ABSTRAK
Penerapan Pengajaran Dan Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Memasang Sistem Perpipaan dan Saluran (MSPS) di SMKN 1 Bukittinggi.
Penelitian ini dilakukan di kelas I TPTL 1 SMKN 1 Bukittinggi pada mata diklat Memasang Sistem Perpipaan dan Saluran (MSPS). Peneliti melihat rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai Standar Ketuntasan Belajar ( ≥7 dan jumlah yang lulus sebanyak 60%). Nilai rata-rata siswa adalah 6.61 selain itu jumlah siswa yang lulus hanya 11 orang dari 28 siswa (58%),
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pengajaran dan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching ang Learning). Pengajaran dan Pembelajaran kontekstual (CTL) ini melibatkan 7 (tujuh) aspek yaitu : 1)kontruktivis, 2)menemukan (inquiry), 3)bertanya (questioning), 4)masyarakat belajar (learning community), 5) pemodelan (modelling), 6)refleksi (reflection), 7)penilaian otentik (authentic assesment).
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Dengan rancangan penelitian The One Shot Case Study. Objek penelitian ini adalah siswa kelas I TPTL 1 dengan jumlah siswa 29 orang. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang signifkan dengan menggunakan metode pembelajaran kontekstual pada mata diklat MSPS.
Sebelum soal-soal tes diberikan, dilakukan uji coba instrumen di SMKN 1 Pariaman, diperoleh indeks reliabilitas instrumen 0.764. Dari hasil analisis data, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen = 7.13 dengan nilai tertinggi 8.25 dan nilai terendah 6.4 dengan persentase ketuntasan belajar sebanyak 26 orang (89%). Sedangkan pada kedua kelas kontrol nilai rata-rata kelas secara berurutan antara lain 6.58 dengan jumlah siswa yang lulus sebanyak 17 siswa dan kelas yang ketiga nilai rata-ratanya adalah 7.00 dengan jumlah siswa yang lulus sebanyak 19 orang dari 26 siswa.
Dari hasil penelitian tersebut dapat dilihat terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata diklat MSPS di SMKN 1 Bukittinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kontekstual (CTL) di kelas I TPTL 1 SMKN 1 Bukittinggi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Setelah melihat hasil dari penelitian ini maka disarankan para tenaga pendidik khususnya di sekolah kejuruan teknik dapat menerapkan metode pembelajaran CTL ini pada mata diklat produktif lainnya. Dan untuk selanjutnya kepada rekan-rekan mahasiswa untuk dapat menerapkan metode CTL ini pada mata diklat produktif lainnya untuk penelitian lebih lanjut.
Penerapan Pengajaran Dan Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching Learning) Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Memasang Sistem Perpipaan Dan Saluran (Msps) Di Smkn 1 Bukittinggi
| Download File Lengkapnya... |
| Download File Lengkapnya... |
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
- Peningkatan Prestasi Belajar Fiqih Melalui Metode Modeling The Way Pada Siswa Kelas Viii Mts Negeri Salatiga Th 2010
- Peningkatan Proses Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan metode teknik menghafal pada Siswa SD Negeri 2 Candiroto Temanggung
- Pengaruh Penggunaan Media Visual Compact Disc (VCD) dalam Pemberian Tugas Terstruktur terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Petompon 5, 6 dan 7 pada Pokok Bahasan Pengukuran luas, Keliling dan Berat
- Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Video Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI
- Keefektifan Pendekatan Rational Emotif Therapy Dalam Mengatasi Masalah Emosional
- Pengaruh Prestasi Mata Pelajaran K3 Dan Pengalaman Praktik Industri Terhadap Kesiapan Kerja Pada Siswa Kelas Xii Smk Muda Patria Kalasan
- Pengaruh System Pembelajaran Di Pondok Pesantren Syech Hasan Yamani Kecamatan Campalagian Kabupaten Polman Terhadap Peningkatan Sumber Daya Manusia Dalam Tinjauan Pendidikan Agama Islam
- Penggunaan Media Gambar Dalam Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas II Sd Negeri 2
- Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika
- A Study on the Teaching of English Speaking Using Games To the ninth Year Students of SMPN 3 PARE-KEDIRI
Comment With Facebook!
4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Penerapan Pengajaran Dan Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching Learning) Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Memasang Sistem Perpipaan Dan Saluran (Msps) Di Smkn 1 Bukittinggi
Rating:
0 komentar:
Posting Komentar