A. Latar Belakang Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelanggan Melakukan Pemesanan Pada Catering “Cinta Kasih"
Perilaku seseorang dalam memilih makanan sangatlah subjetif. Hal ini dapat
dimengerti karena pemilihan dipengaruhi oleh latar belakang hidup seseorang.
Menurut Marwanti (2000:1) pada umumnya ada tiga pengaruh seseorang, tempat
seseorang hidup dan dibesarkan yaitu :1) lingkungan keluarga, tempat seseorang
hidup dan dibesarkan; 2) lingkungan diluar system sosial keluarga yang
mempengaruhi langsung kepada dirinya maupun keluarganya; 3) dorongan yang
berasal dalam diri atau disebut faktor internal.
Setiap manusia mempunyai cara berbeda untuk memenuhi kebutuhan primernya
atau kebutuhan pokoknya. Cara tersebut bisa dengan mengolah sendiri atau dengan
menggunakan jasa makanan. Penggunaan jasa makanan pada saat ini sangat
meningkat, karena konsumen tidak mau repot-repot untuk menyediakan sendiri
makanannya terutama dalam jumlah besar seperti: acara pernikahan,acara dapat dan
lain-lain. Karena bila diolah sendiri oleh konsumen akan memerlukan waktu, dana
dan tenaga yang lebih banyak dan diperlukan keahlian untuk mengolahnya. Cukup
dengan menyediakan sejumlah uang makanan akan tersaji di tempat.
Menurut Lupiyoadi (2006:5) ada beberapa faktor yang menyebabkan orang
melakukan pembelian ulang pada suatu usaha penyediaan makanan diantaranya
adalah cita rasa makanan, harga terjangkau, perhatian dan pelayanan cepat dan lain-
lain. Sedangkan menurut Alma (2003:36) ada beberapa faktor yang mendukung
bertambahnya pelanggan suatu jasa, faktor tersebut adalah bauran pemasaran jasa
terdiri dari Produk (product), Harga (price), Tempat (place), Promosi (promotion),
Orang (people), Bukti fisik (physical evidence) dan Proses (process). Melakukan
bauran pemasaran yang tepat sasaran akan semakin meningkatkan jumlah pelanggan
(konsumen).
Ada konsumen melakukan pemesanan dengan harga yang mahal dengan
harapan konsumen akan merasa puas. Disamping itu adapula yang cenderung
memilih dengan harga yang biasa, tetapi memberikan kepuasan dalam rasa makanan
yang disantapnya.
Dalam hal ini catering “Cinta Kasih” merupakan salah satu contohnya, dimana
catering ini merupakan usaha makanan yang menawarkan menu dengan rasa yang
spesial pada makanannya dan harga yang dapat dijangkau pasar konsumennya,
dengan produk unggulan seperti : saksang, ikan mas arsik, ikan mas asam manis, sup,
sayur, panggang, rendang dan lain-lain. Konsumen yang melakukan pemesanan
kebanyakan adalah orang yang sudah mengetahui keberadaan usaha makanan ini dan
adapula yang telah menjadi pelanggan setia yaitu orang yang telah mulai
membiasakan diri untuk membeli suatu produk atau jasa yang ditawarkan usaha
tertentu.
Pada persaingan yang cukup ketat dibidang jasa makanan ternyata usaha
catering “Cinta Kasih” ini dapat bertahan. Hal ini ditunjang dengan strategi yang
dijalankan dengan mempertahankan kualitas makanan dengan harga yang terjangkau
dan pelayanan yang baik yang ditandai dengan semakin bertambahnya jumlah
pelanggan setiap tahunnya.
14.21
Unknown
Comment With Facebook!
4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelanggan Melakukan Pemesanan Pada Catering “Cinta Kasih"
Rating: