Latar Belakang Pemilihan Judul Perangkat Lunak Penyelesaian Permainan Pergeseran Angka Dalam Bintang Kejora
Dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam literatur-literatur dapat ditemukan berbagai jenis permainan angka. Keunikan dari permainan-permainan angka ini menjadikan permainan ini sangat mengasyikkan, dan sekaligus dapat digunakan untuk melatih kecerdasan. Permainan pergeseran angka biasanya dimainkan dalam kotak berbentuk persegi atau persegi panjang. Jenis permainan ini cenderung lebih mudah untuk dimainkan dan diselesaikan. Permainan ini akan menjadi jauh lebih rumit dan sukar apabila dimainkan dalam wadah yang berbentuk bintang. Bentuk wadah ini menyebabkan arah proses pergeseran angka menjadi terbatas.
Permainan pergeseran angka dalam bintang kejora ini dapat diselesaikan dengan menggunakan bantuan struktur pohon pelacakan (search tree). Pohon pelacakan adalah suatu pohon (tree), dimana akar dari pohon berupa keadaan awal dan cabang berupa keadaan-keadaan yang mungkin terjadi dari keadaan sebelumnya serta daun merupakan keadaan akhir, yang dapat dijadikan sebagai solusi dari permasalahan. Namun, tidak semua daun dapat dijadikan sebagai solusi, dalam beberapa contoh kasus, ada beberapa atau semua daun bukan merupakan solusi dari permasalahan. Algoritma pencarian yang akan digunakan adalah algoritma breadth-first search dan algoritma depth-first search.
Permainan pergeseran angka dalam bintang kejora ini sangat rumit dan sukar untuk diselesaikan secara manual. Oleh karena itu, penulis berusaha untuk merancang sebuah perangkat lunak yang dapat memberikan solusi bagi permainan ini dengan menggunakan bantuan pohon pelacakan. Maka, penulis mengambil tugas akhir dengan judul “Perangkat Lunak Penyelesaian Permainan Pergeseran Angka Dalam Bintang Kejora”.
1.2 Perumusan Masalah
Sesuai dengan latar belakang pemilihan judul diatas, maka yang menjadi permasalahan adalah cara penerapan pohon pelacakan dalam menyelesaikan permainan pergeseran angka dalam bintang kejora.
1.3 Tujuan dan Manfaat
Tujuan penyusunan tugas akhir (skripsi) ini adalah untuk merancang suatu perangkat lunak yang dapat menyelesaikan permainan pergeseran angka dalam bintang kejora.
Manfaat dari penyusunan tugas akhir (skripsi) ini, yaitu :
1. Perangkat lunak dapat digunakan sebagai fasilitas pendukung dalam proses belajar mengajar, terutama dalam mata kuliah Artificial Intelligence.
2. Membantu mencari penyelesaian dari permainan pergeseran angka dalam bintang kejora.
1.4 Pembatasan Masalah
Ruang lingkup permasalahan dalam merancang perangkat lunak ini dibatasi sebagai berikut :
1. Bintang kejora yang digunakan memiliki 2 jenis (bentuk), yaitu :
a. Bentuk bintang berkaki lima, dengan jumlah titik (node) dalam bintang kejora sebanyak 10 buah, dan jumlah titik yang dapat diisi adalah sebanyak 9 buah.
b. Bentuk bintang berkaki enam, dengan jumlah titik (node) dalam bintang kejora sebanyak 12 buah, dan jumlah titik yang dapat diisi adalah sebanyak 11 buah.
2. Keadaan awal dan keadaan akhir yang diinginkan dapat ditentukan secara manual ataupun di-setting secara acak oleh komputer.
3. Input dapat berupa angka-angka dengan tipe data bilangan bulat positif atau huruf dengan batasan maksimal 2 digit.
4. Perangkat lunak menyediakan interface untuk menyelesaikan permainan secara manual.
5. Perangkat lunak akan menampilkan semua langkah – langkah penyelesaian yang mungkin.
6. Jika tidak terdapat solusi, maka perangkat lunak akan menampilkan sebuah pesan pemberitahuan.
1.5 Metodologi Penyelesaian
Langkah – langkah pembuatan perangkat lunak ini antara lain :
1. Membaca dan mempelajari buku – buku yang berhubungan dengan Artificial Intelligence (AI).
2. Mempelajari mengenai proses penyelesaian dari permainan pergeseran angka dalam bintang kejora.
3. Merancang suatu perangkat lunak penyelesaian dari permainan pergeseran angka dalam bintang kejora dengan menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0.
4. Menguji perangkat lunak dan memperbaiki kesalahan (error) yang muncul.
| Download File Lengkapnya... |
| Download File Lengkapnya... |
21.47
Unknown
Comment With Facebook!
4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Perangkat Lunak Penyelesaian Permainan Pergeseran Angka Dalam Bintang Kejora
Rating: