Abstraksi Tugas Akhir / Skripsi Jurusan Ekonomi Managemen
dengan Judul : Analisis Strategi Bauran Pemasaran Eceran Yang Menentukan
Tingkat Kepuasan Konsumen
Suatu perusahaan jasa jika ingin tetap bertahan dan bersaing serta
mampu mengembangkan bisnisnya harus lebih meningkatkan kualitas
pelayanan kepada konsumen agar tercipta suatu kepuasan. Super Swalayan
sebagai perusahaan yang bergerak di bidang Ritel yang menawarkan
barang-barang kebutuhan rumah tangga bagi masyarakat mulai berbenah diri
dengan meningkatkan kualitas pelayanan yang baik dimata konsumen, hal
itu dilakukan dengan harapan kepuasan konsumen terpenuhi sehingga mampu
bersaing dengan perusahaan ritel sejenis lainnya.
Permasalahan yang timbul dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui sejauhmana faktor Keragaman Produk, Layanan Toko, Atmosfer
Toko, Harga, Promosi dan Lokasi dalam menentukan tingkat
kepuasan Super swalayan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan
dan menganalisis faktor Keragaman Produk, Layanan Toko, Atmosfer Toko,
Harga, Promosi dan Lokasi dalam menentukan tingkat kepuasan konsumen Super Swalayan.
Populasi yang diambil adalah konsumen Super Swalayan XYZ, dimana
setiap orang yang melakukan aktivitas berbelanja pada Super Swalayan.
Sampel yang diambil sebanyak 98 konsumen. Variabel dalam penelitian ini
adalah tingkat kepuasan konsumen Super Swalayan mengenai kinerja Super
Swalayan XYZ yang terdiri dari variabel Keragaman Produk,
Layanan Toko, Atmosfer Toko, Harga, Promosi dan Lokasi. Metode
pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif dengan teknik matrix important and performance sehingga menggunakan sampel ganda berpasangan dengan perhitungan Wilcoxon Signed Rank Test.
Hasil analisis dengan menggunakan perhitungan Wilcoxon Signed Rank Test
menunjukkan bahwa pada keenam faktor yang diukur untuk mengetahui
tingkat kepuasan konsumen, diketahui bahwa pelangan merasa puas dengan
kinerja Super Swalayan dalam memberikan pelayanan pada faktor Keragaman
Produk, Layanan Toko, Lokasi, dan Promosi sedangkan pelanggan merasa
tidak puas dengan kinerja Super Swalayan dalam Atmosfer toko. Pada
faktor Keputusan Harga tidak diketahui secara signifikan hasilnya.
Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa secara
keseluruhan konsumen Super Swalayan XYZ merasa tidak puas akan kinerja
Super Swalayan. Namun demikian ada faktor dimana konsumen merasa puas.
Oleh karena itu disarankan kepada pihak Super Swalayan untuk memperbaiki
dan meningkatkan kinerjanya dalam memenuhi kebutuhan konsumen agar
konsumen merasa sangat puas. Sedangkan pada faktor dimana konsumen
merasa puas, hendaknya Super Swalayan dapat mempertahankan prestasinya
dan lebih ditingkatkan lagi.
| Download File Lengkapnya... |
| Download File Lengkapnya... |
22.56
Unknown
No comments
Comment With Facebook!
4.5 | Reviewer: Unknown | ItemReviewed: Analisis Strategi Bauran Pemasaran Eceran Yang Menentukan Tingkat Kepuasan Konsumen
Rating:
0 komentar:
Posting Komentar