Follow me on Facebook! Follow me on Twitter!
 7projectsdistro.com - Toko Kaos Distro Online Terlengkap Termurah dan Terpercaya

PENERAPAN MEDIA CD-INTERAKTIF GRAMMATIK: LERNEN PER MAUS KLICK UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA JERMANDI KELAS X SMA LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI MALANG

PanduanTOEFL Terbaik dengan Metode MindMap
Latar Belakang PENERAPAN MEDIA CD-INTERAKTIF GRAMMATIK: LERNEN PER MAUS KLICK   UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA JERMANDI KELAS X SMA LABORATORIUM  UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau yang biasa disebut KTSP adalah kurikulum terbaru yang dilaksanakan di Indonesia. KTSP adalah semangat otonomi yang diberikan oleh pemerintah bagi praktisi pendidikan untuk mendesain kurikulum sesuai dengan kebutuhan satuan tingkat pendidikan maupun daerah di mana satuan tingkat pendidikan tersebut berada. Pelaksanaan KTSP yang sarat dengan peraturan-peraturan administrasi-birokrasi yang mengikat tersebut diberikan kepada dunia pendidikan bukannya tanpa sebab. Pada hakekatnya peraturan tersebut adalah wujud dari kepatuhan pemerintah (dalam hal ini Departemen Pendidikan) terhadap Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. Dalam Bab IX tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 36 menyebutkan bahwa pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengacu pada standar nasional pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian pendidikan yang harus ditingkatkan secara berencana dan berkala Dengan berlakunya KTSP, maka konsekuensi yang harus ditanggung oleh sekolah adalah restrukturisasi dalam pengelolaan sekolah (capacity building), profesionalisme guru, penyiapan infrastruktur, kesiapan siswa dalam proses belajar dan suasana akademik sekolah diakses tanggal 1 Oktober 2009) . Oleh karena itu, setiap sekolah berusaha melengkapi fasilitas yang diperlukan untuk menunjang pendidikan. Salah satu fasilitas yang sangat penting adalah laboratorium, karena di laboratorium siswa dapat langsung berinteraksi langsung atau praktik sehingga siswa tidak hanya belajar teori tetapi juga penerapan. Laboratorium komputer bisa dimanfaatkan untuk media pembelajaran agar proses pembelajaran menjadi semakin nyaman dan menyenangkan. Peralatan yang tersedia pun masih harus ditunjang dengan keberadaan media pembelajaran.

Saat ini fasilitas laboratorium komputer tidak hanya digunakan untuk pelajaran berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) saja, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran bahasa, khususnya bahasa asing. Dalam mempelajari bahasa asing, siswa dihadapkan pada hal-hal baru, khususnya dalam hal tata bahasa (grammatik). Setiap bahasa memiliki tata bahasa yang berbeda-beda. Tata bahasa dalam bahasa Jerman berbeda jauh dengan bahasa Indonesia ataupun Inggris yang telah dipelajari sejak dini. Perbedaan tersebut yang sangat menonjol terletak pada konjugasi dan pengklasifikasian kata benda dalam tiga bentuk, yaitu maskulin (der), netral (das), dan feminim (die). Hal tersebut sesuai dengan pengamatan penulis ketika melaksanakan Program Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang pada bulan Agustus sampai dengan Oktober 2009. Selama melaksanakan PPL, banyak siswa yang mengalami kesulitan untuk menentukan konjugasi dan Artikelwörter yang benar. Konjugasi harus disesuaikan dengan Personalpronomen, sedangkan Artikelwörter selalu menyertai jenis kata benda yang ada dan berubah sesuai dengan kasusnya. Oleh karena itu, diperlukan sebuah media yang dapat menarik minat siswa untuk lebih giat belajar dalam menggunakan konjugasi dan Artikelwörter.
Media berbasis komputer atau CD-Interaktif yang beredar dipasaran sangatlah bervariasi, diantaranya adalah Tell Me More, Einblicke, Tripleplay Plus, Hallo aus Berlin, Sim Salabim, Redaktion D . Namun, kelemahan media CD-Interaktif tersebut adalah kurang sesuai dengan KTSP karena pembuatannya dilakukan di Jerman dan dibuat oleh orang Jerman sehingga lebih sesuai ke kurikulum Eropa, yaitu Gemeinsame Europäische Referenzrahmen (GER). Untuk mengatasi kelemahan tersebut, maka banyak media pembelajaran yang dikembangkan oleh mahasiswa bahasa Jerman dari hasil mata kuliah Media Pembelajaran. Membuat media pembelajaran adalah tugas akhir dari mata kuliah Media Pembelajaran, sehingga banyak media yang dihasilkan dan lebih sesuai dengan KTSP, misalnya Spaß mit Wechselpräposition karya Onny (2009), CD- Interaktif karya Izati (2009) yang tidak ada namanya, Grammatik: lernen per Maus Klick, dan masih banyak lainnya yang berbentuk flash. Selama ini belum ada penelitian tentang CD-Interaktif Grammatik: Lernen per Maus Klick, sehingga peneliti ingin mengetahui bagaimana penerapan media CD-Interaktif Grammatik: Lernen per Maus Klick sebagai latihan pemantapan. Penelitian ini diadakan bagi siswa kelas X pada semester 2, maka sesuai KTSP salah satu tema yang diajarkan pada semester tersebut adalah kehidupan sekolah" lebih sesuai dengan KTSP, maka peneliti memilih media Grammatik: Lernen per Maus Klick karena isi media Grammatik: Lernen per Maus Klick sesuai dengan tema yang sedang diajarkan pada saat penelitian.

Berdasarkan kondisi pembelajaran bahasa Jerman di SMA Lab UM, maka peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian di SMA Lab UM yang berjudul Penerapan Media CD-Interaktif Grammatik: Lernen per Maus Klick untuk pembelajaran bahasa Jerman di kelas X SMA Lab UM .

1.2 Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini berdasarkan latar belakang di atas adalah sebagai berikut.
(1) Bagaimana kemampuan siswa dalam mengkonjugasikan haben dan menentukan bestimmter und unbestimmter Artikel sebelum menggunakan Media CD-Interaktif Grammatik: Lernen per Maus Klick ?
(2) Bagaimana penerapan Media CD-Interaktif Grammatik: Lernen per Maus Klick untuk pembelajaran bahasa Jerman di kelas X SMA Lab UM?
(3) Bagaimana kemampuan siswa dalam mengkonjugasikan haben dan menentukan bestimmter und unbestimmter Artikel sesudah menggunakan Media CD-Interaktif Grammatik: Lernen per Maus Klick ?

Like Skripsi Ini :

Baca Juga Judul Menarik Lainnya di Bawah INI :

Comment With Facebook!

Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: PENERAPAN MEDIA CD-INTERAKTIF GRAMMATIK: LERNEN PER MAUS KLICK UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA JERMANDI KELAS X SMA LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI MALANG