Follow me on Facebook! Follow me on Twitter!
 7projectsdistro.com - Toko Kaos Distro Online Terlengkap Termurah dan Terpercaya

Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Di Perpustakaan Universitas Surakarta

PanduanTOEFL Terbaik dengan Metode MindMap
1.1 LATAR BELAKANG MASALAH Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Di Perpustakaan Universitas Surakarta

Perpustakaan berkembang dengan pesat dan dinamis, sistem manualnya dirasakan tidak lagi memadai untuk penanganan beban kerja, khususnya kegiatan rutin dalam bidang pengadaan, pengatalogan, dan pengawasan sirkulasi. Keadaan demikian menuntut penggunaan sistem informasi berbasis teknologi komputer atau CBIS (Computer Base Information System). Perpustakaan Universitas Surakarta sebagai instansi yang menyediakan bahan-bahan pustaka sebagai sumber informasi memerlukan sistem komputerisasi untuk mengolah data dan untuk melakukan kegiatan kerja perpustakaan. Hal tersebut dilakukan karena perpustakaan Universitas Surakarta belum memanfaatkan sistem komputer secara efektif untuk melakukan kegiatan kerjanya, sedangkan pengunjung yang ingin mendapatkan sumber-sumber informasi semakin lama semakin bertambah. Kemudahan pengunjung untuk mendaftar, mendapatkan informasi tentang bahan pustaka dan untuk melakukan transaksi peminjaman bahan pustaka menjadi suatu hal yang perlu diperhatikan. Selain hal-hal tersebut dengan komputerisasi juga akan membantu pihak manajemen dalam pengambilan keputusan. Berdasarkan permasalahan itulah maka diusulkan adanya pembaharuan sistem lama kedalam sistem informasi yang baru dengan teknologi komputer berbasis web.

1.2 PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang tersebut maka perumusan masalah yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah; bagaimana membangun sistem informasi perpustakaan berbasis web di Perpustakaan Universitas Surakarta?

1.3 BATASAN MASALAH
Penelitian ini menyajikan sistem informasi perpustakaan berbasis web di perpustakaan Universitas Surakarta dalam bidang pengatalogan dan pengawasan sirkulasi.

1.4 TUJUAN PENELITIAN
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi kerja perpustakaan yang semula menggunakan sistem manual menjadi sistem informasi berbasis teknologi komputer atau CBIS (Computer Base Information System).

1.5 MANFAAT PENELITIAN
1. Membantu petugas perpustakaan dalam melakukan pengolahan data di perpustakaan Universitas Surakarta.
2. Memberikan kemudahan pengunjung untuk mendapatkan informasi-informasi bahan pustaka dan memberikan kemudahan dalam melakukan pendaftaran dan melakukan transaksi peminjaman atau pengembalian bahan pustaka

1.6 METODOLOGI PENELITIAN
Dalam penulisan ini menggunakan beberapa cara sebagai berikut :
a. Studi kepustakaan
Merupakan cara pengumpulan data dengan mempelajari literatur, paket modul dan panduan, buku-buku pedoman, buku-buku perpustakaan dan segala kepustakaan lainnya yang dianggap perlu dan mendukung
b. Metode observasi
Yaitu metode untuk mendapatkan data dengan melakukan pengamatan langsung dan pencatatan secara sistematis terhadap gejala atau fenomena yang terkait tanpa mengajukan pertanyaan
c. Metode wawancara
Metode ini dilakukan kepada nara sumber dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mendukung permasalahan. Wawancara dilakukan pada nara sumber ataupun ahli yang mendukung permasalahan.
d. Metode analisis sistem
Data yang terkumpul melalui instrument pengumpulan data akan dianalisis dengan berfokus pada fungsi sistem informasi dan manajemen.
e. Perancangan dan desain sistem.
Merancang dan mendesain output, input, struktur file, struktur database, program, prosedur, perangkat keras, perangkat lunak, mendesain keputusan dan mendesain sasaran yang diperlukan untuk mendukung sistem informasi.
f. Pemrograman dan pembangunan system.
Memecahkan kembali rancang bangun, mengembangkan bagan alir secara garis besar, menulis instruksi program, merakit program, mempersiapkan data untuk testing, melakukan pengetesan, mengecek hasil, mendiagnosa kesalahan, dan membetulkan program.
g. Uji coba.
Menguji coba sistem yang telah dibangun secara terstruktur.
h. Implementasi Sistem.
Mengimplementasikan hasil jadi dari pembangunan sistem kedalam file komputer sehingga sistem siap untuk digunakan untuk menggantikan sistem lama

Like Skripsi Ini :

Baca Juga Judul Menarik Lainnya di Bawah INI :

Comment With Facebook!

Rating: 4.5 | Reviewer: Fakhrian Amrullah | ItemReviewed: Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Di Perpustakaan Universitas Surakarta