Follow me on Facebook! Follow me on Twitter!
 7projectsdistro.com - Toko Kaos Distro Online Terlengkap Termurah dan Terpercaya

PENGADAAN PEGAWAI PADA PT. ASURANSI JIWASRAYA SEMARANG BARAT

PanduanTOEFL Terbaik dengan Metode MindMap
A. Latar Belakang Masalah PENGADAAN PEGAWAI PADA PT. ASURANSI JIWASRAYA SEMARANG BARAT

Pada prinsipnya perusahaan yang di jalankan pasti mempunyai tujuan tertentu sebagai motivasi dalam bekerja. Setelah pemerintah mengeluarkan kebijakan-kebijakan baru di bidang ekonomi moneter yang di kenal dengan sistem demokrasi maka mulai tumbuh dan berkembang usaha-usaha di bidang perasuransian dengan munculnya perusahaan-perusahan asuransi jiwa baru. Agar perusahaan-perusahaan asuransi jiwa baru dapat melakukan usahanya dengan baik dan dapat berhasil guna serta berdaya guna bagi kesejahteraan masyarakat ekonomi pada umumnya, maka pemerintah memandang perlu untuk mengeluarkan peraturan yang bermaksud mengarahkan, membina dan mengawasi perusahaan-perusahaan Asuransi jiwa dengan harapan usaha perasuransian dapat memegang peranan penting dalam perkembangan dunia kerja.
Salah satu tanggung jawab dari manajemen sumber daya perusahaan adalah mempunyai pegawai (karyawan) yang cukup sehingga dapat mencapai tujuan yang telah di tetapkan (Handoko 1987:67). Hal ini membutuhkan usaha yang terus-menerus untuk mencari, memilih dan melatih calon atau pegawai di perusahaan tersebut. Semakin maju dan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang diterapkan dalam perusahaan-perusahaan perasuransian, akan semakin dirasakan kebutuhan tenaga kerja yang terampil, baik untuk dipekerjakan di lapangan maupun untuk kantor-kantor. Selain itu, perusahaan juga didukung dengan sumber daya manusia (pegawai) yang memiliki kualitas tinggi. Alasan inilah yang mendorong perusahaan untuk mencari orang-orang yang benar-benar dapat membantu kemajuan perusahaan. Dengan demikian sumber daya manusia memegang peranan yang sangat penting dalam memajukan perusahaan, karena berhasil tidaknya suatu perusahaan ditentukan oleh tingkat produktivitas yang tinggi dan sumber daya manusia yang tinggi.

Penarikan pegawai baru bagi perusahaan akan terus menerus merupakan tantangan bagi semua departemen personalia. Kadang-kadang kebutuhan pegawai baru diketahui secara jelas sebelumnya karena rencana- rencana sumber daya manusia disusun dengan baik. Pada saat lain departemen personalia diharapkan dengan permintaan yang mendadak untuk mengisi lowongan secepat mungkin(Handoko 1987:69). Untuk mendapatkan pegawai yang kualitas dan kuantitasnya baik, sehingga efektif mengerjakan tugas-tugasnya harus dilakukan dengan cara analisis jabatan (Job Analisys), uraian pekerjaan (Job Discription) dan spesifikasi pekerjaan (Job Spesification). Dengan analisis jabatan, uraian pekerjaan, dan spesifikasi pekerjaan maka dapatlah ditentukan kualitas dan kuantitas pegawai yang dibutuhkan (Hasibuan 2000:174).
Suatu perusahaan khsusnya PT. Asuransi Jiwasraya memerlukan tenaga kerja. Terlebih dahulu harus melalui perencanaan yang matang dalam hal-hal yang berhubungan dengan tugas dan pekerjaan yang akan dikerjakan. Kemudian menetapkan kriteria-kriteria dan kuantitas tenaga kerja yang di butuhkan. Masalah-masalah kepegawaian atau sumber daya manusia dalam perusahaan dissini biasanya meliputi bagaimana sistem kepegawaian yang dijalankan, cara perusahaan merekrut pegawai, syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pelamar, serta kuaifikasi yang mendukung adanya kegiatan pengadaan pegawai. Jadi kepegawaian mempunyai peranan yang sangat penting karena pengadaan pegawai diperusahaan berusaha dan menjadikan masalah tentang manajemen dan pegawainya manjadi lebih mudah. Dari uraian diatas maka peneliti mengambil judul : ”PENGADAAN PEGAWAI PADA PT. ASURANSI JIWASRAYA SEMARANG BARAT”.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, maka dapat dirumuskan masalah yaitu:
1. Bagaimana Pengadaan Proses Pegawai Pada PT. Asuransi Jiwasraya Semarang Barat?
2. Syarat-syaraat apa yang harus dipenuhi oleh seorang pelamaar?
3. Hambatan-hambatan apa yang terjadi sselama proses penngadaaan pegawai?

Like Skripsi Ini :

Baca Juga Judul Menarik Lainnya di Bawah INI :

Comment With Facebook!

Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: PENGADAAN PEGAWAI PADA PT. ASURANSI JIWASRAYA SEMARANG BARAT