Follow me on Facebook! Follow me on Twitter!
 7projectsdistro.com - Toko Kaos Distro Online Terlengkap Termurah dan Terpercaya

SUMBANGAN KEKUATAN OTOT LENGAN, KEKUATAN OTOT PERUT DAN KELENTUKAN OTOT PUNGGUNG TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS FLAT PADA PEMAIN TENIS PUTERA USIA 14-16 TAHUN

PanduanTOEFL Terbaik dengan Metode MindMap
1.1 Alasan Pemilihan Judul SUMBANGAN KEKUATAN OTOT LENGAN, KEKUATAN OTOT PERUT DAN KELENTUKAN OTOT PUNGGUNG TERHADAP KEMAMPUAN  SERVIS FLAT PADA PEMAIN TENIS PUTERA USIA 14-16 TAHUN

Olahraga adalah salah satu bentuk dari upaya peningkatan kualitas manusia Indonesia yang diarahkan pada pembentukan watak dan kepribadian, disiplin dan sportivitas yang tinggi, serta peningkatan prestasi yang dapat membangkitkan rasa kebanggaan nasional.( GBHN Tap MPR No. II/MPR/1999 ). Untuk itu pemerintah berusaha agar rakyat selalu dalam keadaan sehat dan segar, sebab sehat dan segar adalah gejala awal untuk menuju peningkatan prestasi dan kualitas manusia. Pelaksanaan pendidikan jasmani dan olahraga merupakan sebuah investasi jangka panjang dalam upaya pembinaan mutu sumber daya manusia Indonesia. Hasil yang diharapkan itu akan dicapai setelah masa yang cukup lama. Karena itu upaya pembinaan warga masyarakat dan peserta didik melalui pendidikan jasmani dan olahraga membutuhkan waktu yang relatif lama. Sebagai upaya pembinaan mutu sumber daya manusia, pendidikan jasmani atau olahraga di lembaga pendidikan formal dapat berkembang lebih pesat dan diharapkan mampu menjadi landasan bagi pembinaan keolahragaan nasional. Proses pembentukan sikap dan pembangkitan motivasi harus dimulai pada usia dini. Upaya menumbuhkan budaya olahraga dalam meningkatkan kualitas manusia, dilakukan dengan jalan mewujudkan tujuan pendidikan olahraga yaitu untuk menunjang tercapainya sasaran pendidikan nasional melalui kegiatan olahraga yang telah disusun dan dijabarkan dalam kurikulum pendidikan meliputi tujuan umum maupun tujuan khusus pendidikan. Berorientasi pada pencapaian sasaran pendidikan, kegiatan olahraga pendidikan mencakup berbagai macam cabang seperti atletik, permainan, olahraga air dan olahraga beladiri.

Olahraga disebut juga sebagai suatu aktivitas fisik yang banyak dilakukan oleh masyarakat, keberadaannya sekarang ini tidak lagi dipandang sebelah mata tetapi sudah menjadi bagian dari kegiatan masyarakat. Sebab olahraga dewasa ini sudah menjadi terkenal di masyarakat baik orang tua, remaja maupun anak-anak. Karena olahraga mempunyai makna tidak hanya untuk kesehatan, tetapi lebih dari itu ialah juga sebagai sarana pendidikan bahkan prestasi. Sebagai contoh salah satu cabang olahraga yang banyak digemari masayarakat ialah cabang tenis. Melalui kegiatan tenis ini para remaja banyak menuai manfaat, baik dalam pertumbuhan fisik, mental maupun sosial. Permainan tenis mengalami perkembangan yang pesat, ini terbukti dengan adanya klub-klub tenis yang ada sekarang ini. Permainan tenis juga berkembang pada anak-anak sekolah, terutama pada SLTA, dan tenis merupakan salah-satu cabang olahraga permainan yang masuk dalam ekstrakurikuler sekolah, keberadaannya secara tidak langsung ikut serta dalam upaya mewujudkan pembangunan nasional yaitu pembangunan manusia yang berkualitas baik fisik maupun mental ( Depdikbud, 1998 : 1 ). Tenis seperti dikatakan oleh Maghetti (1990 : 3 ) adalah jenis olahraga yang mencakup aspek-aspek tertentu. Untuk dapat bermain tenis dengan baik pemain amatir, dan lebih-lebih bagi pemain profesional, harus dituntut menguasai teknik-teknik dasar tenis seperti memukul bola, langkah serta gerakan tubuh yang sesuai. Agar dapat bermain dengan baik dan benar serta berprestasi tinggi, khususnya bagi petenis pemula harus menguasai ketrampilan dasar dalam bermain tenis. Beberapa teknik pukulan dasar menurut Scharff (1979 : 24) ada empat jenis, yaitu 1. Servis, 2. forehand, 3. backhand, 4. volley. Menurut Maghetti (1990 : 32 ) teknik pukulan dasar dibedakan menjadi empat macam yaitu : Servis, forehand drive, backhand drive dan smash. Pukulan servis adalah pukulan yang sangat penting dalam permainan tenis. Selain sebagai pukulan pembuka suatu permainan, pukulan servis juga berguna untuk memenangkan suatu permainan (Katili,1977:57), hal itu terjadi apabila pada waktu melakukan servis, bola sukar dikembalikan. Pendapat lain, Scharff (1979:60) menyebutkan bahwa servis adalah pukulan untuk memulai permainan, ini merupakan suatu pukulan yang pada saat pemain seluruhnya menguasai bola. Setiap servis sangat penting, angka tidak akan diperoleh tanpa melakukan servis terlebih dahulu. Servis sebagai salah satu teknik dasar pukulan dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu service slice, flat service, dan American twist service (Lardner,1996:53).

Dalam permainan tenis ada tiga macam servis, yaitu: slice, American twist, dan flat service atau cannonball (Scharff,1979:60). Servis Flat adalah servis paling keras dan biasanya dilakukan pada servis pertama, maka merupakan servis yang sering dilakukan. Dari pertimbangan tersebut penulis memilih servis flat sebagai bahan penelitian. Salah satu faktor penentu dalam hal bermain tenis yang baik adalah faktor kondisi fisik yang di mana faktor kondisi fisik ini adalah suatu kesatuan yang utuh dari komponen-komponen yang tidak dapat di pisahkan. Menurut M Sajoto ( 1995 : 8 ), ada sepuluh komponen kondisi fisik yaitu : 1) Kekuatan (strength) adalah komponen kondisi fisik seseorang tentang kemampuannya dalam mempergunakan otot untuk menerima beban sewaktu bekerja. 2) Daya tahan (endurance) dalam hal ini dikenal dua macam daya tahan, yaitu : a) Daya tahan umum (general endurance) adalah kemampuan seseorang dalam mempergunakan sistem jantung, paru-paru dan peredaran darahnya secara efektif dan efisien untuk menjalankan kerja secara terus menerus yang melibatkan kontraksi sejumlah otot-otot dengan intensitas tinggi dalam waktu yang cukup lama. b) Daya tahan otot (muscle endurance) adalah kemampuan seseorang dalam mempergunakan ototnya untuk berkontraksi secara terus menerus dalam waktu yang relatif lama dengan beban tertentu. 3) Daya ledak otot (muscular power) adalah kemampuan seseorang mempergunakan kekuatan maksimum yang dikerahkan dalam waktu yang sependek-pendeknya. 4) Kecepatan (speed) adalah kemampuan seseorang untuk mengerjakan gerakan yang berkesinambungan dalam bentuk yang sama dalam waktu yang sesingkat- singkatnya. 5) Daya lentur (flexibility) adalah efektifitas seseorang dalam menyesuaikan diri untuk segala aktifitas dengan penguluran tubuh yang luas. 6) Koordinasi : (coordinasi) adalah kemampuan seseorang mengintegrasikan bermacam-macam gerakan yang berbeda dan pola gerakan tunggal secara efektif. 7) Keseimbangan (balance) adalah kemampuan seseorang mengendalikan organ-organ syarat otot. 8) Ketepatan (accuracy) adalah seseorang untuk mengendalikan gerak-gerak bebas terhadap suatu sasaran. 9) Reaksi (reaction) adalah kemampuan seseorang untuk bertindak secepatnya dalam menanggapi suatu rangsangan yang ditimbulkan lewat indra, syarat atau feeling lainnya. 10) Kesetimbangan (body composition) adalah keadaan jumlah lemak dalam tubuh. Dari kesepuluh komponen kondisi fisik tersebut, kekuatan merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam menentukan kualitas fisik seseorang ( M. Sajoto, 1995 : 8 ). Berdasarkan uraian di atas maka penulis bermaksud mengadakan penelitian dengan judul ” Sumbangan Kekuatan Otot Lengan, Kekuatan Otot Perut dan Kelentukan Otot Punggung Terhadap Kemampuan Servis Flat Pada Pemain Tenis Putera Usia 14-16 Tahun di Kota Semarang Tahun 2007 “,

dengan alasan pemilihan judul sebagai berikut :
1.1.1 Pukulan servis flat merupakan salah satu jenis servis sebagai pembuka dalam permainan tenis.
1.1.2 Otot lengan, otot perut, dan kelentukan otot punggung merupakan penunjang dalam melakukan servis flat.
1.1.3 Belum pernah ada peneliti yang melakukan penelitian ini di FIK.

1.2 Permasalahan
Sesuai dengan judul di atas maka timbul suatu pemikiran, perhatian dan permasalahan bagi penulis untuk meneliti masalah penelitian sebagai berikut :

1.2.1 Apakah ada sumbangan kekuatan otot lengan terhadap Kemampuan Servis Flat Pada Pemain Tenis Putera Usia 14-16 Tahun di Kota Semarang Tahun 2007?
1.2.2 Apakah ada sumbangan kekuatan otot perut terhadap Kemampuan Servis Flat Pada Pemain Tenis Putera Usia 14-16 Tahun di Kota Semarang Tahun 2007?
1.2.3 Apakah ada sumbangan kelentukan otot pungung terhadap Kemampuan Servis Flat Pada Pemain Tenis Putera Usia 14-16 Tahun di Kota Semarang Tahun 2007?
1.2.4 Apakah ada sumbangan kekuatan otot lengan, kekuatan otot perut dan kelentukan otot pungung terhadap Kemampuan Servis Flat Pada Pemain Tenis Putera Usia 14-16 Tahun di Kota Semarang Tahun 2007?

| Download File Lengkapnya... |
Like Skripsi Ini :

Baca Juga Judul Menarik Lainnya di Bawah INI :

Comment With Facebook!

Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: SUMBANGAN KEKUATAN OTOT LENGAN, KEKUATAN OTOT PERUT DAN KELENTUKAN OTOT PUNGGUNG TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS FLAT PADA PEMAIN TENIS PUTERA USIA 14-16 TAHUN