Follow me on Facebook! Follow me on Twitter!
 7projectsdistro.com - Toko Kaos Distro Online Terlengkap Termurah dan Terpercaya

Informasi Sifat Fisik dan Kimia Pengembangan Tanaman Pertanian

PanduanTOEFL Terbaik dengan Metode MindMap
A. Latar Belakang Informasi Sifat Fisik dan Kimia Pengembangan Tanaman Pertanian

Indonesia memiliki kawasan gambut yang sangat luas yaitu 19 juta hektar atau 10 persen luas wilayah negara. Delapan puluh sembilan persen diantaranya berupa lahan gambut yang sebagian besar terletak di Papua Barat, Sumatera, dan Kalimantan. Lahan-lahan basah tropis ini secara alami tertutup rapat oleh vegetasi hutan dan seringkali memiliki jenis kayu bernilai tinggi (Suyatno, 2004).
Lahan gambut adalah salah satu sumberdaya alam yang tersebar di Sumatera Selatan. Penggunaan lahan gambut untuk sektor pertanian, perkebunan dan kehutanan telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Guna menjaga keberadaan dan kelestarian lahan gambut sangat diperlukan pengetahuan karateristik, potensi dan peranan lahan gambut baik untuk kehidupan manusia, lingkungan dan kondisi lingkungan global pada saat ini dan masa mendatang. (Subagjo, 2002).
Untuk menjaga keberadaan dan kelestarian lahan gambut tersebut maka harus di kembangkan lahan yang berbatasan dengan gambut seperti lahan kering atau lahan penyangga gambut, misalnya mengembangkan tanaman hortikultura, perkebunan, dan pangan. Tujuan dikembangkannya lahan yang berbatasan dengan gambut tersebut supaya masyarakat tidak memasuki kawasan lahan gambut, maka untuk itu dapat diberikan beberapa alternatif tanaman untuk dapat dikembangkan pada lahan penyangga gambut atau lahan kering disekitar gambut dan yang dapat memenuhi kebutuhan ekonominya.
Pemanfaatan lahan kering yang berbatasan dengan gambut mempunyai keuntungan yang sangat besar di samping untuk penghasil berbagai komoditas pertanian dan dapat juga mengalihkan perhatian masyarakat untuk tidak memanfaatkan lahan gambut.
Lahan kering dalam keadaan alamiah memiliki kondisi antara lain peka terhadap erosi, terutama bila keadaan tanahnya miring atau tidak tertutup vegetasi, tingkat kesuburannya rendah, air merupakan faktor pembatas dan biasanya tergantung dari curah hujan serta lapisan olah dan lapisan bawahnya memiliki kelembaban yang amat rendah.
Lahan kering mempunyai potensi besar untuk pengembangan pertanian, baik tanaman pangan, hortikultura maupun tanaman perkebunan. Pengembangan berbagai komoditas pertanian di lahan kering merupakan salah satu pilihan strategis untuk meningkatkan produksi dan mendukung ketahanan pangan nasional.
Berdasarkan permasalahan dan potensi yang ada maka perlu dilakukan suatu kegiatan untuk mengetahui kualitas sifat fisik dan kimia tanah serta menduga potensi lahan tersebut agar dapat dimanfaatkan sebagai lahan pengembangan tanaman pertanian, baik tanaman pangan, hortikultura maupun tanaman perkebunan disekitar areal Desa Belanti Kecamatan SP Padang Kabupaten Ogan Komering Ilir.

| Download File Lengkapnya... |
Like Skripsi Ini :

Baca Juga Judul Menarik Lainnya di Bawah INI :

Comment With Facebook!

Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Informasi Sifat Fisik dan Kimia Pengembangan Tanaman Pertanian

0 komentar:

Posting Komentar