Follow me on Facebook! Follow me on Twitter!
 7projectsdistro.com - Toko Kaos Distro Online Terlengkap Termurah dan Terpercaya

Analisis Pengaruh Total Faktor Produktivitas Terhadap Pertumbuhan Output Agregat Regional Jawa Barat

PanduanTOEFL Terbaik dengan Metode MindMap
1.1. Latar Belakang Masalah Analisis Pengaruh Total Faktor Produktivitas Terhadap Pertumbuhan Output Agregat Regional Jawa Barat


Mencermati perkembangan zaman yang kian pesat, ditandai oleh kemajuan teknologi dan peningkatan sumber daya manusia serta indikator lainnya, telah memicu perkembangan pertumbuhan ekonomi yang berdampak langsung pada keberhasilan proses pembangunan ekonomi Indonesia dan Jawa Barat pada khususnya.
Seperti yang telah kita ketahui bahwa pembangunan ekonomi adalah bagian integral dari pembangunan nasional yang secara umum bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup atau kesejahteraan seluruh rakyat. Peningkatan kesejahteraan ini antara lain dapat diukur dari kenaikan tingkat pendapatan nasional atau laju pertumbuhan ekonomi yang tinggi setiap tahunnya melalui peningkatan pertumbuhan output agregatnya.
Perubahan ekonomi secara struktural sangat nyata sebagai salah satu hasil utama dari pada proses pembangunan yang sudah berlangsung lama. Laju pertumbuhan output rata-rata per tahun di sektor industri, terutama industri pengolahan (manufaktur) sangat pesat dan lebih tinggi dari pada pertumbuhan output di sektor pertanian. Sumbangan output dari sektor pertanian terhadap pembentukan output agregat (PDB untuk tingkat nasional dan PDRB untuk tingkat regional) relatif menurun setiap tahun dibandingkan dengan sumbangan output dari sektor non pertanian.
Di Jawa Barat, peningkatan output agregat diikuti pula oleh peningkatan jumlah populasi penduduknya. Ini dapat terlihat dalam tabel berikut.
Jika pertumbuhan output agregat yang positif ini disebabkan oleh peningkatan produktivitas dari faktor-faktor tersebut (TFP), maka bisa disimpulkan bahwa ada kontribusi dari kemajuan teknologi dan peningkatan tingkat pendidikan dari tenaga kerja (sumber daya manusia atau SDM) terhadap pertumbuhan PDRB. Progres teknologi dan peningkatan SDM memberi dampak positif terhadap peningkatan produktivitas tenaga kerja (yaitu rasio output terhadap tenaga kerja) dan kapital (rasio output terhadap kapital).
Berdasarkan latar belakang permasalahan yang telah dipaparkan di atas, maka penulis tertarik untuk menyajikan skripsi dengan judul:
Analisis Pengaruh Total Faktor Produktivitas Terhadap Pertumbuhan Output Agregat Regional Jawa Barat” (Analisis Model Trancendental Logarithmic)

1.2. Identifikasi Masalah
Berdasarkan deskripsi yang dituangkan di atas, maka pembahasan skripsi ini akan dibatasi pada beberapa pokok permasalahan sebagai berikut:
1. Apakah pertumbuhan output agregat Jawa Barat (PDRB) ditentukan oleh peningkatan Total Faktor Produktivitas (TFP).
2. Bagaimana tingkat kemampuan input modal dan tenaga kerja dalam sumbangannnya terhadap pertumbuhan nilai output agregat, apakah disebabkan oleh peningkatan dalam pemakaian (intensitas) faktor-faktor produksi yang dipergunakan, terutama kapital dan tenaga kerja.
3. Bagaimana tingkat kemampuan elastisitas substitusi input antara modal dan tenaga kerja yang digunakan dalam mempengaruhi pertumbuhan nilai output agregat.
4. Bagaimana intensitas faktor-faktornya atau variabel inputnya, apakah menunjukan Capital Intencity atau Labor Intencity.

| Download File Lengkapnya... |
Like Skripsi Ini :

Baca Juga Judul Menarik Lainnya di Bawah INI :

Comment With Facebook!

Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Analisis Pengaruh Total Faktor Produktivitas Terhadap Pertumbuhan Output Agregat Regional Jawa Barat