A. Latar Belakang Masalah PENGARUH PENGGUNAAN TUGAS DAN RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 2 SEMESTER 2 POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SMP ISLAM SULTAN AGUNG I SEMARANG
Upaya peningkatan SDM yang berkualitas dapat melalui bidang
pendidikan sebagai pemegang peranan penting, karena pendidikan dapat
mengembangkan kemampuan, meningkatkan mutu kehidupan dan martabat
manusia terutama negara Indonesia serta mewujudkan manusia yang terampil,
potensial, dan berkualitas dalam melaksanakan pembangunan demi
terwujudnya tujuan pembangunan nasional.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut peningkatan
mutu pendidikan yang dapat dilakukan dengan melakukan perbaikan-
perbaikan, perubahan–perubahan dan pembaharuan terhadap aspek-aspek
yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan meliputi kurikulum, sarana dan
prasarana, guru, siswa, dan metode belajar mengajar.
Aspek-aspek yang paling dominan adalah guru, dan siswa. Kegiatan
yang dilakukan guru dan siswa dalam pengajaran disebut kegiatan belajar
mengajar. Subyek didik selalu berada dalam proses perubahan baik karena
pertumbuhan maupun perkembangannya. Dalam perkembangan subyek didik
memerlukan bantuan dan bimbingan serta berinteraksi dengan lingkungan.
Tiap lingkungan memberikan pengaruh pada proses pembentukan individu
melalui proses pendidikan yang diterimanya. Interaksi dengan lingkungan
tersebut akan menyebabkan subyek didik mengembangkan kemampuan
melalui proses belajar. “Salah satu faktor penting dalam belajar adalah sikap”
(Priyatno, 1994 : 289).
Setiap individu memiliki sikap dan pilihannya sendiri yang
dipertanggungjawabkan sendiri tanpa mengharapkan bantuan orang lain untuk
ikut mempertanggungjawabkannya. Hal ini sejalan dengan pendapat M.J.
Langeveld (dalam Umar Tirtahardja, 1994 : 17) yang menyatakan bahwa
setiap anak yaitu subyek didik memiliki dorongan untuk mandiri yang sangat
kuat meskipun disisi lain pada subyek didik terdapat rasa tak berdaya sehingga
memerlukan pihak lain dalam hal ini pendidik yang dapat dijadikan tempat
bergantung untuk memberikan perlindungan dan bimbingan.
Keberhasilan suatu proses belajar mengajar selain memahami materi,
juga dituntut mengetahui secara tepat posisi awal siswa sebelum mengikuti
pelajaran tersebut. Guru dapat menggunakan pendekatan pembelajaran yang
dipilihnya secara tepat yang diharapkan dapat membantu siswa dalam
pengembangan pengetahuan secara efektif. Agar siswa mendapatkan hasil
belajar yang maksimal, maka memerlukan bantuan dan bimbingan dalam
belajar sehingga tidak banyak mengalami kesulitan dalam mengikuti
pelajaran. Olek karena itu guru diharapkan menempatkan posisi dan
peranannya seoptimal mungkin.
Mata pelajaran matematika dengan pokok bahasan sistem persamaan
linear dengan dua variabel merupakan salah satu materi yang diberikan kepada
siswa SMP Islam Sultan Agung I Semarang sebagai bekal untuk dapat
mengembangkan sikap dan kemampuan serta pengetahuan dan keterampilan
dasar.
Pada abad ke-20 ini kesadaran akan pentingnya matematika dalam
kehidupan sehari-hari bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah
meluas dan merata hampir ke segala lapisan masyarakat. Peranan matematika
dalam kehidupan tidak hanya pada kehidupan individual, tetapi dalam
kehidupan bermasyarakat, bernegara, dan kehidupan antar bangsa. Pada masa
yang akan datang suatu bangsa yang tidak menguasai ilmu pengetahuan dan
teknologi akan mempunyai ketergantungan yang tinggi terhadap bangsa atau
negara lain. Salah satu syarat untuk dapat menguasai ilmu pegetahuan dan
teknologi adalah penguasaan yang baik atas matematika untuk itu guru
haruslah aktif dan kreatif dalam kegiatan belajar mengajar sehingga siswa
dapat menguasai materi dengan baik dan mendalam. Kreatif maksudnya
adalah guru mampu memiliki dan menggunakan berbagai metode dalam
penyampaian materi pelajaran matematika.
Penggunaan metode tugas dan resitasi merupakan salah satu upaya
untuk menanamkan konsep yang lebih dalam pada suatu materi pelajaran.
Pemberian tugas dan resitasi memerlukan perencanaan yang matang dengan
memperhatikan maksud dan tujuan, prinsip-prinsip suatu upaya pengefektifan
dan pertanggungjawaban dari pelaksanaan tugas. Dengan menggunakan
metode tugas dan resitasi diharapkan prestasi belajar siswa dalam bidang studi
matematika dapat optimal.
Berdasarkan uraian di atas maka peneliti tertarik untuk mengadakan
penelitian dengan judul “PENGARUH PENGGUNAAN TUGAS DAN RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 2 SEMESTER 2 POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SMP ISLAM SULTAN AGUNG I SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2005/2006“.
B. Rumusan Masalah
Salah satu metode dalam pembelajaran matematika yang dapat
mengaktifkan siswa adalah dengan penggunaan metode tugas dan resitasi.
Sebagaimana yang dikemukakan oleh Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan
Zain bahwa tugas dan resitasi merangsang siswa untuk aktif belajar, baik
secara individual maupun secara kelompok (2002 : 97).
Penyelenggaraan pembelajaran merupakan salah satu tugas utama
guru, dimana pembelajaran dapat diartikan sebagai kegiatan yang ditujukan
untuk membelajarkan siswa. Untuk dapat membelajarkan siswanya, maka
dalam pembelajaran matematika perlu menggunakan metode mengajar yang
berlandaskan kepada pembelajaran aktif (Ahmad Zubaidi, 2002 : 23).
Pemberian atau penggunaan tugas dan resitasi secara teratur dalam
pelajaran matematika bertujuan untuk memberi peranan aktif kepada siswa
dalam proses belajar, tetapi kenyataannya banyak guru yang memberikan
tugas kepada siswa tanpa diperiksa dengan teliti, kurang memperhatikan dan
kurang dipertanggungjawabkan sehingga penugasan tidak sesuai dengan yang
diharapkan.
Berdasarkan pembatasan masalah di atas dapat dirumuskan masalah
penelitian sebagai berikut.
1) Apakah penggunaan metode tugas dan resitasi lebih baik dibandingkan
dengan pembelajaran secara konvensional terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas 2 semester 2 pokok bahasan sistem persamaan
linear dengan dua variabel SMP Islam Sultan Agung I Semarang tahun
pelajaran 2005/2006.
2) Adakah pengaruh penggunaan metode tugas dan resitasi terhadap hasil
belajar matematika siswa kelas 2 semester 2 pokok bahasan sistem
persamaan linear dengan dua variabel SMP Islam Sultan Agung I
Semarang tahun pelajaran 2005/2006.
11.39
Unknown
Comment With Facebook!
4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: PENGARUH PENGGUNAAN TUGAS DAN RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 2 SEMESTER 2 POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SMP ISLAM SULTAN AGUNG I SEMARANG
Rating: