Follow me on Facebook! Follow me on Twitter!
 7projectsdistro.com - Toko Kaos Distro Online Terlengkap Termurah dan Terpercaya

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VISUAL SISWA KELAS V SD

PanduanTOEFL Terbaik dengan Metode MindMap
A. Latar Belakang Masalah PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VISUAL SISWA KELAS V SD

Maksud dan tujuan utama pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (SD) adalah untuk memberikan dampak pengiring (nurturant effect) yang berupa perkembangan dan pertumbuhan kompetensi komunikatif baik secara lisan maupun tulisan, khususnya dalam bahasa Indonesia. Sampai saat ini kenyataan yang dapat dilihat di lapangan, bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia yang dicapai masih terbatas pada ketuntasan evaluasi (Instructional objective) berupa UAS (Ujian Akhir Sekolah) yang ditandai dengan lulus ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia yang hanya diakhiri dengan evaluasi atau Ujian Akhir Sekolah belum bisa menggambarkan seseorang mampu atau mahir berbahasa indonesia dengan baik dan benar. Dikatakan demikian karena masih banyak fenomena yang menunjukkan bahwa siswa dalam berbahasa Indonesia belum bisa menggunakan bahasa yang hakiki, baik berbahasa secara respektif (menyimak dan membaca) maupun secara produktif (berbicara dan menulis).
Ujian Akhir Sekolah yang menggunakan tes objektif, aspek yang diujikan baru sebagian berupa pengetahuan (kognitif). Dewasa ini siswa tingkat Sekolah Dasar belum melaksanakan ujian atau evaluasi dalam pelajaran Bahasa Indonesia yang menuntut “bagaimana” mampu berbahasa Indonesia yang meliputi teknik, praktek dan penulisan atau mengarang.
Selain kurikulum, siswa, media pembelajaran, fasilitas, sumber belajar, guru adalah salah satu komponen dalam pembelajaran dan merupakan faktor strategis yang menentukan keberhasilan tujuan pembelajaran.
Pembelajaran yang inovatif menuntut penggunaan media pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi dan tingkat perkembangan siswa sehingga siswa lebih tertarik dan tumbuh minat untuk memfokuskan perhatiannya selama pembelajaran berlangsung. Arif S. Sadiman (2008:7) berpendapat, media adalah

sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan kepada penerima pesan sehingga merangsang siswa untuk memusatkan perhatian selama proses pembelajaran. Sampai saat ini media yang digunakan guru masih terbatas, kurang bervariasi sedang metode masih dominan dengan ceramah, hal ini mengakibatkan kurang bisa menumbuhkan minat anak. Pemilihan media yang tepat dalam proses pembelajaran sangat menunjang keberhasilan tujuan pembelajaran.
Materi pembelajaran Bahasa Indonesia yang menuntut keterampilan berbahasa salah satunya adalah menulis. Kemampuan dasar menulis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terfokus dalam tiga hal pokok yaitu menulis kebahasaan, menulis paragraf, dan menulis tema, topik dan kerangka karangan. Ketiga hal pokok tersebut sangat perlu dipelajari karena beberapa alasan. Pertama , ketiga hal pokok tersebut merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai sebelum menjadi seorang penulis yang baik. Kedua, ketiga pokok bahasan tersebut merupakan bagian dari materi yang harus diajarkan di Sekolah Dasar, sehingga dengan menguasai materi ini memiliki bekal yang cukup untuk melakukan tugas sehari-hari. Ketiga, dengan menguasai ketiga hal pokok tersebut akan membantu memperlancar dalam mempelajari materi pembelajaran yang lain.
Sampai saat ini menurut pengamatan penulis, nilai yang dicapai dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD kami khususnya yaitu keterampilan menulis karangan masih di bawah standar ketuntasan minimal. Mengarang merupakan pembelajaran yang kurang menyenangkan bahkan membosankan. Ketidakmampuan siswa dalam menuangkan pikiran dalam bentuk tulisan berupa karangan disebabkan oleh beberapa hal yaitu : 1. Kurangnya pengetahuan memahami topik meliputi pengungkapan isi dan
kurang tepatnya dalam menarik kesimpulan. 2. Kurang mampu mengungkapkan penalaran yang diwujudkan dalam paragraf.
Melalui proses penalaran kita dapat sampai kepada kesimpulan yang berupa asumsi, hipotesis, teori atau keputusan lainnya. Penalaran disini dibatasi sebagai proses pemikiran untuk memperolaeh kesimpulan yang logis berdasarkan atas evidensi yang relevan. Dengan demikian penalaran dapat disimpulkan

sebagai proses penafsiran fakta yang digunakan sebagai dasar untuk menarik kesimpulan.
Sehubungan dengan hal tersebut di atas, pembelajaran Bahasa Indonesia berupa karangan harus menggunakan pilihan kata atau diksi yang konsisten atau makna yang tepat dan jelas sehingga karangan tersebut akan lebih bermakna.
Sebagai salah satu komponen pembelajaran, media adalah merupakan bagian yang harus mendapat perhatian guru dalam setiap kegiatan pembelajaran yang diawali dengan penyusunan rancangan pembelajaran. Kenyataan di lapangan masih banyak guru yang belum memanfaatkan penggunaan media dengan tepat. Untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa Sekolah Dasar, penulis berusaha untuk bisa menarik dan membangkitkan semangat kepada anak dengan menggunakan media gambar. Media gambar ternyata bisa membantu anak untuk membuat kalimat sesuai dengan pesan yang terkandung dalam gambar.
Gagne dan Briggs (dikutip Arsyad, 2002) menyatakan bahwa media pembelajaran meliputi alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran antara lain terdiri atas : buku, tape recorder, film, foto, grafik, kaset, video kamera, televisi, komputer dan lain-lain. Jadi media adalah komponen sumber belajar atau peralatan siswa untuk belajar. Dalam Depdiknas (2003) dinyatakan bahwa media pembelajaran adalah media pembelajaran yang secara khusus digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu yang sudah dirumuskan.
Sampai saat ini berdasarkan pengamatan di kelas dapat diidentifikasikan faktor-faktor penyebab ketidakmampuan siswa dalam menulis karangan, antara lain : 1. Kurang tepatnya penggunaan media dan strategi pembelajaran yang dipilih
guru 2. Rendahnya minat baca dan motivasi siswa dalam pembelajaran Bahasa
Indonesia sehingga berpengaruh dalam hal menulis karangan. Bertolak dari uraian di atas, maka penelitian tindakan kelas perlu
dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam hal menulis karangan. Selain itu juga perlu meningkatkan pembinaan menulis

karangan secara intensif agar dapat memunculkan pengaruh berupa kompetensi menulis karangan dengan bahasa yang baik dan benar secara respektif dan produktif.
B. Perumusan Masalah
Dari uraian yang telah dikemukakan di atas, bahwa permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan dari berbagai permasalahan yang ada di lapangan. Adapun rumusan masalah pokoknya sebagai berikut : Apakah dengan penggunaan media visual dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan ?

Like Skripsi Ini :

Baca Juga Judul Menarik Lainnya di Bawah INI :

Comment With Facebook!

Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VISUAL SISWA KELAS V SD