Follow me on Facebook! Follow me on Twitter!
 7projectsdistro.com - Toko Kaos Distro Online Terlengkap Termurah dan Terpercaya

PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA SWALAYAN “ASSGROS SARTIKA” GEMOLONG DI KABUPATEN SRAGEN

PanduanTOEFL Terbaik dengan Metode MindMap
1.1 Latar Belakang PENGARUH  KERAGAMAN  PRODUK  DAN  PELAYANAN TERHADAP  LOYALITAS  KONSUMEN  PADA   SWALAYAN “ASSGROS SARTIKA” GEMOLONG   DI KABUPATEN SRAGEN

Kemajuan dibidang perekonomian selama ini telah banyak membawa akibat perkembangan yang pesat dalam bidang usaha. Sejalan dengan hal tersebut banyak bemunculan perusahaan dagang yang bergerak pada bidang perdagangan eceran (retailing) yang berbentuk toko, mini market, departement store (toserba), pasar swalayan (supermarket) dan lain-lain. Hal tersebut akan menimbulkan persaingan diantara perusahaan-perusahaan tersebut. Agar perusahaan dapat memenangkan persaingan tersebut mereka memanfaatkan peluang-peluang bisnis yang ada dan berusaha untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat dalam rangka untuk menguasai pasar. Penguasaan pasar merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang dilaksanakan oleh para pengusaha dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya, berkembang dan mendapatkan laba semaksimal mungkin. Hal tersebut bisa tercapai bila konsumen merasa puas akan kinerja produk yang ditawarkan oleh pengusaha. Menurut Schanaars (dalam Tjiptono 2000:24) kepuasan pelanggan merupakan salah satu kunci keberhasilan suatu usaha, hal ini dikarenakan dengan memuaskan konsumen, organisasi atau perusahaan dapat meningkatkan tingkat keuntungannya dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas. Sedangkan Tjiptono (1997:162) pada dasarnya tujuan dari suatu bisnis adalah menciptakan para pelanggan yang merasa puas. Terciptanya kepuasan pelanggan dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya hubungan antara perusahaan dan pelanggannya menjadi harmonis, memberikan dasar yang baik bagi pembelian ulang dan terciptanya loyalitas pelanggan, dan membentuk suatu rekomendasi dari mulut ke mulut (word-of-mount) yang menguntungkan bagi perusahaan (Tjiptono,2000:68).

Konsumen yang loyal merupakan kunci sukses suatu bisnis atau usaha. Mempertahankan konsumen yang loyal memang harus mendapatkan prioritas yang utama dari pada mendapatkan pelanggan yang baru. Hal ini disebabkan bahwa untuk merekut atau mendapatkan pelanggan baru bukanlah hal yang mudah karena akan memerlukan biaya yang banyak, maka sangatlah rugi bila perusahaan melepas konsumen yang loyal atau pelanggan secara begitu saja. Menurut Swatha dan Irawan (2002:122) faktor-faktor yang mempengaruhi akan loyalitas adalah harga, penggolongan dan keragaman barang, lokasi penjual yang strategis dan mudah dicapai, desain fisik toko, service yang ditawarkan pada pelanggan, kemampuan tenaga penjual dan pengiklanan serta promosi di toko. Salah satu unsur kunci dalam persaingan diantara bisnis eceran adalah ragam produk yang disediakan oleh pengecer. Oleh karena itu, pengecer harus membuat keputusan yang tepat mengenai keragaman produk yang dijual, karena dengan adanya macam-macam produk dalam arti produk yang lengkap mulai dari merk, ukuran, kualitas dan ketersediaan produk setiap saat seperti yang telah diuraikan diatas. Dengan hal tersebut maka akan memudahkan konsumen dalam memilih dan membeli berbagai macam produk sesuai dengan keinginan mereka.

Sesuatu yang diinginkan oleh konsumen adalah bagaimana cara untuk mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan serta menyediakaan beranekaragam produk dan alternatif pilihan, harga yang bersaing, pelayanan dan fasilitas yang memuaskan serta suasana berbelanja yang nyaman semuanya terdapat dalam satu toko atau dengan nama lain yaitu pasar swalayan. Disamping memperhatikan keragaman produk perusahaan yang bergerak dibidang retail harus juga berupaya untuk memberikan pelayanan yang baik, sebab pelayanan yang berkualitas merupakan salah satu cara untuk menarik dan mempertahankan konsumen. Pelayanan harus diperhatikan karena dalam memilih suatu produk atau jasa konsumen selalu berupaya untuk memaksimalkan nilai yang dirasakan. Apabila konsumen merasa nilai yang dirasakan lebih tinggi dari pada yang diharapkan maka konsumen akan merasa pu8as dan cenderung akan loyal. Swalayan merupakan sebuah toko yang menganut operasi swalayan, volume harga barang tinggi, laba sedikit biaya murah. Toko ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen baik makanan, minuman ataupun barang-barang rumah tangga yang lain yang tidak memerlukan keterangan lebih lanjut. Keberadaan swalayan Assgros Sartika Gemolong merupakan tempat perbelanjaan yang strategis dan terletak di Jalan Sukowati yang mana merupakan pusat keramaian kota. Konsumen dimungkinkan tidak mengalami kesulitan untuk datang ke swalayan Assgros Sartika, hal ini dikarenakan alat transportasi yang mudah ditemui sehingga swalayan Assgros Sartika mudah untuk dijangkau. Kepuasan konsumen yang menimbulkan loyalitas konsumen merupakan penentuan konsumen untuk berbelanja. Dalam penelitian ini, penulis akan membahas mengenai keragaman produk dan pelayanan. Sedangkan untuk penggolongan, lokasi, promosi tidak dijelaskan karena swalayan Assgros Sartika tidak melakukan promosi dan tiap-tiap produk yang dijual di swalayan merupakan tanggung jawab produsen untuk melakukan promosi bagi produknya masing- masing. Berdasarkan tabel diatas bahwa omzet penjualan pada Swalayan Assgros Sartika cenderung mengalami perubahan. Perubahan omzet penjualan yang sangat terasa pada bulan Oktober, dikarenakan pada awal bulan November tersebut terdapat hari raya Idul Fitri, konsumen cenderung berbelanja lebih banyak untuk menyongsong hari besar tersebut. Omzet yang cenderung naik tersebut dapat dijadikan indikasi bahwa konsumen lebih senang berbelanja di Swalayan Assgros Sartika karena banyak faktor. Namun, pada bulan Agustus dan November omzet penjualan mengalami penurunan, sedangkan pada bulan Desember mengalami penurunan lagi di bandingkan bulan sebelunmya walaupun pada bulan itu terdapat hari raya Natal dan Tahun Baru, hal ini dapat dikarenakan masyarakat di Gemolong sebagian besar memeluk agama Islam. Faktor-faktor yang menentukan adanya motif langganan (Swastha dan Irawan, 2002: 122) adalah : harga, penggolongan dan keragaman barang, lokasi penjual yang strategis dan mudah dijangkau, desain fisik toko, service yang ditawarkan pada pelanggan, kemampuan tenaga penjual, pengiklanan dan sales promosi di toko. Swalayan Assgros Sartika sebenarnya bukanlah satu-satunya pasar swalayan yang berada di Gemolong, masih ada dua lainnya yaitu LESTARI BARU Swalayan dan LUWES Swalayan dan ketiganya relatif sama besarnya dalam luas bangunannya. Menurut pengamatan sementara peneliti, terdapat kesenjangan antara Assgros Sartika Swalayan dengan swalayan lainnya. Assgros Sartika swalayan cenderung lebih sepi dan jarang dikunjungi konsumen di bandingkan dengan swalayan lainnya walaupun sudah melakukan promosi dan mempunyai lokasi yang berdekatan dengan pusat kota yang strategis, serta keragaman produk yang relatif lengkap dan harga yang relatif sama dibandingkan dengan swalayan lainnya. Berdasarkan latar belakang diatas, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian terhadap konsumen pada Asgros Sartika swalayan dengan judul “PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA SWALAYAN ASSGROS SARTIKA GEMOLONG

1.2 Identifikasi Masalah
Masalah yang akan diteliti berdasarkan pada judul dan latar belakang permasalahan sebagai berikut : Adakah pengaruh keragaman produk dan pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada Swalayan Assgros Sartika Gemolong.

Like Skripsi Ini :

Baca Juga Judul Menarik Lainnya di Bawah INI :

Comment With Facebook!

Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA SWALAYAN “ASSGROS SARTIKA” GEMOLONG DI KABUPATEN SRAGEN