Follow me on Facebook! Follow me on Twitter!
 7projectsdistro.com - Toko Kaos Distro Online Terlengkap Termurah dan Terpercaya

Karakterisasi Morfologi Dan Anatomi Lengkeng (Nephelium Longata L.) Kultivar Unggul Lokal “Mutiara” Poncokusumo

PanduanTOEFL Terbaik dengan Metode MindMap
1.1 Latar Belakang Karakterisasi Morfologi Dan Anatomi Lengkeng (Nephelium Longata L.) Kultivar Unggul Lokal “Mutiara” Poncokusumo

Indonesia adalah wilayah tropis, beriklim basah, serta berada di wilayah khatulistiwa yang terbentang antara 23o 17’ Lintang Utara dan 23o 17’ Lintang Selatan. Daerah ini memungkinkan tumbuhnya berbagai macam tumbuhan dengan subur. Berbagai macam buah-buahan, seperti durian, rambutan, lengkeng tumbuh liar di hutan Jawa, Sumatera dan Kalimantan. Namun, masih terlalu sedikit yang dibudidayakan, padahal buah-buahan tersebut merupakan harta alam yang sangat berharga.
Keanekaragaman hayati yang dimiliki oleh Indonesia sangat besar. Oleh sebab itu dengan potensi alam dan potensi plasma nutfah tersebut sangat memungkinkan bagi pengembangan buah-buahan tropis menjadi komoditi unggulan. Komoditi buah-buahan tropis Indonesia merupakan produk yang eksotik, khususnya tanaman buah-buahan tahunan (perennial). Keanekaragaman jenis buah-buahan merupakan sumber genetik yang sulit ditemukan di daerah lain. Plasma nutfah ini dapat menjadi bahan utama dalam perakitan jenis baru atau varietas unggul buah-buahan di masa datang.
Peran hortikultura, khususnya buah-buahan Indonesia dalam meningkatkan pendapatan petani maupun devisa negara belum berarti, walaupun permintaan buah-buahan segar sangat tinggi. Budidaya buah tropis merupakan usaha pertanian yang memiliki prospek usaha yang menguntungkan. Salah satu diantaranya buah lengkeng. Buah lengkeng mengandung zat gizi yang merupakan sumber energi, seperti protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, niacin, dan vitamin C. Ada beberapa jenis lengkeng yang telah dikeluarkan dan mendapat izin dari pemerintah sebagai lengkeng unggul yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.
Hampir semua tempat di Indonesia cocok untuk ditanami lengkeng, baik daerah dataran tinggi yang memang habitat asli lengkeng, maupun dataran rendah. Salah satu daerah yang sesuai untuk budidaya lengkeng adalah Malang. Di salah satu kecamatan, tepatnya di Poncokusumo telah dikembangkan lengkeng kultivar “Mutiara” yang kualitasnya tidak kalah bagus dengan varietas lengkeng yang telah ada. Meskipun produk lokal, diharapkan lengkeng “Mutiara” ini juga bisa bersaing di pasar nasional bahkan dunia.

1.2 Tujuan
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik lengkeng jenis unggul lokal “Mutiara” Poncokusumo ditinjau dari aspek morfologi dan anatomi tanaman, baik secara internal quality maupun external quality.

1.3 Hipotesis
Lengkeng lokal kultivar “Mutiara” Poncokusumo memiliki karakteristik unggul yang tidak kalah dengan lengkeng varietas unggul lainnya.

| Download File Lengkapnya... |
Like Skripsi Ini :

Baca Juga Judul Menarik Lainnya di Bawah INI :

Comment With Facebook!

Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Karakterisasi Morfologi Dan Anatomi Lengkeng (Nephelium Longata L.) Kultivar Unggul Lokal “Mutiara” Poncokusumo

0 komentar:

Posting Komentar