Follow me on Facebook! Follow me on Twitter!
 7projectsdistro.com - Toko Kaos Distro Online Terlengkap Termurah dan Terpercaya

Pengaruh Penggunaan Media Visual Compact Disc (VCD) dalam Pemberian Tugas Terstruktur terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Petompon 5, 6 dan 7 pada Pokok Bahasan Pengukuran luas, Keliling dan Berat

PanduanTOEFL Terbaik dengan Metode MindMap
A. ALASAN PEMILIHAN JUDUL Pengaruh Penggunaan Media Visual Compact Disc (VCD) dalam Pemberian Tugas Terstruktur terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Petompon 5, 6 dan 7 pada Pokok Bahasan Pengukuran luas, Keliling dan Berat

Dalam pandangan siswa sekolah dasar secara umum, mata pelajaran matematika adalah mata pelajaran yang susah untuk dimengerti. Indikasi yang paling mudah ditemukan adalah hasil belajar siswa yang cenderung kurang memuaskan. Terutama pada perolehan nilai yang rata-rata berada di bawah mata pelajaran lain. Hal tersebut dirasakan oleh guru, orang tua dan bahkan oleh siswa itu sendiri.
Rendahnya hasil belajar siswa lebih terlihat khususnya pada pokok bahasan yang bersifat abstrak sehingga memerlukan visualisasi, yaitu pada pokok bahasan geometri. Selain itu rendahnya hasil belajar siswa sekolah dapat ditemukan pula pada pokok bahasan pengukuran luas, keliling dan berat serta pengukuran waktu.
Ada beberapa faktor yang berkaitan dengan rendahnya hasil belajar siswa, yang paling utama adalah rendahnya minat siswa untuk mengikuti pelajaran dengan baik dan bersungguh-sungguh. Faktor yang lain adalah kurangnya motivasi siswa dalam belajar, sehingga menyebabkan rendahnya minat belajar siswa, serta kurang menariknya guru dalam melakukan tugas mengajar. Selain itu lingkungan serta sarana dan prasara pendukung juga ikut berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa.

Penelitian Hidayah/Sugiman (1998 : 32) dan Sugiarto/Hidayah (1999 : 4) mengemukakan bahwa untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa sekolah dapat dilakukan dengan beberapa hal. Dalam kesimpulan penelitiannya dikemukakan bahwa pendayagunaan alat peraga sebagai alat bantu ajar dalam pembelajaran matematika membuat pembelajaran lebih bermakna dan siswa aktif. Harapannya, dengan bantuan alat peraga ini, rendahnya hasil belajar siswa dapat diatasi secara perlahan dan siswa dapat menjadi aktif.
Berbagai cara sudah diusahakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Antara lain, pemberian pelatihan mengajar untuk para guru dan pemberian hadiah bagi siswa berprestasi. Tujuannya agar siswa dan guru sama-sama tertarik dan berperan dalam proses pembelajaran dalam kelas. Bahkan pemerintah pun sudah berusaha dengan cara memberi subsidi dana pendidikan untuk peningkatan sarana dan prasarana sekolah. Akan tetapi hasil yang diperoleh belum sesuai dengan apa yang diharapkan.
Demikianlah kondisi yang dapat ditemukan di beberapa sekolah dasar di Kota Semarang. Dalam pengamatan penulis di SD Petompon 5, 6, 7 Semarang, permasalahan seperti penjelasan di atas memang masih terjadi. Sarana dan prasarana di sekolah tersebut layak jika digunakan untuk kegiatan belajar- mengajar, namun tetap terdapat kekurangan jika digunakan untuk kegiatan praktik siswa. Di sekolah tersebut tidak terdapat laboratorium atau alat peraga yang layak untuk pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar.
Kepentingan akan alat peraga disebabkan karena cara berpikir siswa sekolah dasar yang masih bersifat konkret. Dengan alat peraga siswa dapat langsung berhadapan dengan masalah yang nyata, lalu dengan menggunakan kemampuan dan ketrampilannya, siswa mengolah informasi dan menemukan pemecahannya. Dengan demikian transfer belajar telah dilaksanakan (Nur/Wikandari, 1999 : 32).
Rumusan penyelesaian yang sesuai dengan kondisi di atas adalah bagaimana caranya agar siswa dan guru bersama-sama tertarik dan berperan dalam proses pembelajaran, khususnya mata pelajaran matematika. Siswa menjadi tertarik mengikuti pelajaran dan guru tertarik untuk terus mengajar dan senantiasa berusaha meningkatkan kualitas mengajarnya. Untuk itulah kemudian dicari sebuah media pembelajaran yang dapat menjangkau siswa dan gurunya. Dalam hal ini media pembelajaran yang dibutuhkan juga harus sudah familier di masyarakat, khususnya dikalangan siswa dan guru.
Visual Compact Disc (VCD) adalah sebuah alat yang sudah familier di masyarakat umum. Sebagian besar masyarakat bahkan sudah memiliki playernya. Sebagai sebuah media, VCD sudah memenuhi persyaratan untuk dijadikan media pembelajaran. Dengan media VCD, siswa akan merasa nyaman ketika memperoleh mata pelajaran matematika. Setelah itu tentunya siswa akan menjadi tertarik sehingga secara perlahan perasaan takut terhadap mata pelajaran matematika akan luntur dan akhirnya hilang. Selain itu dengan media VCD siswa diharapkan akan menjadi lebih mudah mengerti mata pelajaran matematika. Menurut Piaget (Tim MKPBM, 2001) siswa sekolah dasar masih pada tahap operasi konkret. Mereka masih memerlukan visualisasi untuk mengerti sebuah konsep dalam matematika. Dengan VCD inilah maka siswa diharapkan akan menjadi lebih memahami mata pelajaran matematika secara mandiri.
Berdasarkan penjelasan diatas, maka diperlukan sebuah penelitian yang menyelidiki mengenai tingkat keberhasilan siswa sekolah dasar dalam memahami materi dengan menggunakan media VCD.
Oleh karena itu, penelitian dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Visual Compact Disc (VCD) dalam Pemberian Tugas Terstruktur terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Petompon 5, 6 dan 7 pada Pokok Bahasan Pengukuran luas, Keliling dan Berat” menjadi penelitian yang penting untuk dilakukan.

B. RUMUSAN MASALAH
Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah :
1. Bagaimana bentuk pelajaran pengukuran luas, keliling dan berat, serta pengukuran waktu yang dikembangkan dengan komputer, dalam bentuk Visual Compact Disc (VCD) ?
2. Apakah hasil belajar siswa pada pelajaran matematika dengan memanfaatkan VCD dalam tugas terstruktur lebih baik dibanding tugas terstruktur menggunakan LKS buatan peneliti dan tugas terstruktur menggunakan buku paket?

| Download File Lengkapnya... |
Like Skripsi Ini :

Baca Juga Judul Menarik Lainnya di Bawah INI :

Comment With Facebook!

Rating: 4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Pengaruh Penggunaan Media Visual Compact Disc (VCD) dalam Pemberian Tugas Terstruktur terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Petompon 5, 6 dan 7 pada Pokok Bahasan Pengukuran luas, Keliling dan Berat

0 komentar:

Posting Komentar