Follow me on Facebook! Follow me on Twitter!
 7projectsdistro.com - Toko Kaos Distro Online Terlengkap Termurah dan Terpercaya

PENGARUH PENGGUNAAN TUGAS DAN RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 2 SEMESTER 2 POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SMP ISLAM SULTAN AGUNG I SEMARANG

PanduanTOEFL Terbaik dengan Metode MindMap
A. Latar Belakang Masalah PENGARUH PENGGUNAAN TUGAS DAN RESITASI TERHADAP  HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 2 SEMESTER 2  POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL  SMP ISLAM SULTAN AGUNG I SEMARANG

Upaya peningkatan SDM yang berkualitas dapat melalui bidang pendidikan sebagai pemegang peranan penting, karena pendidikan dapat mengembangkan kemampuan, meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia terutama negara Indonesia serta mewujudkan manusia yang terampil, potensial, dan berkualitas dalam melaksanakan pembangunan demi terwujudnya tujuan pembangunan nasional. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut peningkatan mutu pendidikan yang dapat dilakukan dengan melakukan perbaikan- perbaikan, perubahan–perubahan dan pembaharuan terhadap aspek-aspek yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan meliputi kurikulum, sarana dan prasarana, guru, siswa, dan metode belajar mengajar. Aspek-aspek yang paling dominan adalah guru, dan siswa. Kegiatan yang dilakukan guru dan siswa dalam pengajaran disebut kegiatan belajar mengajar. Subyek didik selalu berada dalam proses perubahan baik karena pertumbuhan maupun perkembangannya. Dalam perkembangan subyek didik memerlukan bantuan dan bimbingan serta berinteraksi dengan lingkungan. Tiap lingkungan memberikan pengaruh pada proses pembentukan individu melalui proses pendidikan yang diterimanya. Interaksi dengan lingkungan tersebut akan menyebabkan subyek didik mengembangkan kemampuan melalui proses belajar. “Salah satu faktor penting dalam belajar adalah sikap” (Priyatno, 1994 : 289).

Setiap individu memiliki sikap dan pilihannya sendiri yang dipertanggungjawabkan sendiri tanpa mengharapkan bantuan orang lain untuk ikut mempertanggungjawabkannya. Hal ini sejalan dengan pendapat M.J. Langeveld (dalam Umar Tirtahardja, 1994 : 17) yang menyatakan bahwa setiap anak yaitu subyek didik memiliki dorongan untuk mandiri yang sangat kuat meskipun disisi lain pada subyek didik terdapat rasa tak berdaya sehingga memerlukan pihak lain dalam hal ini pendidik yang dapat dijadikan tempat bergantung untuk memberikan perlindungan dan bimbingan. Keberhasilan suatu proses belajar mengajar selain memahami materi, juga dituntut mengetahui secara tepat posisi awal siswa sebelum mengikuti pelajaran tersebut. Guru dapat menggunakan pendekatan pembelajaran yang dipilihnya secara tepat yang diharapkan dapat membantu siswa dalam pengembangan pengetahuan secara efektif. Agar siswa mendapatkan hasil belajar yang maksimal, maka memerlukan bantuan dan bimbingan dalam belajar sehingga tidak banyak mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran. Olek karena itu guru diharapkan menempatkan posisi dan peranannya seoptimal mungkin.
Mata pelajaran matematika dengan pokok bahasan sistem persamaan linear dengan dua variabel merupakan salah satu materi yang diberikan kepada siswa SMP Islam Sultan Agung I Semarang sebagai bekal untuk dapat mengembangkan sikap dan kemampuan serta pengetahuan dan keterampilan dasar. Pada abad ke-20 ini kesadaran akan pentingnya matematika dalam kehidupan sehari-hari bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah meluas dan merata hampir ke segala lapisan masyarakat. Peranan matematika dalam kehidupan tidak hanya pada kehidupan individual, tetapi dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara, dan kehidupan antar bangsa. Pada masa yang akan datang suatu bangsa yang tidak menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi akan mempunyai ketergantungan yang tinggi terhadap bangsa atau negara lain. Salah satu syarat untuk dapat menguasai ilmu pegetahuan dan teknologi adalah penguasaan yang baik atas matematika untuk itu guru haruslah aktif dan kreatif dalam kegiatan belajar mengajar sehingga siswa dapat menguasai materi dengan baik dan mendalam. Kreatif maksudnya adalah guru mampu memiliki dan menggunakan berbagai metode dalam penyampaian materi pelajaran matematika. Penggunaan metode tugas dan resitasi merupakan salah satu upaya untuk menanamkan konsep yang lebih dalam pada suatu materi pelajaran. Pemberian tugas dan resitasi memerlukan perencanaan yang matang dengan memperhatikan maksud dan tujuan, prinsip-prinsip suatu upaya pengefektifan dan pertanggungjawaban dari pelaksanaan tugas. Dengan menggunakan metode tugas dan resitasi diharapkan prestasi belajar siswa dalam bidang studi matematika dapat optimal. Berdasarkan uraian di atas maka peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul “PENGARUH PENGGUNAAN TUGAS DAN RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 2 SEMESTER 2 POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SMP ISLAM SULTAN AGUNG I SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2005/2006“.

B. Rumusan Masalah
Salah satu metode dalam pembelajaran matematika yang dapat mengaktifkan siswa adalah dengan penggunaan metode tugas dan resitasi. Sebagaimana yang dikemukakan oleh Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain bahwa tugas dan resitasi merangsang siswa untuk aktif belajar, baik secara individual maupun secara kelompok (2002 : 97). Penyelenggaraan pembelajaran merupakan salah satu tugas utama guru, dimana pembelajaran dapat diartikan sebagai kegiatan yang ditujukan untuk membelajarkan siswa. Untuk dapat membelajarkan siswanya, maka dalam pembelajaran matematika perlu menggunakan metode mengajar yang berlandaskan kepada pembelajaran aktif (Ahmad Zubaidi, 2002 : 23). Pemberian atau penggunaan tugas dan resitasi secara teratur dalam pelajaran matematika bertujuan untuk memberi peranan aktif kepada siswa dalam proses belajar, tetapi kenyataannya banyak guru yang memberikan tugas kepada siswa tanpa diperiksa dengan teliti, kurang memperhatikan dan kurang dipertanggungjawabkan sehingga penugasan tidak sesuai dengan yang diharapkan.
Berdasarkan pembatasan masalah di atas dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut.
1) Apakah penggunaan metode tugas dan resitasi lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 2 semester 2 pokok bahasan sistem persamaan linear dengan dua variabel SMP Islam Sultan Agung I Semarang tahun pelajaran 2005/2006.
2) Adakah pengaruh penggunaan metode tugas dan resitasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 2 semester 2 pokok bahasan sistem persamaan linear dengan dua variabel SMP Islam Sultan Agung I Semarang tahun pelajaran 2005/2006.

Like Skripsi Ini :

Baca Juga Judul Menarik Lainnya di Bawah INI :

Comment With Facebook!

Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: PENGARUH PENGGUNAAN TUGAS DAN RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 2 SEMESTER 2 POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SMP ISLAM SULTAN AGUNG I SEMARANG