Follow me on Facebook! Follow me on Twitter!
 7projectsdistro.com - Toko Kaos Distro Online Terlengkap Termurah dan Terpercaya

Membangun Software Soal Ujian Masuk Untuk Sekolah Menengah Umum dengan Menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0

PanduanTOEFL Terbaik dengan Metode MindMap
1.1 Latar Belakang Masalah Membangun Software Soal Ujian Masuk Untuk Sekolah Menengah Umum dengan Menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0

Perkembangan yang ada di bidang teknologi komputer personal sangatlah beragam dan begitu cepat berlangsung. Salah satu bidang yang semakin berkembang dengan cepat adalah bidang pemanfaatan jaringan komputer lokal atau sering disebut dengan Local Area Network (LAN). Efisiensi biaya, tenaga maupun berbagai sumber daya yang ditawarkan oleh sistem jaringan komputer yang baik menjadi teknologi jaringan komputer semakin memasyarakat dan semakin dibutuhkan, terutama oleh organisasi-organisasi baik perusahaan, instansi pemerintah dan lain-lain, yang pada umumnya berjalan dengan melibatkan kerja dari sekelompok pengguna komputer.
Sedangkan dalam dunia pendidikan di Indonesia sekarang ini, untuk setiap siswa yang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya ketingkat yang lebih tinggi, seperti dari Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) ke Sekolah Menengah Umum (SMU), harus melalui proses seleksi ujian masuk yang cukup ketat, selain dari ujian pada akhir jenjang pendidikan pada sekolah sebelumnya. Hal ini berbeda dengan waktu-waktu sebelumnya, ketika sistem NEM (Nilai Ebtanas Murni) belum dihapuskan oleh pemerintah yaitu pada tahun ajaran 2002 / 2003. Dengan adanya hal tersebut diatas, setiap lembaga pendidikan, setiap awal tahun ajaran baru harus menyiapkan lembaran soal ujian untuk proses penyaringan siswa baru yang akan melanjutkan pendidikannya pada sekolah tersebut. Hal ini menyebabkan pihak sekolah harus mengeluarkan anggaran biaya untuk pengadaan lembar soal ujian dan lembar jawaban soal yang jumlahnya tidak sedikit, serta waktu yang cukup lama untuk proses pemeriksaan hasil ujian tersebut.
Dengan adanya permasalahan tersebut dan dengan semakin memasyarakatnya sistem jaringan komputer lokal, penulis mengusulkan suatu software/perangkat lunak yang digunakan pada saat seleksi ujian masuk siswa baru. Dengan software/perangkat lunak ini, soal ujian tidak lagi disajikan dalam bentuk lembaran kertas, tetapi di sediakan dalam bentuk program komputer yang terhubung kedalam jaringan, sehingga akan lebih menghemat biaya dan menghemat waktu pemeriksaan, sebab proses pemeriksaan hasil ujian dilakukan secara terkomputerisasi dan soal dapat digunakan kembali tanpa atau dengan pembaharuan terlebih dahulu. Penulis mengusulkan aplikasi soal ujian ini dengan alasan untuk lebih memanfaatkan secara efektif pasilitas yang ada yaitu berupa laboratorium komputer dan lebih membiasakan setiap siswa untuk bekerja dengan menggunakan komputer.

1.2 Maksud dan Tujuan Penulisan
Maksud dari penulisan ini adalah agar dalam proses seleksi ujian masuk tidak dilakukan secara manual melainkan secara terkomputerisasi agar lebih epektif dan lebih membiasakan siswa untuk bekerja dengan komputer.
Sedangkan tujuan yang hendak dicapai dalam penulisan ini adalah untuk mempermudah proses pemeriksaan hasil ujian dan pembuatan laporan daftar kelulusan calon siswa serta pembaharuan soal ujian untuk periode berikutnya bisa dilakukan dengan mudah dan lebih menghemat biaya, hal ini karena proses pembaharuan soal dilakukan dengan cara mengupdate isi dari data base soal ujian, bukan dengan cara mengganti secara keseluruhan, tidak seperti apabila menggunakan soal dalam bentuk lembaran kertas yang harus mencetak ulang soal yang akan digunakan.

| Download File Lengkapnya... |
Like Skripsi Ini :

Baca Juga Judul Menarik Lainnya di Bawah INI :

Comment With Facebook!

Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Membangun Software Soal Ujian Masuk Untuk Sekolah Menengah Umum dengan Menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0

0 komentar:

Posting Komentar