa, sehingga membuat siswa sekolah dasar menyukai matematika.
Karena konsep dasar matematika bersifat abstrak, maka untuk
memudahkan siswa yang berusia antara 7-12 tahun dalam belajar
matematika perlu bantuan benda-benda konkret dan peristiwa nyata,
yang diakui oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari yang sangat erat
dengan aspek kehidupan. Sebagai contoh, siswa membeli sesuatu yang
lebih dari satu, yang ada hubungannya dengan operasi perkalian.
Berdasarkan pengalaman mengajar guru kelas III SD Kranggan
Ambarawa bahwa 50 % dari siswa kelas III masih belum dapat
menyelesaikan soal perkalian dengan baik. Hasil pembelajaran
matematika 2 tahun terakhir dapat dilihat pada tabel berikut.
Berdasarkan tabel keberhasilan siswa, maka matematika
merupakan pelajaran sulit dan menakutkan, sehingga nilai rata-rata
prestasi sangat rendah. Jika dibandingkan dengan pelajaran yang lain,
maka sebagai guru agar mampu melaksanakan pembelajaran matematika
dengan baik perlu latihan membuat serta mengembangkan alat peraga,
sehingga ketika mengajar dalam menanamkan konsep baru mudah
dipahami dan diingat oleh siswa, sehingga proses penyajian materi
menjadi efektif dan efisien. Selain itu guru juga harus memberi motivasi
siswa untuk mempelajari materi itu.
Setelah konsep perkalian tertanam, banyak guru yang
menerapkan metode driil untuk memantapkan hasil belajar siswa. Dari
metode driil siswa dilatih untuk menghafal hasil kali perkalian dasar,
untuk ini sementara siswa dapat hafal, tetapi kita tidak tahu berapa
lamanya siswa dapat mengingat angka-angka hasil perkalian.
Dalam mempelajari konsep matematika kemampuan mengingat
sangat diperlukan karena dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.
Selain itu untuk menanamkan konsep perkalian pada pokok bahasan ini
perlu suatu perlakuan yang dapat membantu siswa agar dapat mengingat
hasil perkalian sehingga siswa dapat mencapai hasil yang maksimal,
tetapi ada kemungkinan penyebab “lupa” dari siswa pada hasil perkalian
antara lain : kemampuan daya ingat siswa, penggunaan alat peraga yang
kurang maksimal, kurang terlibatnya siswa dalam proses pembelajaran,
serta kurangnya kemampuan guru untuk melibatkan siswa dalam proses
kegiatan belajar dan mengajar, sehingga proses kegiatan belajar
mengajar kurang bermakna. Dengan melibatkan siswa secara kelompok
dalam proses belajar mengajar melalui pembuatan dan penggunaan kartu
bilangan secara kelompok dapat membuat pembelajaran menjadi
bermakna.
B. Permasalahan
Berdasarkan latar belakang diatas dapat dirumuskan
permasalahan sebagai berikut.
Apakah melalui implementasi pembelajaran kooperatif type jigsaw
dengan memanfaatkan kartu bilangan dapat meningkatkan keterampilan
berhitung siswa Kelas III SD Kranggan Ambarawa pada pokok bahasan
perkalian.
C. Penegasan Istilah
Untuk menghindari persepsi yang berbeda tentang judul di atas
yaitu meningkatkan keterampilan berhitung dengan memanfaatkan kartu
bilangan pada pokok bahasan perkalian. Bilangan istilah perlu dijelaskan
sebagai berikut.
1. Keterampilan berhitung artinya kemampuan dalam menggunakan
operasi hitung dalam matematika.
Dalam penelitian ini keterampilan berhitung yang dimaksud adalah
perkalian.
2. Pembelajaran kooperatif adalah strategi belajar mengajar yang
bermanfaat dengan jalan mengelompokkan siswa dengan tingkat
kemampuan yang berbeda ke dalam kelompok kecil.
3. Kartu bilangan
Kartu : kertas tebal yang berbentuk persegi panjang (tetapi dapat di
bentuk sesuai dengan kebutuhan bilangan).
Kartu bilangan artinya kertas tebal yang dibentuk sesuai dengan
kebutuhan, dalam hal ini berbentuk bunga dengan jumlah
kelompoknya 10 buah bagian kelopak bunga berisi nohtah-nohtah
yang mewakili bilangan yang dikalikan.
14.17
Unknown
Comment With Facebook!
4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Meningkatkan Keterampilan Berhitung Siswa Kelas III SD Kranggan Ambarawa Tahun Ajaran 2006/2007 Melalui Implementasi Pembelajaran Kooperatif type Jigsaw Dengan Memanfaatkan Kartu Bilangan Pada Pokok Pembahasan Perkalian
Rating: