Follow me on Facebook! Follow me on Twitter!
 7projectsdistro.com - Toko Kaos Distro Online Terlengkap Termurah dan Terpercaya

Peranan Evaluasi Belajar Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Ddi Lapeo Kec. Campalagian Kab. Polman

PanduanTOEFL Terbaik dengan Metode MindMap
A. Latar Belakang Masalah Peranan Evaluasi Belajar Dalam Peningkatan Mutu  Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Ddi Lapeo Kec. Campalagian Kab. Polman
Dalam pembelajaran di sekolah dibutuhkan berbagai pengetahuan seputar pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, agar tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai sesuai yang diharapkan. Pengetahuan yang mendalam tentang faktor pendorong dan pemicu suksesnya proses pembelajaran di sekolah akan menciptakan suasana kondusif di sekolah, yakni suasana interaksi pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.
Dalam dunia pendidikan dikenal komponen-komponen yang terkait di dalamnya, yaitu tujuan, pendidik, peserta didik, metode pendidikan, situasi lingkungan. Komponen tersebut senantiasa terlibat dalam pelaksanaan pendidikan dan pengajaran di sekolah. Namun, semua komponen di atas memerlukan evaluasi sehingga pendidikan dan pengajaran benar-benar berjalan sesuai yang diharapkan.
guru adalah komponen penentu dalam pembelajaran di sekolah. Sebagai komponen penentu pembelajaran, maka guru harus memahami system evaluasi dan mengembangkan secara profesional. Pengembangan sistem evaluasi yang professional adalah wujud tanggung jawab guru dalam penyempurnaan pengajarannya. Oleh karena itu, guru di samping mengevaluasi siswanya, juga ia mampu mengevaluasi dirinya sebagai pembelajaran Evaluasi terhadap diri guru seharusnya ditentukan terutama oleh hasil evaluasi terhadap prestasi belajar siswa.
Evaluasi selalu memegang peranan penting dalam segala bentuk pembelajaran. Dengan evaluasi diperoleh balikan atau feed back yang dapat dipakai untuk memperbaiki dan merevisi bahan atau metode pembelajaran, evaluasi berguna untuk mengetahui pembelajaran, atau untuk menyesuaikan bahan dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Evaluasi berguna untuk mengetahui hingga manakah siswa telah mencapai tujuan pelajaran yang telah ditetapkan. Selain itu, evaluasi dibutuhkan oleh siswa untuk mengetahui sejauhmana prestasi yang yang telah dicapainya..
Pendidikan menjadi sorotan utama dalam peningkatan mutu sumber daya manusia. Mutu SDM dilahirkan oleh lembaga pendidikan yang bermutu atau sekolah bermutu. Jerome S. Arcaro menjelaskan model sekolah yang bermutu, harus ditopang oleh lima pilar, yaitu (1) berfokus pada pengguna; (2) keterlibatan secara total semua anggota; (3) melakukan pengukuran, (4) komitmen pada perubahan; dan (5) penyempurnaan secara terus-menerus. Kelima pilar sekolah yang bermutu tersebut di atas mendeskripsikan bahwa interaksi edukatif seyogyanya berorientasi pada siswa, melibatkan semua sumber daya dan sumber dana, melakukan evaluasi dan pembenahan, komitmen pada perubahan dan kemajuan, serta selalu melakukan hal yang terbaik dan bernilai untuk proyeksi ke depan.
Melihat kondisi sekarang ini, mutu pendidikan di sekolah seringkali dilihat dari luarannya. Luaran sekolah yang dapat bersaing, apakah di dunia kerja atau di sekolah lanjutan, dianggap bahwa sekolah tersebut memiliki mutu atau keunggulan. Dalam program pembelajaran, mutu pendidikan dapat dilihat dari segi prosesnya. Apabila proses pendidikan dapat terlaksana secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan, maka pendidikan tersebut dapat dikatakan bermutu. Dalam pencapaian tujuan pendidikan, dibutuhkan evaluasi untuk mengukur dan menilai standar pencapaian pendidikan. Di sinilah perlunya evaluasi khususnya dalam pembelajaran dalam mengukur pelaksanaan proses pendidikan di sekolah. Maka melalui penelitian skripsi ini, akan dikaji peranan evaluasi belajar dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah DDI Lapeo, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polman.

B. Rumusan dan Batasan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka yang menjadi masalah pokok dalam penulisan skripsi ini adalah “Sejauhmana peranan evaluasi belajar dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah DDI Lapeo, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polman”. Masalah pokok di atas, dapat dijabarkan ke dalam sub pokok masalah, yaitu sebagai berikut :
1. Bagaimana bentuk pelaksanaan evaluasi belajar di Madrasah Tsanawiyah DDI Lapeo Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar?
2. Apakah bentuk pelaksanaan evaluasi belajar berpengaruh terhadap peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah DDI Lapeo Kecamatan Campalagian, Kabaupaten Polewali Mandar?

Like Skripsi Ini :

Baca Juga Judul Menarik Lainnya di Bawah INI :

Comment With Facebook!

Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Peranan Evaluasi Belajar Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Ddi Lapeo Kec. Campalagian Kab. Polman