Follow me on Facebook! Follow me on Twitter!
 7projectsdistro.com - Toko Kaos Distro Online Terlengkap Termurah dan Terpercaya

MANAJEMEN SIARAN MUSIK STASIUN RADIO REM FM DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

PanduanTOEFL Terbaik dengan Metode MindMap
A. Latar Belakang MANAJEMEN SIARAN MUSIK  STASIUN RADIO REM FM  DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Media elektronik telah menjadi semacam kebutuhan sehari-hari. Di dalam kehidupan masyarakat, tanpa kehadiran media elektronik semuanya menjadi lambat dan tidak bisa berkembang dengan pesat. Dengan kata lain kehidupan manusia kembali pada kehidupan purba, dimana saat itu manusia tidak mengenal kehadiran media elektronik. Media elektronik disemarakan oleh kemunculan radio, walaupun dalam perkembangannya diperkaya dengan munculnya media audio visual. Sejak ditemukannya radio, masyarakat selalu diberi suguhan-suguhan yang praktis tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak. Melalui radio dihidangkan menu-menu program siaran antara lain: hiburan, iklan, berita, dan informasi - informasi lainnya Musik memiliki peranan yang begitu besar pada sebuah radio karena musik adalah salah satu jenis kesenian yang hadir pada media elektronik dan musik selalu menyertai jam siaran radio. Hal ini menunjukan bahwa eksistensi musik begitu dominan dan sangat penting dalam media elektronik pada kehidupan masyarakat umum khususnya masyarakat Universitas Negeri Semarang. Untuk mengetahui seberapa besar sebuah stasiun radio dapat mempertahankan eksistensinya, hal tersebut bisa dilihat dari program acara yang didalamnya terdapat request atau permintaan lagu oleh pendengar.

Dari program-program acara tersebut dapat dilihat seberapa besar minat para pendengar terhadap sebuah radio dengan cara mentotal jumlah permintaan lagu atau request perharinya. Radio Ekspresi Mahasiswa (REM) 107.1 FM merupakan radio komunitas (bukan radio swasta tetapi merupakan tempat pembelajaran bagi para anggotanya dalam bidang kepenyiaran) yang ada di Universitas Negeri Semarang, dimana Radio ini berusaha untuk menghibur akademia Semarang dan sekitarnya dengan menyuguhkan edukasi melalui program siar news corner, camilan, Friday in hard, asian hit, reggae zone, C2C dan entertainment melalui program siar gondangdia, hot21, indo pan. Sebagai salah satu radio komunitas yang ada di kota Semarang, radio REM FM telah menunjukan eksistensinya. Hal ini terlihat dari banyaknya request lagu pada beberapa program siar, dimana tiap harinya ada sekitar 70- 100 perequest baik melalui telepon maupun SMS. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa untuk menjaga eksistensinya, sebuah stasiun radio harus dapat memikat hati para pendengarnya dengan program-program siarannya dan sebuah eksistensi pastilah tidak datang dengan sendirinya melainkan melalui persiapan persiapan dari berbagai macam aspek salah satunya melalui sistem manajemen, dari simpulan tersebut maka peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai manajemen siaran musik stasiun radio REM FM di Universitas Negeri Semarang.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang dipaparkan di atas, masalah yang diangkat dalam penelitian ini, yaitu ”Bagaimanakah manajemen siaran musik di stasiun radio REM FM Universitas Negeri Semarang ?”

Like Skripsi Ini :

Baca Juga Judul Menarik Lainnya di Bawah INI :

Comment With Facebook!

Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: MANAJEMEN SIARAN MUSIK STASIUN RADIO REM FM DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG