Follow me on Facebook! Follow me on Twitter!
 7projectsdistro.com - Toko Kaos Distro Online Terlengkap Termurah dan Terpercaya

Perangkat Lunak Simulasi Pergerakan Legal Dari Chess Knight Dalam Papan Catur Sebagai Studi Kasus Dari Production Systems

PanduanTOEFL Terbaik dengan Metode MindMap
. Latar Belakang Pemilihan Judul Perangkat Lunak Simulasi Pergerakan Legal Dari Chess Knight Dalam Papan Catur Sebagai Studi Kasus Dari Production Systems
Sistem produksi (production system) merupakan salah satu bentuk representasi pengetahuan yang sangat populer dan banyak digunakan. Representasi pengetahuan dengan sistem produksi pada dasarnya berupa aplikasi aturan (rule) yang berupa Antecedent, yaitu bagian yang mengekspresikan situasi atau premis dan Konsekuen, yaitu bagian yang menyatakan suatu tindakan tertentu atau konklusi yang diterapkan jika suatu situasi atau premis bernilai benar. Salah satu permasalahan yang dapat dijelaskan dengan menggunakan sistem produksi adalah simulasi pergerakan legal dari chess knight dalam papan catur.
Sebuah chess knight dalam papan catur memiliki pergerakan menyerupai huruf L. Biji catur ini merupakan salah satu biji yang sangat sulit digerakkan dan sering juga merupakan biji yang paling berbahaya apabila tidak diperhatikan secara seksama setiap pergerakannya. Simulasi dari permasalahan ini menyediakan sebuah papan catur berukuran n x n. Sasaran (goal) dari permasalahan ini adalah menggerakkan sebuah chess knight dari suatu posisi tertentu pada papan catur ke posisi tujuan yang diinginkan dengan mensimulasikan semua pergerakan yang mungkin untuk menuju ke posisi tujuan tersebut. Permasalahan ini juga merupakan salah satu masalah klasik dalam artificial intelligence (AI). Penyelesaian permasalahan ini dapat menggunakan bantuan sistem produksi dan pohon pelacakan.
Berdasarkan uraian di atas, penulis ingin merancang suatu perangkat lunak yang mampu untuk mencari solusi pergerakan chess knight yang mungkin untuk menuju posisi yang diinginkan dan menampilkan simulasi pergerakan legal dari chess knight dalam papan catur. Oleh karena itu, penulis mengambil tugas akhir (skripsi) dengan judul “Perangkat Lunak Simulasi Pergerakan Legal dari Chess Knight dalam Papan Catur sebagai Studi Kasus dari Production Systems”.

B. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang pemilihan judul, maka yang menjadi permasalahan adalah bagaimana mencari solusi pergerakan chess knight yang mungkin untuk menuju posisi tujuan dan menampilkan simulasi pergerakan dari chess knight.

C. Tujuan dan Manfaat
Tujuan penyusunan tugas akhir (skripsi) ini adalah untuk merancang suatu perangkat lunak yang mampu mencari solusi pergerakan chess knight yang mungkin untuk menuju posisi tujuan dengan menggunakan sistem produksi dan pohon pelacakan.
Manfaat dari penyusunan tugas akhir (skripsi) ini, yaitu untuk membantu pemahaman sistem produksi (production systems), sebagai implementasi pohon pelacakan dalam mencari solusi pergerakan chess knight dan perangkat lunak juga dapat digunakan sebagai fasilitas pendukung dalam proses belajar mengajar, khususnya mata kuliah Artificial Intelligence (AI).

| Download File Lengkapnya... |
Like Skripsi Ini :

Baca Juga Judul Menarik Lainnya di Bawah INI :

Comment With Facebook!

Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Perangkat Lunak Simulasi Pergerakan Legal Dari Chess Knight Dalam Papan Catur Sebagai Studi Kasus Dari Production Systems