Follow me on Facebook! Follow me on Twitter!
 7projectsdistro.com - Toko Kaos Distro Online Terlengkap Termurah dan Terpercaya

Meningkatkan Keterampilan Berhitung Siswa Kelas III SD Kranggan Ambarawa Tahun Ajaran 2006/2007 Melalui Implementasi Pembelajaran Kooperatif type Jigsaw Dengan Memanfaatkan Kartu Bilangan Pada Pokok Pembahasan Perkalian

PanduanTOEFL Terbaik dengan Metode MindMap
A. Latar Belakang Meningkatkan Keterampilan Berhitung Siswa Kelas III SD Kranggan Ambarawa Tahun Ajaran 2006/2007 Melalui Implementasi Pembelajaran Kooperatif type Jigsaw Dengan Memanfaatkan Kartu Bilangan Pada Pokok Pembahasan Perkalian

Pengajaran Matematika Pendidikan Dasar terutama di sekolah dasar mempunyai peran yang sangat penting, karena pendidikan dasar merupakan pondasi untuk pendidikan selanjutnya yaitu pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Oleh karena itu, pembelajaran matematika di sekolah dasar semenarik mungkin dan mudah dipahami siswa, sehingga membuat siswa sekolah dasar menyukai matematika. Karena konsep dasar matematika bersifat abstrak, maka untuk memudahkan siswa yang berusia antara 7-12 tahun dalam belajar matematika perlu bantuan benda-benda konkret dan peristiwa nyata, yang diakui oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari yang sangat erat dengan aspek kehidupan. Sebagai contoh, siswa membeli sesuatu yang lebih dari satu, yang ada hubungannya dengan operasi perkalian. Berdasarkan pengalaman mengajar guru kelas III SD Kranggan Ambarawa bahwa 50 % dari siswa kelas III masih belum dapat menyelesaikan soal perkalian dengan baik. Hasil pembelajaran matematika 2 tahun terakhir dapat dilihat pada tabel berikut. Berdasarkan tabel keberhasilan siswa, maka matematika merupakan pelajaran sulit dan menakutkan, sehingga nilai rata-rata prestasi sangat rendah. Jika dibandingkan dengan pelajaran yang lain, maka sebagai guru agar mampu melaksanakan pembelajaran matematika dengan baik perlu latihan membuat serta mengembangkan alat peraga, sehingga ketika mengajar dalam menanamkan konsep baru mudah dipahami dan diingat oleh siswa, sehingga proses penyajian materi menjadi efektif dan efisien. Selain itu guru juga harus memberi motivasi siswa untuk mempelajari materi itu.

Setelah konsep perkalian tertanam, banyak guru yang menerapkan metode driil untuk memantapkan hasil belajar siswa. Dari metode driil siswa dilatih untuk menghafal hasil kali perkalian dasar, untuk ini sementara siswa dapat hafal, tetapi kita tidak tahu berapa lamanya siswa dapat mengingat angka-angka hasil perkalian. Dalam mempelajari konsep matematika kemampuan mengingat sangat diperlukan karena dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Selain itu untuk menanamkan konsep perkalian pada pokok bahasan ini perlu suatu perlakuan yang dapat membantu siswa agar dapat mengingat hasil perkalian sehingga siswa dapat mencapai hasil yang maksimal, tetapi ada kemungkinan penyebab “lupa” dari siswa pada hasil perkalian antara lain : kemampuan daya ingat siswa, penggunaan alat peraga yang kurang maksimal, kurang terlibatnya siswa dalam proses pembelajaran, serta kurangnya kemampuan guru untuk melibatkan siswa dalam proses kegiatan belajar dan mengajar, sehingga proses kegiatan belajar mengajar kurang bermakna. Dengan melibatkan siswa secara kelompok dalam proses belajar mengajar melalui pembuatan dan penggunaan kartu bilangan secara kelompok dapat membuat pembelajaran menjadi bermakna.

B. Permasalahan
Berdasarkan latar belakang diatas dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut.
Apakah melalui implementasi pembelajaran kooperatif type jigsaw dengan memanfaatkan kartu bilangan dapat meningkatkan keterampilan berhitung siswa Kelas III SD Kranggan Ambarawa pada pokok bahasan perkalian.

C. Penegasan Istilah
Untuk menghindari persepsi yang berbeda tentang judul di atas yaitu meningkatkan keterampilan berhitung dengan memanfaatkan kartu bilangan pada pokok bahasan perkalian. Bilangan istilah perlu dijelaskan sebagai berikut.
1. Keterampilan berhitung artinya kemampuan dalam menggunakan operasi hitung dalam matematika.
Dalam penelitian ini keterampilan berhitung yang dimaksud adalah perkalian.
2. Pembelajaran kooperatif adalah strategi belajar mengajar yang bermanfaat dengan jalan mengelompokkan siswa dengan tingkat kemampuan yang berbeda ke dalam kelompok kecil.
3. Kartu bilangan
Kartu : kertas tebal yang berbentuk persegi panjang (tetapi dapat di bentuk sesuai dengan kebutuhan bilangan).
Kartu bilangan artinya kertas tebal yang dibentuk sesuai dengan kebutuhan, dalam hal ini berbentuk bunga dengan jumlah kelompoknya 10 buah bagian kelopak bunga berisi nohtah-nohtah yang mewakili bilangan yang dikalikan.

Like Skripsi Ini :

Baca Juga Judul Menarik Lainnya di Bawah INI :

Comment With Facebook!

Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Meningkatkan Keterampilan Berhitung Siswa Kelas III SD Kranggan Ambarawa Tahun Ajaran 2006/2007 Melalui Implementasi Pembelajaran Kooperatif type Jigsaw Dengan Memanfaatkan Kartu Bilangan Pada Pokok Pembahasan Perkalian